Advertising 468 x 60

Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta acuan Soal

Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta teladan Soal ~ Persegi panjang termasuk ke dalam kategori bangun datar. Persegi panjang mempunyai ciri khusus, yaitu memiliki 4 rusuk yang terdiri dari rusuk panjang dan rusuk lebar. Hampir menyerupai bangun datar persegi, persegi panjang mempunyai empat sisi (rusuk). Hanya saja kalau pada persegi semua panjang rusuknya sama, pada persegi panjang hanya mempunyai sepasang (2 rusuk) yang sama panjang. Sepasang rusuk sama panjang yang pertama biasa dipanggil dengan nama "panjang" dan sepsang rusuk sama panjang yang kedua biasa dipanggil dengan nama "lebar". serpihan panjang dan kepingan lebar inilah yang akan dipakai untuk melaksanakan perhitungan matematis pada bangun datar persegi panjang, yaitu perhitungan luas persegi panjang dan perhitungan keliling persegi panjang.

Pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas mengenai luas persegi panjang dan keliling persegi panjang. Ulasan ini akan membahas mengenai rumus luas dan keliling persegi panjang, serta mengatakan teladan soal perhitungan matematis mengenai persegi panjang.

Rumus Luas Persegi Panjang

Rumus luas persegi panjang memanfaatkan rusuk penyusun berdiri datar tersebut. Rusuk panjang dan rusuk lebar yang diketahui nilainya akan sanggup digunakan untuk menentukan luas persegi panjang. Luas persegi panjang dapat dihitung dengan Tutorial mengalikan ukuran rusuk panjang dengan ukuran rusuk lebar. Secara matematis, rumus luas persegi panjang mampu dituliskan seakan-akan di bawah ini:
Lu = P x L
Keterangan:
Lu = Luas persegi panjang
P = Ukuran panjang persegi panjang
L = Ukuran lebar persegi panjang

Sebagai tumpuan penerapan rumus matematis luas persegi panjang tersebut, perhatikan teladan soal dan pembahasannya di bawah ini:

Contoh Soal
Sepetak tanah berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 30 M dan lebar tanah tersebut 15 M. Berapakah luas tanah tersebut?
Jawab:
P = 30 M
L = 15 M
Lu = ..?

Lu = P x L
Lu = 30 x 15
Lu = 450 M

Jadi luas tanah berbentuk persegi panjang tersebut yaitu 450 M.
Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta teladan Soal

Rumus Keliling Persegi Panjang

Rumus keliling persegi panjang juga memakai besarnya ukuran rusuk panjang dan rusuk lebar. lantaran rusuk panjang yaitu sepasang dan rusuk lebar juga sepasang, maka ukuran rusuk panjang sama besar dan ukuran rusuk lebar juga sama besar. Keliling persegi panjang mampu diperoleh dengan Tutorial menambahkan semua ukuran masing-masing rusuk persegi panjang. Secara matematis rumus keliling persegi panjang sanggup dituliskan sebagai berikut:
K = P + L + P + L
Persamaan tersebut sanggup disederhanakan menjadi seakan-akan di bawah ini:
K = 2P + 2L
atau
K = 2.(P + L)
Keterangan :
K = Keliling persegi panjang
P = Ukuran panjang persegi panjang
L = Ukuran lebar persegi panjang

Untuk memperjelas rumus tersebut, berikut ini acuan soal untuk mengetahui keliling persegi panjang.

Contoh Soal
Sepetak tanah berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 30 M dan lebar tanah tersebut 15 M. Berapakah keliling tanah tersebut?
Jawab:
P = 30 M
L = 15 M
K = ..?

K = 2.(P+L)
K = 2.(30+15)
K = 2 . 45
K = 90 M

Jadi keliling tanah tersebut adalah 90 M.

Demikianlah pembahasan mengenai Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta contoh Soal. supaya pembahasan ini sanggup menyampaikan klarifikasi megenai luas persegi panjang dan keliling persegi panjang.

0 Response to "Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta acuan Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel