Advertising 468 x 60

Jenis Jenis Makanan Hewan

Jenis kuliner hewan dikelompokkan menjadi dua, yaitu makanan yang berupa tanaman dan makanan yang berupa binatang lain. Hewan yang memakan tumbuhan memilih potongan-bagian tumbuhan yang dapat dijadikan kuliner. Ada hewan yang hanya memakan daun tanaman. Ada pula hewan yang hanya memakan batang, buah, atau hanya biji tanaman. Namun, ada beberapa jenis binatang yang memakan lebih dari satu kepingan tanaman tersebut.

Bagian tanaman yang paling sering dijadikan kuliner hewan adalah daun. Hewan seolah-olah ulat, rusa, dan zebra, merupakan beberapa acuan hewan yang memakan daun. Sementara itu, beberapa hewan menyukai batang tumbuhan. Sapi merupakan salah satu hewan yang menyukai batang tanaman padi dan jagung. Sedangkan binatang panda menyukai batang pohon bambu. Bagian tanaman berupa buah juga disukai hewan. Belatung senang memakan serpihan dalam buah dan ini seringkali merugikan para petani buah-buahan. Burung-burung menyukai potongan tumbuhan yang berupa biji. Biji padi sering menjadi incaran burung pipit. Biji kenari sangat disukai para bajing.

Beberapa binatang memakan hewan yang lebih kecil sebagai kulinernya. Hewan kecil ini menjadi mangsa bagi binatang yang lebih besar. Serangga menjadi makanan bagi binatang-hewan seakan-akan katak atau cecak. Tikus menjadi kuliner bagi kucing. Demikian juga dengan kelinci, yang menjadi kuliner bagi burung elang.

Ayo Mencoba
Setelah kau membaca teks bacaan di atas, catatlah beberapa pertanyaan berdasarkan teks bacaan dan juga pertanyaan yang berafiliasi dengan teks bacaan.
  1. Apa yang sangat disukai para bajing? (Biji kenari)
  2. Siapa yang menjadi kuliner bagi kucing? (Tikus)
  3. Mengapa biji padi menjadi incaran burung pipit? (Burung-burung menyukai serpihan tumbuhan yang berupa biji.)
  4. Bagaimana cara hewan memenuhi kebutuhan kulinernya? (Hewan meemnuhi kebutuhan kulinernya dengan cara memakan tanaman atau binatang yang lain)
  5. Dimana hewan-hewan tersebut mencari kuliner? (Hewan-hewan mncari makanan di alam sekitar tempat tinggalnya)

Ayo Mengamati
Amatilah hewan-hewan yang ada di sekitarmu. Lalu, bekerjasamalah dengan teman-temanmu untuk melaksanakan aktivitas berikut! Alat-alat dan materi yang diharapkan, antara lain gunting, kertas karton besar, spidol, surat kabar dan majalah bekas, penggaris, serta lem kertas. Langkah-langkah aktivitas:
  1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar hewan yang terdapat di surat kabar atau majalah bekas.
  2. Dengan menggunakan penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut seperti contoh berikut!
Gambar dan Nama
Hewan
Nama atau Jenis
Makanan
Golongan Makanan
(Tumbuhan/Hewan)
Iguana
KangkungTumbuhan
Kucing
TikusHewan
Kelinci
WortelTumbuhan
Katak
SeranggaHewan
Tupai
Biji kenariTumbuhan
Di alam bebas, binatang memiliki jenis makanan tersendiri. Jenis makanan binatang yang dipelajari ialah kuliner yang tersedia di alam. Sumber makanan binatang dikelompokkan ke dalam dua macam, yaitu tumbuhan dan hewan.

Makanan yang berasal dari tanaman di antaranya dapat berupa daun, batang, buah, biji-bijian, dan akar atau umbi-umbian. Sedangkan makanan yang berasal dari hewan dapat berupa daging, ikan, tulang, dan serangga.

0 Response to "Jenis Jenis Makanan Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel