Advertising 468 x 60

Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang ~ Jajar Genjang yaitu salah satu dari sekian banyak berdiri datar dua dimensi yang dikenal secara umum. Jajar genjang memiliki ciri-ciri yang khas, antara lain: Jajar genjang dibentuk dari dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar, Jajar genjang mempunyai besar sudut yang sama antara dua sudut yang berhadapan. bila sebuah jajar genjang disusun dari keempat rusuk yang sama panjang, namanya sudah berubah menjadi belah ketupat. Hanya saja antara jajar genjang dan belah ketupat mempunyai satu kesamaan, yaitu besarnya sudut yang berhadapan pada masing-masing bangun datar yaitu sama.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai berdiri datar jajar genjang. materi yang akan dibahasa ialah rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. Tapi sebelumnya mari kita pahami bentuk dari jajar genjang tersebut melalui gambar di bawah ini:

Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang
Di samping ada sebuah berdiri datar jajar genjang ABCD, dengan sudut wxyz, dengan ganjal a, dan dengan tinggi t. Dari gambar tersebut sanggup dibentuk bebereapa pernyataan dimana pernyataan ini mewakili ciri-ciri dari berdiri datar jajar genjang.

1# Panjang rusuk AB sama dengan panjang rusuk CD dan panjang rusuk AD sama dengan panjang rusuk BC. Kaprikornus panjang rusuk yang sejajar pada jajar genjang yaitu sama.

2# Besar sudut w sama dengan besar sudut y dan besar sudut x sama dengan besar sudut z. Makara besar sudut yang berhadapan pada berdiri jajar genjang ialah sama besar. admin tarik garis berwarna hijau untuk menunjukkan sudut x berhadapan dengan sudut z. Dan kami tarik garis berwarna orange untuk menunjukkan sudut w berhadapan dengan sudut y.

3# Sisi bawah disebut dengan sisi ganjal dan garis bantu tegak yang ditarik dari salah satu sudut tumpul disebut dengan tinggi jajar genjang. Dari sebuatan ganjal dan tinggi inilah rumus luas jajar genjang dapat ditemukan dan dihitung.

Setelah memahami konsep dari bangkit datar jajar genjang tersebut, sekarang akan kami ulas mengenai rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. [Baca juga : Rumus Pitagoras Segitiga Siku-Siku]

Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang
Rumus luas dari sebuah jajar genjang dibuat dari kondisi ganjal dan kondisi tinggi jajar genjang. Untuk lebih jelasnya lihat persamaan rumus luas jajar genjang berikut ini:
L = a . t
Keterangan:
a = Panjang ganjal jajar genjang
t = Tinggi jajar genjang
L = Luas jajar genjang

Rumus Keliling Jajar Genjang
Seperti rumus keliling berdiri datar pada umumnya, yaitu menjumlahkan seluruh panjang rusuk yang membentuknya, rumus keliling jajar genjang juga serupa. Untuk lebih jelasnya perhatikan rumus di bawah ini:
Keliling = 2 (alas + sisi miring)
Jajar genjang memiliki rusuk AB, BC, CD, dan DA. Panjang rusuk AB dan CD adalah sama dan panjang rusuk BC dan DA juga sama. Dengan kata lain, rumus diatas sanggup juga dijabarkan sebagai berikut:
Keliling = AB + CD + BC + DA
Hasilnya adalah sama antara rumus yang pertama dengan rumus yang kedua. [Baca juga : Rumus Luas dan Keliling Segitiga]

Demikianlah klarifikasi saya mengenai rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. supaya dapat dimengerti dan memperjelas pengetahuan Anda tentang berdiri datar jajar genjang.

0 Response to "Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel