Advertising 468 x 60

Modul Penyusunan Soal HOTS

Soal HOTS Sekolah Menengan Atas
Informasi yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini yaitu mengenai HOTS yang saat ini merupakan salah satu soal yang setiap Guru pada jenjang SMA harus sanggup menciptakannya dengan baik dan benar lantaran aneka macam keunggulannya maka dari itu Direktorat pelatihan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan menciptakan dan mengeluarkan modul ini.

Soal Higher Order Thinking Skills singkat dari HOTS terdiri atas 3 (tiga) materi pokok yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam penyusunan soal-soal HOTS . Penyajian materi pada modul ini diawali dengan pemaparan fokus dan uraian bahan pada masing-masing bahan pokok. Sedangkan pada potongan akhir modul dilengkapi dengan penugasan dan refleksi.

Materi-materi pokok dalam modul ini yaitu sebagai berikut :
  1. Materi Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
  2. Materi Pokok 2: kiprah Soal HOTS dalam evaluasi
  3. Materi Pokok 3: taktik dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS
Berdasarkan hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) yang dicapai penerima ajar Indonesia sangat rendah. Pada umumnya kemampuan peserta ajar Indonesia sangat rendah dalam: (1) memahami berita yang kompleks; (2) teori, analisis, dan pemecahan masalah; (3) pemakaian alat, mekanisme dan pemecahan kasus; dan (4) melakukan pemeriksaan.

Berdasarkan kenyataan-kenyataan di atas, maka perlu adanya perubahan sistem dalam pembelajaran dan evaluasi.Penilaian yang dikembangkan oleh guru diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi, meningkatkan kreativitas, dan membangun kemandirian akseptor bimbing untuk menyelesaikan perkara. Oleh karena itu Direktorat pembinaan SMA menyusunModul Penyusunan Soal HOTS bagi guru SMA.

Modul penyusunan soal HOTS untuk evaluasi disusun dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Memberikan pemahaman kepada guru Sekolah Menengan Atas wacana konsep penyusunan soal HOTS;
  2. Mengembangkan keterampilan guru Sekolah Menengan Atas untuk menyusun butir soal HOTS;
  3. Memberikan ajaran bagi pengambil kebijakan baik di tingkat pusat dan tempat untuk melaksanakan pelatihan dan sosialisasi wacana penyusunan soal HOTS.
Modul ini terdiri atas 3 (tiga) materi pokok yang masing-masing membahas bahan yang saling berkaitan satu sama lain, terdiri atas:
1. bahan Pokok 1: Pengertian dan Konsep Soal HOTS
2. materi Pokok 2: peran Soal HOTS dalam penilaian
3. bahan Pokok 3: taktik dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS
Baca juga : Buku SMA Kurikulum 2013 Kelas X, XI, XII  Revisi Terbaru

Modul Penyusunan Soal HOTS Higher Order Thinking Skills jenjang SMA

Itulah sekilas penjelasan yang mampu Admin sampaikan pada kesempatan artikel ini, untuk lebih lengkap dan jelasnya mengenai Penyusunan Soal HOTS dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini:

0 Response to "Modul Penyusunan Soal HOTS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel