Advertising 468 x 60

Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan materi IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas IX

Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan materi IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas IX ~ Negara maju dan negara berkembang merupakan dua kelompok negara yang berbeda dalam hal keadaan kualitas penduduknya. Atas dasar kualitas penduduk inilah yang akan memisahkan status kekuatan negara satu dengan negara lainnya dari aneka macam bidang. Dan bidang yang paling mencolok sebagai bentuk perbedaan antara negara maju dan negara berkembang yaitu bidang ekonomi. Pada kesempatan kali ini admin bermaksud mengulas materi IPS SMP Kelas IX ihwal negara maju dan negara berkembang mulai dari pengertian masing-masing, ciri-ciri dari masing-masing kelompok, dan pola negara maju dan berkembang.

Sebagai awal pembahasan ada baiknya kita mengetahui wacana indikator negara berkembang dan negara maju. Sebagai seorang yang ingin mengamati perbedaan negara maju dan negara berkembang, kita harus mengetahui tiga kunci utama suatu negara untuk sanggup dikatakan sebagai negara maju dan negara berkembang. Tiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Kualitas bidang kesehatan,
  2. Kualitas bidang pendidikan, dan
  3. Kualitas bidang pendapatan masyarakat
Kenapa tiga hal tersebut yang menjadi tolok ukur suatu negara dikatakan negara maju dan negara berkembang? lantaran ketiga hal tersebut ialah tiga kunci utama tolok ukur suatu kesejahteraan rakyat di suatu negara. Negara yang berkembang memiliki kesejahteraan rakyat yang masih kurang memadahi dan negara maju mempunyai kesejahteraan rakyat yang sudah memadahi.

Pengertian Negara Berkembang

Secara umum, negara berkembang dijelaskan sebagai negara yang mempunyai tingkat kesejahteraan materi yang masih rendah. Dalam PBB, Kofi Annan menyatakan negara berkembang ialah negara yang memperbolehkan seluruh warga negaranya menikmati hidup yang bebas dan sehat dalam lingkungan yang kondusif. (wikipedia.org)
Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan bahan IPS SMP Kelas IX

Ciri-Ciri Negara Berkembang

Negara berkembang mempunyai ciri-ciri yang mampu dilihat pada beberapa bidang kehidupan masyarakat. Bidang paling menonjol ialah bidang ekonomi dan kualitas penduduk yang meliputi kualitas pendidikan dan keahlian. Negara berkembang mempunyai kecenderungan aktivitas ekonomi di agraris, dimana pengaruh terhadapa perkembangan ekonomi sangatlah lambat. Berikut ini yaitu ciri-ciri negara berkembang dari beberapa bidang kehidupan warganya:
  • Memiliki tingkat pendapatan per kapita (pendapatan ekonomi keluarga) yang kecil,
  • Pertumbuhan ekonomi sangat lambat,
  • Tingkat pendidikan warga yang masih rendah. Perbandingan antara warga yang melek aksara dan yang buta karakter masih tinggi yang buta abjad,
  • Tingkat produktivitas atau skill tenaga kerja lokal yang masih rendah,
  • Memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi,
  • Beban tanggungan warga/keluarga yang tinggi,
  • Tingkat pengangguran semu yang tinggi,
  • Mengalami ketergantungan pada produksi pertanian dan ekspor produk primer,
  • Tingkat ketergantungan akan relasi internasional yang masih tinggi, dan 
  • Keterbatasan pada saluran lingkungan fisik dan ketergantungan dengan kemampuan negara lain yang lebih maju.

Contoh Negara Berkembang

Contoh negara berkembang mayoritas berasal dari Asia, Afrika, dan Amreika Latin yang masih menerapkan sistem perekeonomian bertumpu pada sektor agraris. acuannya ialah : Indonesia, Bangladesh, Kenya, Nogeria, Ethiopia, Guatemala, Elsalvador, dan negara lainnya di daerah Asia, Afrika, dan Amreika Latin.

Pengertian Negara Maju

Negara maju ialah sebutan untuk negara dengan standar hidup yang relatif tinggi dalam banyak sekali aspek kehidupan dengan perlindungan teknologi tinggi dan pemerataan ekonomi untuk semua warga. Indikator utama dari negara maju ialah tingkat kesejahteraan warga yang terjamin dipandang dari tiga hal utama tolok ukur kesejahteraan. SDM yang mempunyai pendidikan memadahiu dan kemampuan untuk mengelola SDA yang dimiliki negaranya aalah modal awal suatu negara disebut sebagai negara maju.

Ciri-Ciri Negara Maju

Ciri-ciri negara maju mampu dilihat dari bebragai sektor, sama halnya ciri-ciri negara berkembang. Hanya saja kualitasnya jauh lebih baik. Berikut ii ialah ciri-ciri negara maju dilihat dari banyak sekali bidang:
  • Pertumbuhan ekonomi yang cepat dan pesat,
  • Kegiatan ekonomi penduduk menitik beratkan pada aktivitas ekonomi industri dan jasa,
  • Standar dan pencapaian pendidikan bagi warga yang sudah tinggi,
  • Pendapatan per kapita yang tinggi,
  • Kualitas tenaga kerja dengan produktivitas tinggi,
  • Tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah,
  • Lapangan kerja yang memadahi sehingga tingkat pengangguran semu dapat dicegah,
  • Memiliki orientasi hasil produk sekunder dan tersier, dan
  • Mampu berkembang meskipun dalam lingkungan fisik yang terbatas dan SDA yang terbatas.

Contoh Negara Maju

Sebagai contoh negara maju mampu dilihat dari beberapa benua di dunia. Paling banyak memang berasal dari benua Eropa, yang dominan negara di sana disebut sebagai negara maju. Yang lainnya berada di Amerika dan ada juga yang berasal dari Asia seolah-olah Jepang dan Singapura.

Sebenarnya tidak ada konferensi resmi yang membahas dan mengklaim sebagai forum resmi yang mengatur dan mengelompokkan negara maju dan negara berkembang. Sebutan ini hanya difungsikan untuk mempermudah pengelompokkan negara-negara menurut kualitas beberapa sektor vital negara.

Demikianlah ulasan kami mengenai Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan materi IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. biar ulasan ini bermanfaat untuk Anda semua.

0 Response to "Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan materi IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas IX"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel