Advertising 468 x 60

Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Secara Umum

Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Secara Umum ~ Segitiga merupakan salah satu bentuk dari berdiri datar yang umum dijumpai oleh siswa maupun guru sebagai materi ajar. Memang penggunaan prinsip segitiga banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dalam perkara perhitungan untuk mencari luas dan keliling segitiga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang sangat penting ialah tipe dari segitiga tersebut. Hal ini dikarenakan segitiga memiliki banyak tipe yang digolongkan berdasarkan panjang sisi dan pembentukan sudutnya. Sebelum mempelajari materi perihal menghitung luas segitiga dan menghitung keliling segitiga, aku ulas terlebih dahulu ihwal tipe segitiga yang banyak dijumpai dalam proses mencar ilmu yang dikelompokkan berdasarkan panjang sisi dan sudutnya.

Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Secara Umum

1# Segitiga Sama Kaki
Segitiga sama kaki memliki panjang sisi samping yang sama dan panjang sisi ganjal yang berbeda. karena mempunyai panjang sisi yang berbeda, maka sudut yang yang dibuat juga berbeda. Sudut dari pertemuan dua sisi ini akan membantu dalam perhitungan pencarian panjang sisi. Maka besarnya sudut dalam segitiga sangat penting untuk diketahui. lantaran mempunyai panjang sisi yang berbeda, maka sudutnyapun akan berbeda, tetapi untuk jumlah sudut antara 3 sudut yang dihasilkan oleh segitiga ialah sama, yaitu 180 derajat. [Baca : Rumus Volume Prisma dan Luas Prisma]
Segitiga Sama Kaki

2# Segitiga Sama Sisi
Untuk segitiga sama sisi mempunyai panjang sisi yang sama dari ketiga sisinya. Dengan mempunyai panjang sisi yang sama maka sudut yang dihasilkan pun sama. Besar masing-masing sudut adalah 60 derajat dari pertemuan antar sisi.
Segitiga Sama Sisi

3# Segitiga Sembarang
Sedangkan segitiga sembarang mempunyai ketiga sisi yang berbeda. Kaprikornus sudut yang dihasilkan pun berbeda semua dari ketiganya.
Segitiga Sembarang

4# Segitiga Siku-Siku
Segitiga siku-siku adalah segitiga yang dibuat dengan salah satu sudutnya 90 derajat lantaran berada dipertemuan 2 sisi yang tegak lurus.
Segitiga Siku-Siku

5# Segitiga Lancip
Segitiga lancip merupakan segitiga yang memiliki bentuk lancip pada salah satu sudut atau beberepa sudutnya. Sudut yang dihasilkan ialah kurang dari 90 derajat.
Segitiga Lancip

6# Segitiga Tumpul
Segitiga tumpul mempunyai sudut yang lebih besar dari 90 derajat pada salah satu sudutnya.
Segitiga Tumpul

Setelah tahu perihal tipe segitiga yang banyak dijumpai tersebut, kini akan kami ulas mengenai rumus luas segitiga dan rumus keliling segitiga. Rumus ini berlaku umum untuk semua tipe segitiga yang ada. Makara meskipun aneka macam tipe segitiga yang ada, rumus yang digunakan tetap satu asalkan memenuhi beberapa hal umum berikut ini:
1# Panjang sisi ganjal diketahui, atau
2# Tinggi segitiga diketahui, atau
3# Sudut dari beberapa pertemua sisi diketahui
4# Panajng sisi lainnya diketahui

Rumus Luas Segitiga yaitu sebagai berikut:

Luas = 1/2 alas Segitiga x Tinggi Segitiga

Rumus Keliling Segitiga ialah sebagai berikut:

Keliling = Sisi1 + Sisi 2 + Sisi 3

Dalam perkara mencari panajng sisi yang belum diketahui dari beberapa sisi yang sudah diketahui sanggup memakai rumus pitagoras yang akan kami ulas pada pembahasan rumus pitagoras segitiga. Makara meskipun ada panjang sisi yang belum diketahui, asalkan sudah ada 2 sisi yang dikeetahui panjangnya, rumus pitagoras akan mampu dipakai untuk mencari panjang sisi yang lainnya. [Baca : Rumus Pitagoras Segitiga]

Demikianlah gosip mengenai rumus luas segitiga dan keliling segitiga secara umum yang diberlakukan untuk semua tipe segitiga. supaya dapat membantu Anda dalam mempelajari materi segitiga yang ada.

0 Response to "Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Secara Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel