-->

Advertising 468 x 60

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta referensi Soal

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta pola Soal ~ Persegi yaitu salah satu bangun datar yang populer dikenalkan kepada penerima asuh, terutama belum dewasa Sekolah Dasar pada periode pengenalan bangun datar. Persegi memang salah satu berdiri datar yang mempunyai kekerabatan paling banyak dalam dunia aktual. Perhitungan yang ada dalam rumus persegi digunakan untuk memilih ukuran benda-benda kebutuhan insan sehari-hari. Ambil acuan saja rumus persegi banyak digunakan untuk perhitungan ketika akan membuat bangunan sisi rumah, bak mandi, meja, dan lain-lain. Rumus persegi sangat membantu sekali dalam perhitungan memilih ukuran benda-benda tersebut.

Pada kesempatan kali ini aku ingin mengulas mengenai rumus luas persegi dan rumus keliling persegi yang dulu pernah dipelajari pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Kedua rumus tersebut akan diulas dalam sebuah pola soal penereapan. Makara untuk mempelajarinya akan terasa lebih Praktis lantaran pribadi ada teladan praktik soalnya.

Rumus Luas Persegi

Persegi merupakan bangun datar yang memiliki panjang semua sisinya sama. Jadi rumus luas persegi mampu ditentukan dengan Mudah karena panjang sisinya sama panjang. Luas persegi mampu ditemukan dengan Cara mengalikan sisi bawah dengan sisi tingginya. Atau mampu juga dikatakan rumus luas persegi dapat dicari dengan Tutorial mengalikan sisi dengan sisi lainnya. Secara matematis, rumus luas persegi mampu dituliskan seperti di bawah ini:
L = S x S
atau
L = S2
Keterangan:
L = Luas persegi
S = Panjang sisi persegi

Contoh Soal
Ada sebuah balok kayu yang akan dibentuk meja. Balok kayu tersebut berbentuk persegi dengan panjang sisinya 70 cm. Berapa luas balok kayu tersebut?
Diketahui : Balok kayu berbentuk persegi, S = 70 cm
Ditanya : L = ...?
Jawab :
L = S x S
L = 70 x 70
L = 4900 cm

Jadi luas balok yang berbentuk persegi tersebut ialah 4900 cm.

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta teladan Soal

Rumus Keliling Persegi

Persegi mempunyai 4 rusuk yang membentuknya dan rusuk tersebut yang disebut dengan sisi dalam persegi. Dan untuk mencari keliling persegi tinggal menjumlahkan panjang ke-empat rusuknya tersebut. lantaran setiap rusuk mempunyai panjang yang sama, kelilingnya juga sanggup dicari dengan Tutorial mengalikan rusuk dengan kalaungan 4. Secara matematis, rumus keliling persegi mampu dituliskan sebagai berikut:
K = 4 x S
Keterangan :
K = Keliling persegi
S = Sisi / rusuk

Contoh Soal
Ada sebuah balok kayu yang akan dibuat meja. Balok kayu tersebut berbentuk persegi dengan panjang sisinya 70 cm. Berapa luas balok kayu tersebut?
Diketahui : Balok kayu berbentuk persegi, S = 70 cm
Ditanya : L = ...?
Jawab :
K = 4 x S
K = 4 x 70
K = 280 cm

Jadi keliling balok persegi tersebut adalah 280 cm.

Mudah bukan cara menghitung luas persegi dan keliling persegi menggunakan rumus luas persegi dan rumus keliling persegi tersebut. bila ada kesulitan, silahkan tuliskan kesulitan adik-adik di komentar ya.

Demikian pembahasan mengenai Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta teladan Soal. agar ulasan ini dapat mempermudah adik-adik dalam mempelajari bahan rumus persegi yang ada di sekolah.

0 Response to "Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta referensi Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel