Advertising 468 x 60

Mengenali potongan-Bagian Mata Dan Fungsinya

Mengenali pecahan-Bagian Mata Dan Fungsinya ~ Mata merupakan salah satu indera vital yang dimiliki oleh insan dan binatang. Mata mempunyai fungsi secara umum yang sangat penting, yaitu sebagai indera penglihatan. Mata insan ialah jendela dunia yang menjadi sebuah mediator antara insan dengan keadaan sekeliling melalui sebuah pengamatan. Mata yang kita lihat dari luar berbentuk bola dengan warna yang berbeda itu ternyata memiliki pecahan-bagian dengan nama sendiri-sendiri dan fungsinya sendiri-sendiri. Makara apa yang kita panggil dengan nama "mata" itu yaitu sebuah sistem kompleks antara beberapa cuilan penting dan berbeda fungsi yang bekerja tolong-menolong untuk memberikan sebuah fungsi kompleks yaitu "melihat". lalu apakah adik-adik semua tahu apa itu bagian-bagian mata dan fungsinya di masing-masing penggalan? Mari dipelajari ulasan ini yang akan membahasnya.

Mata mempunyai berbagai penggalan-bagian dengan fungsi yang sangat penting untuk mendukung proses penglihatan insan. pecahan-bagian tersebut ada yang letaknya di serpihan luar bola mata dana ada juga yang letaknya di serpihan dalam bola mata. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami sebutkan beberapa bagian mata paling penting untuk menunjang kinerja mata sebagai indera penglihatan dan apa saja fungsinya.

Bagian-Bagian Mata dan Fungsi penggalan Mata

Alis Mata
Alis mata yaitu serpihan mata yang terletak di atas mata. Fungsi utama dari alis mata ialah untuk menghalau air atau keringat dari atas yang turun ke mata. Bulu-bulu pada alis mata akan membelokkan aliran air/keringan tersebut ke samping mata, Kaprikornus tidak akan masuk ke dalam mata.

Bulu Mata
Bulu mata memiliki peranan yang penting dan sebagai penggalan pertama yang akan melindungi mata. Bulu mata akan membantu menyaring kadar cahaya yang akan diterima oleh mata biar tidak terlalu memberatkan cuilan-bagian dalam mata.

Kelopak Mata
Kelopak mata ialah potongan mata yang dapat membuka dan menutup (ketika kita berkedip). Fungsi dari penggalan ini yaitu melindungi potongan dalam mata dan menjaga kelembaban mata.

Kornea Mata
Adalah penggalan mata yang terletak di cuilan luar bola mata. Kornea mata memiliki fungsi yang penting, yaitu melindungi serpihan penting lainnya yang ada di dalam bola mata dan membantu memfokuskan bayangan benda yang dipandang pada retina.

Aqueous Humor
Adalah potongan yang menjadi lensa mata dan cairan kornea. Fungsinya untuk membiaskan cahaya yang masuk ke pecahan dalam mata.
Mengenali pecahan-Bagian Mata Dan Fungsinya
Bagian-Bagian Mata insan


Lensa Kristalin
Lensa Kristalin ialah cuilan mata yang sangat vital. Tugasnya mengatur bayangan benda supaya jatuhnya tepat di pecahan retina yang paling sensitif, yaitu bintik kuning.

Iris Mata
Adalah potongan yang berperan pada kontrol cahaya yang akan masuk ke dalam mata dan sebagai penentu warna dari sebuah mata.

Pupil
Pupil ialah belahan berbentuk bulat yang terletak di tengah iris dan berfungsi sebagai pengatur jumlah cahaya yang akan masuk ke belahan dalam mata.

Otot Mata
Bagian pengikat yang bertugas sebagai penyangga lensa kristalin dan mengatur pembesaran dan pengecilan lensa mata.

Vitreus Humor
Bagian berbentuk cairan bening tembus cahaya yang mengisi rongga mata. Fungsi dari potongan ini yaitu meneruskan cahaya yang diterima lensa ke retina.

Retina
Retina yaitu kepingan terpenting sebuah mata mampu dikatakan mampu melihat atau tidak. Retina berfungsi sebagai kawasan pembentukan bayangan benda yang dipandang dan penggalan yang paling sensitif terhadap keberadaan cahaya yang masuk. Di dalam retina terjadi pembetukan bayangan dari cahaya yang masuk dan bayangan tersebut diubah dalam bentuk informasi melaluio syaraf-syaraf mata yang diteruskan ke otak.

Bintik Kuning
Bagian melengkung yang terdapat pada retina dan menjadi kawasan terbentuknya bayangan. belahan ini ialah serpihan paling sensisitif pada cahaya dari retina.

Syaraf Optik Mata
Bagian inilah yang akan berhubungan dengan otak. Syaraf optik akan membawa semua gosip berupa cahaya yang akan dihantarkan ke otak sebagai pengolahannya, dan otak akan menyimpulkan hjasil pengolahan tersebut sesuai dengan apa yang dipandang dan diperoleh oleh mata.

Meskipun memeiliki nama dan fungsi yang berbeda-beda, tetapi bagian-bagian mata tersebut bekerja berasama-sama untuk mengumpulkan inforamsi yang terbawa melalui cahaya yang kemudia dikirimmkan ke otak untuk diproses. Fungsinya tersebut yaitu saling mendukung satu sama lainnya untuk menyampaikan sebuah penglihatan yang sesuai dengan keadaanya aktual. Sungguh sebuah proses sistem yang sangat kompleks dan berada di salah satu organ manusia ini.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Mengenali potongan-Bagian Mata Dan Fungsinya. Semoga ulasan ini dapat membantu kita untuk memahami kepingan mata dan fungsinya sebagai indera penglihatan.

0 Response to "Mengenali potongan-Bagian Mata Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel