Advertising 468 x 60

Rumus Fisika SMP : Rumus Gaya dan Rumus Percepatan

Rumus Gaya dan Rumus Percepatan : Rumus fisika memang sangat banyak sekali. lantaran fisika ialah ilmu yang mepelajari semua kejadian yang dapat dilihat secara fisiknya. Salah satu yang akan saya ulas kali ini ialah mengenai gaya dan percepatan yang ada di dalam ilmu fisika. Dalam setiap aktivitas fisik yang masuk kategori ilmu fisika terdapat rumus perhitungan yang digunakan untuk mengetahui nilai pasti dari apa yang menyebabkan atau apa yang dihasilkan oleh kegiatan tersebut. Rumus tersebut disebut juga dengan rumus fisika. Salah rumus fisika yang akan kita pelajari kali ini ialah rumus gaya dan rumus percepatan. [Baca : Gerak Lurus Beraturan]

Teori dan Rumus Gaya

Gaya merupakan suatu kekuatan yang menimbulkan benda yang termenung (diam) menjadi bergeser (bergerak/berpindah posisi), mengalami perubahan kecepatan, atau mengalami perubahan bentuk/pergeseran bentuk awal. Rumus gaya paling populer yaitu rumus yang diambil dari teori yang dikemukakan oleh Newton dalam aturan I Newton yang berbunyi:

"Benda yang dalam keadaan dian akan mempertahankannya untuk tetap membisu dan benda yang sedang bergerak lurus beraturan akan cenderung mempertahankan keadaannya untuk bergerak lurus beraturan dalam arah yang sama selama tidak ada gaya yang bekerja padanya"

Rumus gaya yang berlaku menurut aturan Newton I dan hukum Newton II ialah sebagai berikut:

F = m.a

Keterangan:
F = Gaya (Newton)
m = Massa benda (Kg)
a = Percepatan (m/s2)

Teori dan Rumus Percepatan

Sedangkan dalam perhitungan diperlukan sebuah rumus niscaya untuk memberikan hasil yang valid. Rumus gaya dalam ilmu fisika validnya membisubil berdasarkan aturan II Newton yang berbunyi sebagai berikut:

"Percepatan sebuah benda yang diberi gaya yaitu sebanding dengan besar gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda"

Dari pengertian tersebut menyebutkan teori wacana percepatan yang bekerjasama dekat dengan gaya. Percepatan masuk ke dalam satuan rumus gaya, oleh lantaran itu percepatan harus dicari terlebih dahulu sebelum menghitung gaya yang diterima oleh benda. Rumus percepatan ialah sebagai berikut:

         ∆v
a = -------
         ∆t

Keterangan :
a = Percepatan (m/s2)
∆v = Perubahan kecepatan m/s
∆t = Perubahan Waktu (s)

Rumus Gaya dan Rumus Percepatan
Rumus Gaya dan Rumus Percepatan
Sampai disini rumus percepatan dan rumus gaya sudah diketahui dan mampu dipakai untuk melaksanakan perhitungan matematis data-data yang diketahui dengan menggunakan rumus fisika tersebut. Sebagai pola soal dan pembahasannya, lihatlah contoh soal berikut ini:

Contoh Soal:
Sebuah balok kayu mempunyai massa 2000 Kg. Awalnya kayu ini melongo dan lalu didorong selama 10 sekon dengan kecepatan gerak kayu 5 m/s. Berapa besarnya gaya yang diberikan kepada balok kayu tersebut?

Penyelesaian:
Diketahui m = 2000 Kg ; v0 = 0 m/s ; vt = 5 m/s ; t = 10 s
Ditanyakan besarnya F = ...?
Jawaban:
1# Mencari percepatan

         ∆v
a = -------
         ∆t

         (5-0)
a = ----------
         10

a = 0.5 m/s2
         
Sampai disini nilai percepatan sudah diketahui. Selanjutnya ialah memasukkan nilai percepatan ke rumus gaya yang ada.

F = m.a
   = 2000 . 0.5
   = 1000 N

Nah jika sudah hingga disini, nilai gaya yang bekerja pada balok kayu tersebut sudah diketahui besarnya, yaitu sebesar 1000 Newton.

[Baca : Gerak Lurus Berubah BeraturanDan demikianlah ulasan singkat mengenai rumus gaya dan rumus percapatan yang mampu admin ulas. semoga mampu membantu Anda dalam mempelajari rumus gaya dan rumus percepta dalam rumus-rumus fisika.

0 Response to "Rumus Fisika SMP : Rumus Gaya dan Rumus Percepatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel