Advertising 468 x 60

Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 Revisi 2017



 Download Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Revisi 2017

Kurikulum 2013 atau yang sering disebut (Kurtilas) dalam perjalan penerapan di masing-masing sekolah sampai dengan tahun pelajaran 2017/2018 telah mengalami banyak sekali perubahan atau revisi, sehingga apabila pendidik kurang komunikatif sudah mampu dipastikan akan ketinggalan zaman.

Di dalam Kurikulum 2013 terdapat Buku Guru dan Buku Siswa yang masing-masing mempunya fungsi dan kedudukan yang sendiri-sendiri, meskipun intinya mempunya kesamaan, namun untuk mempermudah dan memperjelas berikut ini.

I.        Kedudukan dan Fungsi Buku Guru

Buku Guru  adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.

A.    Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Seorang Guru harus mempelajari terlebih dahulu Cara penggunaan Buku Guru. Guru diharapkan menemukan gosip sebagai berikut.
  1. Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu.
  2. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  3. Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan semoga guru secara sedikit demi sedikit mampu menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.
B.     Sebagai rujukan Kegiatan Pembelajaran di Kelas
 
Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan media pembelajaran yang dapat dipakai dalam menyelenggarakan proses pembelajaran supaya  guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang dibutuhkan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menjelaskan wacana teknik dan instrumen penilaian yang mampu digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
II.    Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku Guru dipergunakan sebagai panduan kegiatan pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan teladan-contoh lembar kegiatan supaya siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat berbagi atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Di bawah ini dijelaskan kiprah dan fungsi Buku Siswa yang mampu dirinci sebagai berikut.
  1. Panduan bagi siswa dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran
  2. Penghubung antara Guru, Sekolah, dan Orang tua
  3. Lembar Kerja Siswa
  4. Penilaian dan Portofolio
  5. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
  6. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak mencar ilmu Siswa
  7. Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan. 
Download Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 Revisi 2017:
Buku Guru Kelas V Tema 5 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 2 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf

Download Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Revisi 2017:
Buku Siswa Kelas V Tema 5 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf



0 Response to "Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel