Advertising 468 x 60

Rumus Fisika SMP : Gerak Lurus Beraturan & Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Beraturan & Gerak Lurus Berubah Beraturan ~ Dalam ilmu fisika dikenal dua bentuk gerak lurus suatu benda. Yang pertama ialah gerak lurus beraturan (GLB) dan yang kedua yaitu gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Kedua gerak lurus ini memliki kesamaan yaitu berupa pergerakan benda yang lurus pada sebuah linier tertentu. Tetapi terdapat perbedaan antara gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Perbedaannya terletak pada percepatan yang dilakukan suatu benda saat bergerak lurus. Apa itu percepatan dan apa itu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan? akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Sebuah percepatan dengan nilai tertentu akan mempengaruhi perubahan kecepatan yang dialami oleh sebuah benda yang bergerak. Sama halnya dengan benda yang bergerak lurus juga mengalami percepatan. Percepatan ialah perubahan kecepatan yang dialami suatu benda dalam kurun waktu tertentu untuk menempuh jarak tertentu. Dalam proyeksi ke gerak lurus, percepata dengan nilai > 0 dimiliki oleh gerak lurus berubah beraturan. Tetapi untuk gerak luru beraturan tidak dianggap memiliki percepatan karena percepatan yang dimiliki = 0. [Baca : Rumus Gaya dan Rumus Percepatan]

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus bereaturan yaitu sebuah gerak yang dilakukan oleh sebuah benda dimana pergerakan itu mempunyai kecepatan yang konstan (tetap) sepanjang jarak yang ditempuhnya. Gerak lurus beraturan mempunyai percepatan sebesar 0, Jadi kecepatan tidak menerima pengaruh untuk mampu berubah. Sehingga perhitungan jarak tempuh suatu benda mampu dihitung dari kecepatannya dikalikan dengan waktu yang dipakai untuk menempuhnya. Dalam rumus matematis, rumus gerak lurus beraturan (GLB) dapat dituliskan seperti di bawah ini:

s = v.t

Keterangan:
s = Jarak tempuh benda yang bergerak (m)
v = Kecepatan (m/s)
t = Waktu tempuh (s)

Rumus gerak lurus beraturan tersebut membuktikan pergerakan benda dari titik awal sampai titik jawaban memakai kecepatan yang konstan (tetap). Hal ini berbeda dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang dialami oleh suatu benda.
Gerak Lurus Beraturan & Geras Lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan adalah pergerakan benda secara lurus yang mengalami perubahan kecepatan pada wajtu tertentu untuk mencapai jarak tempuh yang diinginkan. Perubahan kecepatan atau percepatan yang dialami oleh benda tersebut selama bergerak mampu berupa kenaikan kecepatan maupun penurunan kecepatan. Makara kecepatan yang dimiliki benda tersebut tidak konstan, sehingga menyebabkan perbedaan kecepatan diawal, kecepatan di tengah, dan kecepatan di akibat. Secara matematis rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB) mampu dituliskan sebagai berikut:

s = V0.t ± ½.a.t2

Keterangan:
s = Jarak tempuh (m)
v0  = Kecepatan awal benda (m/s)
a = Percepatan (m/s2)
t = Waktu tempuh (s)

Dari penulisan rumus tersebut diketahui adanya sebuah perubahan kecepatan dalam waktu tertentu. Perubahan kecepatan atau percepatan tersebut akan menghipnotis jarak tempuh dan atau waktu tempuh. Dengan jarak yang tetap, dengan adanya percepatan maka waktu yang dipakai untuk menempuh jarah tersebut mampu lebih cepat atau lebih usang, tergantung dari prcepatan yang dialami oleh benda. Dan kalau waktu yang digunakan tetap, maka jarak yang ditempuh mampu berubah dengan terjadinya percepatan, sanggup lebih pendek mampu lebih panjang, tergantung pada arah percepatan yang dialami. [Baca : Rumus Percepatan]


Kesimpulannya ialah yang membedakan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan yaitu percepatan yang dialami oleh benda itu selama bergerak. Percepatan ini yang akan mempengaruhi waktu tempuh dan jarak tempuh yang akan dialami oleh benda.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai gerak lurus beraturan ()GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang mampu kami sampaikan. biar sanggup diterima dan dapat dipahami penjelasan aku ini.

0 Response to "Rumus Fisika SMP : Gerak Lurus Beraturan & Gerak Lurus Berubah Beraturan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel