Advertising 468 x 60

Struktur Sosial Dalam Kehidupan, bahan Sosiologi SMA Kelas XI

Struktur Sosial Dalam Kehidupan, materi Sosiologi SMA Kelas XI ~ Pembahasan struktur sosial dalam materi pelajaran Sosiologi berada di bagian pertama kelas XI. Pembahasan mengenai struktur sosial memuat dua sub pembahasan, yaitu pengertian struktur sosial dan klasifikasi struktur sosial. Berikut ini ialah ringkasan materi yang berhasil aku hompun berdasarkan buku pelajaran sosiologi kelas 11. materi sosiologi, tepatnya uyntuk pembahasan struktur sosial ini lebih menekankan pada keberagaman keadaan sosial di masyarakat. Dari keadaan sosial yang berbeda tersebut, mau tidak mau akan terbentuk hubungan di antara indivudu masyarakat. Hal tersebutlah yang sering dikenal dengan struktur sosial. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa pengertian struktur sosial dari aneka macam sumber dan berbagai hebat dibidangnya.

Pengertian Struktur Sosial

Struktur sosial itu bersifat luas dan majemuk yang telah berkembang di masyarakat. Mengingat arti dari kata penyusun struktur sendiri yaitu Spectrum yang berarti "menyusun", sehingga secara arti bahasa struktur sosial mampu diartikan sebagai susunan masyarakat. Sehingga bentuk dari struktur sosial tersebut memiliki konteks yang sangat luas dan beragam. Meskipun begitu, batasan-batasan dalam mengartikan struktur sosial itu sendiri mampu ditentukan berdasarkan beberapa pengertian yang telah diutarakan oleh para mahir, diantaranya:
  • Struktur Sosial berdasarkan Radclife-Brown : struktur sosial ialah suatu rangkaian kompleks dari selasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat. Yang dimaksud relasi disini adalah korelasi antara individu dan perbedaan individu dengan kelas sosial berdasarkan peranan sosial yang mereka miliki.
  • Struktur Sosial berdasarkan Evans-Pritchard : struktur sosial yaitu hubungan-relasi yang tetap dan menyatukan kelompok-kelompok sosial pada satuan yang lebih luas. Yang dimaksudkan yaitu hubungan secara konsisten antar kelompok untuk membangun kelompok yang lebih besar secara sosial.
  • Struktur Sosial berdasarkan Beattie : struktur sosial ialah penggalan-bagian atau unsur-unsur dalam msyarakat itu yang tersusun secara teratur guna membentuk suatu kesatuan yang sistematik. Yang dimaksud yaitu semua cuilan masyarakat tersebut terhubung secara sistematis dan teratur untuk membentuk hubungan yang serasi.
  • Struktur Sosial berdasarkan Raymond Firth : konsep struktur sosial merupakan analytical tool atau alat analisis yang diwujudkan untuk membantu pemahaman tentang tingkah laris manusia dalam kehidupan sosial. Maksud dari pengertian ini dalah tujuan utama dari struktur sosial yaitu untuk membantu manusia memahami tingkah laku dan aktivitas insan dalam kehidupan.
Struktur Sosial Dalam Kehidupan, bahan Sosiologi SMA Kelas XI
Struktur Sosial Dalam Kehidupan, bahan Sosiologi Sekolah Menengan Atas Kelas XI

Dari semua pengertian struktur sosial yang tercantum di atas, poin terpenting dalam sebuah struktur sosial ialah korelasi-relasi sosial yang dilakukan oleh masyarakat sehingga mereka sanggup lebih memahami perilaku dan tingkah laku mereka dalam kehidupan. bila tidak adanya hubungan-relasi yang terjadi pada setiap individu dengan individu yang lain, maka struktur sosial tidak akan pernah terwujud. Secara definitif, struktur sosial ialah suatu sketsa penempatan nilai-nilai sosial budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai supaya organisme msyarakat sebagai suatu keseluruhan sanggup berfungsi dan kepentingan setiap potongan dapat berjalan dalam jangka waktu yang relatif lama. Selama organ-organ yang berada di dalam bekerja secara normal, maka konsep struktur sosial akan berjalan dengan baik hingga waktu yang usang dan tidak diketahui.

Kalisifikasi Struktur Sosial

Struktur sosial dalam dunia kehisupan mampu diklasifikasikan menjadi 5 jenis, yaitu:
  • Struktur kaku dan luwes : struktur ini terkadang sulit diubah dan terkadang juga Mudah diubah.
  • Struktur formal dan informal : struktur ini bersifat formal melalui pengukuhan dari pihak yang berwenang dan struktur yang bersifat diam-diam atau tanpa adanya pengukuhan dari pihak yang berwenang.
  • Struktur homogen dan heterogen : struktur homogen merupakan struktur sosial yang unsur-unsurnya mempunyai dampak yang sama terhadap dunia luar. Sedangkan struktur heterogen ialah suatu struktur yang unsur-unsurnya mempunyai kedudukan yang berbeda-beda dan kesempatan setiap unsur pun berbeda pula, baik terhadap kelompok sendiri maupun terhadap kelompok lain (dunia luar).
  • Struktur mekanis dan statistik : struktur mekanis merupakan struktur yang menuntut persamaan posisi dari anggotanya supaya sanggup menjalankan fungsinya dengan baik. Sedangkan struktur statistik merupakan struktur yang mampu berfungsi dengan baik apabila persyaratan jumlah anggotanya terpenuhi.
  • Struktur atas dan bawah : struktur atas atau suprastruktur pada umumnya diduduki oleh golongan orang yang memegang kekuasaan dalam bidang elit politik, ekonomi, dan sosial budaya. Sedangkan struktur bawah atau infrastruktur merupakan kawasan bagi golongan masyarakat bawah atau mereka yang taraf kehidupannya relatif rendah.
Dari penjelasan tersebut mampu diketahui bahwa struktur sosial sendiri dapat digolongkan menjadi 5 bentuk. Bentuk dari struktur sosial tersebut mampu dilihat dari beberapa sudut pandang, salah satunya yaitu keadaan ekonomi dari masyarakat, jabatan (kedudukan), kelompok tertentu, dan lain-lain. Terlepas dari itu semua, tujuan utama dari sebuah struktur sosial adalah untuk membangun kehidupan sosial yang lebih baik bagi setiap organ-organ yang ada di dalamnya.

Demikian ulasan kali ini mengenai Struktur Sosial Dalam Kehidupan, materi Sosiologi SMA Kelas XI. Semoga sanggup menambah pengetahuan bersama mengenai topik bahan tersebut. Ulasan ini juga tersedia dalam bentuk file PDF, bila Anda ingin menggunakannya silahkan unduh disini [Get PDF Version!].

0 Response to "Struktur Sosial Dalam Kehidupan, bahan Sosiologi SMA Kelas XI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel