Advertising 468 x 60

Rumus Menghitung Banyaknya Segitiga

Rumus Menghitung Banyaknya Segitiga | siswasiswi.serhamo.net
Awalnya yaitu postingan di grup facebook "MATEMATIKA INDONESIA" yang diunggah oleh salah satu anggotanya, perihal persoalan matematika menghitung banyaknya segitiga pada gambar yang beliau unggah. Hampir sama dengan postingan jenis tebak-tebakan lainnya, postingan tebak-tebakan yang kelihatannya sederhana umumnya akan menciptakan ingin tau orang dan memancing mereka memberikan respon serta komentar. 
Berikut ini gambarnya yang sudah saya modifikasi dengan menambahkan penjelasan cara penyelesaiannya.

tebak tebakan matematika

Sebenarnya dilema menghitung jumlah segitiga seakan-akan ini sudah pernah aku postingkan berikut dengan solusi dan rumus cara menghitungnya. Silakan dibaca disini:


Kalaupun lalu kesannya aku menciptakan postingan wacana permainan tebak-tebakan segitiga di atas, dikarenakan aku tertarik dengan komentar TS (Thread Starter) yang memberikan solusi berdasarkan versinya, sesudah ratusan pembaca menyampaikan balasannya dan menuntut konfirmasi atas tanggapan teka-teki yang bahwasanya.

Saya sendiri juga ikut berkomentar menyampaikan alternatif solusi atas tebak-tebakan tersebut. Kurang lebih ini berdasarkan versi aku:

Jawaban Teka Teki Segitiga

Ada 4 jenis segitiga yang mampu ditemukan pada gambar di atas, ialah: 
- segitiga kecil (terdiri dari 1 buah segitiga kecil)
segitiga kecil

- segitiga sedang (terdiri dari 4 buah segitiga kecil)
segitiga sama sisi

- segitiga besar (terdiri dari 9 buah segitiga kecil)
ada berapa banyak segitiga

- segitiga paling besar (terdiri dari 16 buah segitiga kecil)
teka teki segitiga

Jumlah masing-masing jenis segitiga mampu ditentukan dengan cara melihat dan mencari pada gambar. Tetapi kalau dengan memakai metode demikian ada kemungkinan mata kita kurang awas sehingga mampu jadi ada yang terlewat tidak dihitung, atau ada satu segitiga yang dihitung dua kali.
Untuk itu aku menyarankan memakai metode pasangan berurutan biar meminimalisir kemungkinan kesalahan di atas.

Pertama-tama beri nama tiap segitiga kecil menggunakan angka 1 - 16.

jawaban teka teki segitiga

Kemudian datalah tiap jenis segitiga secara tertib dan urut. 
- segitiga kecil sejumlah 16 segitiga, yaitu: (1),(2),(3),(4),(5),(6),(7),(8),(9),(10),(11),(12),(13),(14),(15),(16)
- segitiga sedang sejumlah 7 segitiga, yaitu: (1.2.3.4),(2.5.6.7),(4.7.8.9),(5.10.11.12),(7.12.13.14),(9.14.15.16),(6.7.8.13)
- segitiga besar sejumlah 3 segitiga, yaitu: (1.2.3.4.5.6.7.8.9),(2.5.6.7.10.11.12.13.14),(4.7.8.9.12.13.14.15.16)
- segitiga paling besar sejumlah 1 segitiga, yaitu: (1.2.3.4.5.6.7.8.9.10.11.12.13.14.15.16)
Jadi banyaknya segitiga yang mampu ditemukan dari GAMBAR di atas ialah = 16 + 7 + 3 + 1 = 27.
Nah, seolah-olah yang telah saya sebutkan di atas, TS menyampaikan jawaban yang lain yakni 32. Penjelasannya ialah 28 segitiga pada gambar ditambah dengan 4 buah segitiga pada huruf A di kalimat "COBA KALIAN TEBAK !"

Lateral thinking! Out of the box.. 
Dugaan saya, jawaban yang 28 ialah ketidaktelitian dimana ada satu segitiga yang dihitung dua kali. Sedangkan untuk 4 segitiga lainnya yang berada di huruf A, ini termasuk kategori 'menjebak'. Untuk jenis tebak-tebakan seakan-akan ini sah sah saja, bahkan termasuk 'cerdas' karena menuntut penebak 'berpikir di luar kotak', akan tetapi ditinjau dari kaidah penyajian soal matematika kurang bagus. Ada makna ganda dimana persepsi penebak yang dihitung hanya segitiga di dalam GAMBAR, sedangkan menurut TS bentuk segitiga di dalam aksara "A" masuk dalam hitungan.

Efeknya, balasan ini akan mengundang perdebatan yang tidak ada ujungnya karena sudut pandang yang berbeda. Kemudian kalau boleh sedikit lebay, balasan seakan-akan itu mengajarkan sesuatu yang kurang baik, yaitu ketidakkonsistenan dan kecurangan.

Akan lebih baik jikalau hendak mengikutkan bentuk segitiga di dalam kalimat, pertanyaannya di modifikasi sehingga ambiguitas memaknai "GAMBAR" tidak terjadi. 

Dalam matematika, bahkan meskipun sekedar tebak-tebakan, tanggapan dari suatu pertanyaan mestinya dapat diterima oleh semua orang tanpa terkecuali. Bukankah sangat indah manakala sebuah teka-teki matematika yang tersaji ditutup oleh kalimat "Oalah...ternyata gitu to..." ketimbang menyisakan ganjalan sebuah perdebatan yang tidak menemu komitmen.

0 Response to "Rumus Menghitung Banyaknya Segitiga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel