Advertising 468 x 60

Langkah menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Data Percobaan

Langkah memilih Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Data Percobaan ~ Kimia merupakan sebuah ilmu yang sering dipelajari dalam dunia pendidikan. Ilmu ini mempelajari perihal reaksi senyawa yang ada di dunia ini. Dalam sebuah percobaan kimia, sering kita jumpai munculnya senyawa baru (asing) dari percobaan. Dan demi kesuksesan hasil percobaan, tentu kita harus mengetahui inti dari senyawa gres tersebut. Dan inti dari senyawa gres tersebut ditentukan dari penentuan rumus empiris dan rumus molekul senyawa tersebut. kemudian bagaimana kita mengetahui rumus empiris dan rumus molekul dari senyawa yang tidak kita kenali tersebut? Caranya yaitu melakukan perhitungan secara bertahap untuk mampu menemukan rumus empiris terlebih dahulu. saat rumus empiris sudah ditemukan, maka rumus molekul sanggup ditentukan juga dengan mudah. Di dalam ulasan ini akan dibahas langkah-langkah menentukan rumus empiris dan rumus molekul dari data percobaan yang dilakukan. Data percobaan yang digunakan di bawah ini ialah teladan yang diambil dari ulasan id.wikihow.com.

Langkah menentukan Rumus Empiris

Rumus Empiris adalah rumus kimia yang menyatakan perbandingan terkecil dari jumlah atom-atom penyusun suatu senyawa. Rumus empiris mutlak dimiliki oleh setiap senyawa yang terbentuk dari percobaan, baik senyawa gila atau senyawa yang telah umum ditemui dan diketahui rumusnya. kalau senyawa tersebut termasuk ke dalam senyawa ajaib yang belum diketahui rumus empirisnya, kita mampu menentukannya melalui langka-langkah berikut ini. Penentuan rumus empiris berikut ini menggunakan data-data percobaan sebagai bahan utamanya.
  • Memeriksa data percobaan dan menjadikannya persentase. Data yang diperlukan mencakup: massa, tekanan, volume, dan suhu.
  • Menuliskan bentuk persentase massa menjadi bentuk berat massa dalam gram. Anggaplah bentuk persentase tersebut dari 100 gram massa. Sehingga berat mampu ditentukan dalam gram massa.
  • Mengubah bentuk massa menjadi mol. Caranya adalah membagi massa molekul dengan massa atom masing-masing unsurnya.
  • Membagi molnya dengan nilai molar terkecil pada setiap unsur yang terdeteksi. Sehingga akan didapatkan perbandingan nilai mol paling sederhana.
  • Lakukan pembulatan hasil perbandingan mol yang didapatkan. Sehingga rumus empiris mampu diperoleh dari nilai-nilai angkat pembulatan ini.
Rumus Empiris Dan Rumus Molekul
Rumus Empiris Dan Rumus Molekul

Langkan memilih Rumus Molekul

Setelah rumus empiris didapatkan, maka rumus molekul akan dengan simpel ditentukan. Langkah untuk menentukan rumus molekul suatu senyawa ialah sebagai berikut:
  • Menghitung jumlah mol gas senyawanya.
  • Menghitung berat molekul gas yang ada.
  • Tentukan jumlah berat atom yang dimiliki.
  • Membagi nilai beraet molekul dengan berat rumus empirisnya.
  • Diperoleh rumus molekul balasan dan dapat dituliskan rumus molekulnya.
Dengan tahapan-tahapan tersebut, maka rumus empiris dan rumus molekul dapat ditentukan dengan benar dan simpel. Proses demi proses yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan hasil rumus yang benar. Untuk lebih jelasnya mengenai tahapan-tahapan penentuan rumus empiris dan rumus molekul tersebut Anda mampu men-download dokumen selengkapnya melalui link di bawah ini:

Download klarifikasi Langkah memilih Rumus Empiris dan Rumus Molekul Dari Data Percobaan

Selain penjelasan lebih terperinci mengenai tahapan penentuan rumus empiris dan rumus molekul, di dalam dokumen tersebut juga disertakan salah satu contoh komplemen dan penyelesaiannya menggunakan tahapan tersebut dalam menentukan rumus empiris dan rumus molekul.

Demikian ulasan kali ini mengenai Langkah menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Data Percobaan. biar bermanfaat!

0 Response to "Langkah menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Data Percobaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel