Advertising 468 x 60

Rumus Energi Kinetik Dalam Mata Pelajaran Fisika

Rumus Energi Kinetik Dalam Mata Pelajaran Fisika ~ Energi dalam mata pelajaran Fisika meliputi 3 (tiga) jenis energi, yaitu : Energi Kinetik, Energi Potensial, dan Energi Mekanik. Tetapi pada ulasan kali ini saya hanya akan membahas tentang energi kinetik secara umum dan sedikit mendalam. Untuk pembahasan jenis energi yang lain mampu admin ulas lain waktu. Sesuai dengan materi fisika yang dipelajari di sekolah, energi kinetik ini akan aku ulas mencakup pengertian energi kinetik dan rumus energi kinetik.

Pengertian Energi Kinetik

Energi Kinetik atau Energi Kinetis atau disebut juga Energi Gerak merupakan usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam sampai mencapai kecepatan tertentu. (wikipedia.org)
Rumus Energi Kinetik Dalam Mata Pelajaran Fisika

Dari pengertian yang saya ambil dari wikipedia.org tersebut sanggup kita lihat beberapa poin penting mengenai energi kinetik. Poin-poin tersebut akan saya jabarkan satu per satu seperti di bawah ini:
  1. Poin pertama yaitu keberadaan usaha untuk menggerakkan benda. Energi kinetik merupakan energi gerak. Makara untuk menggerakkan suatu benda diperlukan sebuah usaha tertentu yang dikenakan pada sebuah benda yang memili massa (berat).
  2. Poin kedua ialah keberadaan perpindahan benda dengan kecepatan tertentu. Kinetik adalah pergerakan benda, Makara lantaran benda bergerak maka akan mempunyai kecepatan.
  3. Poin ketiga ialah keberadaan 3 (tiga) pecahan penting dari energi kinteik, yaitu: usaha, Massa, dan Kecepatan.

Rumus Energi Kinetik

Ketika sudah diketahui tiga serpihan utama energi kinetik tersebut, dapat dirumuskan bentuk matematis dari rumus energi kinetik. Berikut ini ialah rumus energi kinetik:
Ek = (1/2).m.v2
Keterangan:
Ek = Energi Kinetik (Joule)
m = Massa benda (Kg)
v = Kecepatan (m/s)

Rumus tersebut yaitu rumus baku dari energi kinetik dalam mata pelajaran Fisika. Untuk suplemen rumus tersebut, di bawah ini saya sertakan acuan soal sederhana untuk menghitung besar energi kinetik memakai rumsu energi kinetik di atas.

Contoh Soal Energi Kinetik

Sebuah balok dengan berat 50 Kg mendapatkan energi sehingga sanggup bergerak dengan kecepatan 20 m/s. Berapa besar energi kinetik yang berlangsung pada balok tersebut?

Diketahui:
m = 50 Kg
v = 20 m/s

Ditanya:
Ek = ?

Jawab:
Ek = (1/2).m.v2
Ek = (1/2).50.202
Ek = (1/2).50.400
Ek = 10000 Joule

Jadi besarnya energi kinetik yang bekerja pada balok tersebut yaitu 10.000 Joule.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai energi kinetik sesuai dengan materi mata pelajaran fisika. semoga mampu membantu Anda memahami dan mempelajari rumus energi kinetik.

0 Response to "Rumus Energi Kinetik Dalam Mata Pelajaran Fisika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel