Advertising 468 x 60

Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi - Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata. Seni rupa dapat dibagi menjadi dua merupakan seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi merupakan karya seni yang memiliki jangkauan panjang dan lebar. Menurut pengertiannya merupakan luas yang tidak memiliki ruang. Sedangkan seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni yang memiliki jangkauan panjang, lebar dan tinggi. Pada seni rupa 3 dimensi disebut juga volume dan memiliki ruang. Ruang inilah yang membedakan antara seni rupa 2 dimensi dengan seni rupa 3 dimensi.
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Pada sebuah karya seni rupa 3 dimensi terdapat beberapa simbol yang perlu diperhatikan. Simbol tersebut memiliki pengertian masing masing baik dalam bentuk objek maupun unsur seni yang terkandung. Misalnya saja patung berbentuk kuda merupakan lambang kegagahan, warna merah melambangkan keberanian, patung katak melambangkan pemanggil hujan, tugu yang terdapat di Jakarta merupakan lambang proklamasi serta usaha bangsa Indonesia, tugu katulistiwa yang terdapat di Pontianak Kalimantan Barat yang merupakan lambang tempat dilaluinya garis katulistiwa, tugu yang terdapat di Yogyakarta melambangkan  persatuan antara rakyat dengan pemimpin yang bekerjasama melawan musuh dalam pemerintahan.

Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Baik teknik dan unsur seni Rupa 3 dimensi menurut fungsinya dapat dibagi menjadi dua merupakan Seni Rupa Murni serta Seni Rupa Terapan. Seni Rupa Murni merupakan karya seni rupa yang mengutamakan keindahan seni dibandingkan fungsi yang terkait seni tersebut. Pada seni rupa murni biasanya memiliki keindahan yang dapat dipandang oleh mata dan hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Sedangkan Seni Rupa Terapan merupakan karya seni rupa yang dapat membantu insan dan berfungsi tidak sebagai pajangan saja. Seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi seni tersebut daripada keindahannya. Namun keindahan tersebut juga tidak lupa diperhatikan juga.

Unsur unsur seni rupa 3 dimensi dapat dibagi menjadi tiga merupakan :
  • Mempunyai ukuran panjang, lebar dan tinggi
  • Dapat dilihat dari seluruh arah atau sudut pandang
  • Memiliki ruang

Teknik Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam pembuatan seni rupa 3 dimensi dapat menggunakan banyak sekali macam bahan. Setiap bahan yang digunakan memiliki teknik yang berbeda beda. Adapun teknik  teknik yang digunakan banyak sekali macam jenisnya. Berikut teknik teknik yang digunakan dalam seni rupa 3 dimensi:

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Aplikasi
Teknik Aplikasi merupakan teknik seni rupa 3 dimensi yang digunakan dalam seni menjahit dengan menempelkan banyak sekali macam kain yang telah dipotong potong dengan banyak sekali bentuk contohnya binatang, boneka, bunga, serta bentuk lain yang berfungsi sebagai hiasan untuk membuat dinding menjadi lebih indah.
Baca juga :penterangan, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater
Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Mozaik
Teknik Mozaik merupakan teknik seni rupa 3 dimensi yang digunakan dalam seni menggambar untuk membuat seni menjadi bentuk yang geometris. Pada pembuatan seni menggunakan teknik ini biasanya warna diganti menggunakan beberapa seni gambar yang membentuk geometris.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Merakit
Teknik Merakit merupakan teknik yang menggabungkan beberapa potong bahan menjadi satu kemudian terbentuklah karya seni. Karya seni yang dihasilkan dapat disebut Karya Rakitan.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Pahat
Teknik Pahat merupakan teknik karya seni 3 dimensi yang digunakan dalam seni patung dengan membuang bahan bahan yang tidak digunakan lagi. Dalam pembuatan seni menggunakan teknik ini biasanya menggunakan alat martil, kikir, alat pahat dan lain lain.

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Cor atau Menuang
Teknik cor merupakan teknik menuangkan bahan bahan yang berbentuk cair kedalam sebuah cetakan. Pada teknik ini menggunakan bahan mirip semen, logam, karet serta bahan bahan lainnya.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

Selain unsur unsur seni rupa yang telah admin terangkan diatas, terdapat unsur unsur utama dalam pembuatan seni rupa 3 dimensi ini. Unsur tersebut digunakan untuk mempercantik karya seni yang dihasilkan. Unsur unsur tersebut harus ada dalam pembuatan karya seni rupa. Adapun pengertian dari unsur karya seni tersebut:

Titik Sebagai Unsur Seni Rupa 3 Dimensi
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Titik merupakan unsur seni rupa yang paling utama dan merupakan unsur dasar dalam pembuatan karya seni yang dihasilkan. Titik tersebut memiliki perhatian tersendiri karena memiliki bentuk yang berbeda serta warna yang berbeda pula. Dalam titik dapat digunakan untuk mendapatkan ide baru dalam menghasilkan karya seni. Biasanya titik hanya berbentuk bintik dalam seni rupa. Titik tersebut juga bermanfaat dalam pembuatan garis dan ruang dalam seni rupa 3 dimensi ini.

Garis Sebagai Unsur Seni Rupa 3 Dimensi 
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Garis merupakan unsur seni rupa yang berupa ukiran dalam membatasi ruang, warna, bidang, tektur serta hal lain dalam karya seni rupa. Garis memiliki sifat pendek, panjang, horizontal, vertikal, tebal, tipis serta sifat sifat lainnya. Dalam unsur garis biasanya lebih berbentuk memanjang serta memiliki arah tertentu dalam tahap awal pembuatan karya seni. Garis memiliki banyak sekali bentuk yang bermacam macam merupakan ada garing sejajar, garis zig zag, garis lengkung, garis bersilang, garis mendatar, garis miring, garis tegak, garis spiral serta garis yang bergelombang. Setiap garis mempunyai pengertian masing masing contohnya saja garis patah patah yang berpengertian kane dan garis lurus mempunyai pengertian monyets serta tegas.

Bidang Sebagai Unsur Seni Rupa 3 Dimensi
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Bidang merupakan karya seni yang terbentuk oleh beberapa garis yang dihubungkan. Bidang tersebut berbeda dengan bentuk. Kalau bidang terusun oleh panjang dan lebar atau bisa disebut pipih. Sedangkan bentuk tersusun oleh panjang, lebar dan tinggi atau dapat disebut sebagai volume. Bidang tersebut memiliki banyak sekali macam jenis. Jenis bidang tersebut meliputi bidang organis, bidang geometris, bidang simetris dan lain lain.

Bentuk Sebagai Unsur Seni Rupa 3 Dimensi
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Bentuk lebih dikenal dengan sebutan plastis atau bangun. Arti bentuk dan plastis pun berbeda. Kalau bangun memiliki bentuk yang polos. Sedangkan plastis memiliki pengertian bentuk yang beragam serta terdapat nilai dari karya yang dihasilkan. Contohnya saja meja, selain memiliki bentuk juga dapat digunakan untuk belajar serta menaruh buku buku di atasnya.

Tekstur Sebagai Unsur Seni Rupa 3 Dimensi
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Tekstur adalalah sifat yang dimiliki oleh karya seni yang dihasilkan dan biasanya dapat dilihat oleh mata serta dirasakan oleh indra peraba. Sifat pada tektur ini terdapat dipermukaan benda mirip kasar, licin, halus, berpori serta mengkilap. Tekstur dapat dibagi menjadi dua menurut jenisnya merupakan tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata memiliki nilai serta kandungan yang sama dengan hasil raba maupun hasil penglihatan. Sedangkan tekstur semu, hasil yang diraba dan dilihat berbeda dengan nilai dan kandungan yang dimiliki oleh benda tersebut.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh karya seni rupa 3 dimensi dapat kita lihat sehari hari. Adapun contoh karya seni rupa 3 dimensi tersebut merupakan :

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Kriya
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Kriya dalah karya seni rupa yang menghasilkan seni yang mengutamakan bentuk fisik serta keindahan yang terdapat pada karya tersebut. Dalam pembuatan seni kriya perlu ada keterampilan tangan yang ahli atau hand skill. Karya ini tergolong sebagai karya seni terapan nusantara. Kriya tersebut memiliki banyak sekali macam jenis mirip seni kriya batu, seni kriya logam, seni kriya monyetmik, dan masih banyak lagi. Seni kriya ini dapat berfungsi sebagai dekorasi yang siap pakai contohnya furniture. Dalam pembuatan seni kriya terdapat teknik teknik yang digunakan. Setiap teknik tersebut memiliki kegunaan masing masing. Adapun teknik yang digunakan merupakan:

1. Teknik Pahat atau Ukir. 
Pada teknik ini biasanya digunakan oleh masybirat Bali untuk membuat seni patung atau arca yang menggunakan bahan bane batu andesit. Pada teknik ini anda juga dapat menggunakan bahan bane logam, kayu atau kulit hewan sebagai bahan dasar pembuatannya.

2. Teknik Bursir
Pada teknik ini menggunakan tanah liat sebagai medianya. Tanah liat tersebut memiliki tekstur yang lunak sehingga mudah dibentuk. Teknik bursir bertujuan untuk menambah maupun mengurangi objek karya seni yang akan dihasilkan.

3. Teknik Batik
Di indonesia terkenal dengan pakaian pakaian batiknya. Batik tersebut tidak hanya ada di jawa saja, melainkan juga terdapat di kalimantan, sulawesi maupun di sumatra. Setiap batik yang berasal dari banyak sekali dareah tersebut memiliki corak yag berbeda. Namun teknik pembuatannya sama merupakan dapat menggunakan teknik batik tulis, batik cap, maupun batik lukis. 

4. Teknik Tenun
Selain batik diatas, negara Indoesia juga terkenal dengan kain tenunnya. Kain tenun ini pembuatannya dengan disongket atau dengan tenun ikat. Kain tenun ini dapat berbahan dasar perak, emas  bahkan benang sutra. Terdapat beberapa wilayah yang membuat tenun songket meliputi wilayah Bali, Sulteng, Sumut, Lombok dan masih banyak lagi. Pembuatan karya seni menggunakan teknik tenun ini biasanya memerlukan waktu yang lama sekitar 2 hingga 3 bulan.

5. Teknik Anyaman
Teknik Anyaman merupakan teknik yang memerlukan ketelatenan karena prosesnya sangat rumit. Proses tersebut mirip teknik silang menyilang, tindih menindih, lipat melipat, serta bolak balik sesuai pola yang telah ditentukan sebelumnya. Bahan yang digunakanpun bermacam macam, contohnya rotan, bambu, pandan, lontar, kertas, eceng gondok, maupun tali.

6. Teknik Bordir
Teknik ini digunakan dalam seni jahit yang menempatkan benang ke atas kain. Benang tersebut kemudian di sulam untuk membentuk pola atau hiasan agar kain tesebut  terlihat lebih indah. Teknik bordir biasanya digunakan untuk menghias tas, kerudung, baju, taplak meja dan lain lain.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Patung
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Patung merupakan contoh seni rupa 3 dimensi yang cukup dikenal oleh masybirat luas. Semakin berkembangnya jaman, patung juga berkembang semakin baik dan mempunyai nilai seni yang lebih tinggi. Bahan bahan yang dapat digunakan pada seni patung ini banyak sekali macam. Misalnya saja batu, logam, kayu, serta dapat dilihat dari banyak sekali arah maupun sudut pandang. Patung memiliki sifat panjang, lebar dan tinggi. Seni patung ini dapat dibagi menjdi dua merupakan Zonde Bosse dan Relief relief. Zonde Bosse merupakan jenis patung yang bentuknya dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari bagian kanan maupun bagian kiri dan hanya dapat menempel pada salah satu sisi saja. Sedangkan relief relief merupakan jenis patung yang memiliki pengertian disetiap pembuatannya bisa berupa adegan atau cerita dan biasanya menempel di permukaan dinding. Dalam relief ini juga masih dibagi lagi menjadi tiga merupakan Baserelief (bentuknya kurang dari setengah aslinya), Demirelief (bentuknya setengah dari bentuk asli), dan Hautrelief (bentuk mirip dengan aslinya)

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Keramik

Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Keramik merupakan bagian dari sebuah seni yang masih bersifat tradisional akan tetapi terdapat unsur modern. Bahan yang digunakan dalam pembuatan seni monyetmik merupakan tanah liat. Selain mudah didapat, tanah liat juga mudah untuk dibentuk. Namun dalam pembuatannya harus melewati proses butsir, plitir, pilin, pembakaran maupun proses glasir. Dalam pembuatan monyetmik ini memerlukan proses yang sangat rumit serta teknik yang khusus. Tidak lupa pula menggunakan cara cara yang lebih detil dan rawan mengalami kegagalan dalam produksi. Hal tersebut dapat terjadi karena tanah liat bersifat plastis. Keindahan sebuah seni monyetmik dinilai dari proses pembuatannya. Semakin rumit pembuatannya maka semakin indah pula monyetmik tersebut. Jaman sekarang semakin banyak seni monyetmik yang dikembangkan, mulai dengan banyak bentuk maupun harga jual yang semakin tinggi. Bahan bahan monyetmik pun bermacam macam. Berikut bahan bahan monyetmik yang sering digunakan:
  1. Bahan monyetmik untuk mengikat meliputi fire clay, kaolin, ball clay serta red clay
  2. Bahan monyetmik untuk mengisi meliputi silika grog atau samot
  3. Bahan monyetmik yang masih mentah meliputi bahan bahan yang harus melewati proses pembakaran dengan suhu tertentu
  4. Bahan monyetmik untuk melebur meliputi kapur serta felsper
  5. Bahan monyetmik pelengkap meliputi water glass, talk maupun pyrophilit
  6. Bahan monyetmik yang bersifat oksida meliputi soda abu, batu kapur serta basa posta felsper
  7. Bahan monyetmik untuk merekatkan mirip gum
  8. Bahan monyetmik untuk menutup meliputi oksida seng maupun oksida sirkon
Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Seni Arsitektur
Seni rupa merupakan bagian dari seni yang memiliki sifat dapat diraba dan dilihat oleh mata Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
Seni arsitektur merupakan perpaduan dari seni rupa 3 dimensi dengan ilmu desain dalam merancang bangunan. Proses perancangan dapat terjadi secara mikro mirip merancang dekor bangunan, merancang desain produk dan sebagainya. Bisa juga berskala makro yang meliputi merancang sebuah kota, desain arsitektur lanscap dan masih banyak lagi. Pada seni arsitektur ini lebih menonjolkan keindahan serta keserasian dari karya seni yang dihasilkan. Nilai seni yang terdapat pada seni ini ilihat dari segi keindahannya.

Pada pengelompokkannya, seni rupa termasuk dalam golongan seni murni atau pure art, sedangkan arsitektur termasuk kedalam seni terpakai atau applied art. Pada dasarnya seni arsitektur berhubungan dengan perencanaan serta perancangan dalam melanekan  kegiatan yang bersifat membangun. Berbeda pula mirip seni lukis yang hasilnya berupa dua dimensi, seni patung yang hasilnya berupa karya tiga dimensi, dan arsitektur ini mempunya hasil yang berupa karya tiga dimensi dan memiliki ruang.

Dengan perkembangan teknologi, seni arsitektur mulai berkembang  dengan menggunakan teknologi dalam perencanaannya akan tetapi tetap mengutamakan keselamatan dari penggunanya. Seni arsitektur juga menggunakan seni teknik dalam membuat struktur, kontruksi, rekayasa maupun teknologi dalam proses pembangunan.

Begitulah pengertian mengenai teknik, unsur, dan contoh seni rupa 3 dimensi yang dapat admin terangkan. Seni tidak hanya digunakan sebagai pajangan saja, melainkan dapat digunakan unruk membantu kegiatan insan. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami apa yang dimaksud seni rupa 3 dimensi tersebut. Terima kasih.

0 Response to "Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel