Advertising 468 x 60

Filosofi Matematika Sebagai Ratu Pengetahuan

matematika sebagai ratunya ilmu pengetahuan Filosofi Matematika sebagai RATU PengetahuanHi sahabat kali ini belajar-soal-matematika (besom) akan memperlihatkan artikel wacana "matematika sebagai ratunya ilmu pengetahuan" (RED-Carl Friendrich Gauss). matematika merupakan sebuah ilmu wacana logika mengenai bentuk susunan, besaran dan konsep-konsep yang memiliki kekerabatan dengan yang lainnya, matematika juga bsa disebut sebagai pola pikir atau pembuktian suatu permasalahan secara logika dengan bahasanya yang terpengertiankan secara runtut dan jelas, anerat dan cermat. Matematika itu  pola atau hubungan, matematika itu suatu jalan atau pola pikir, matematika itu suatu seni, atematika itu suatu bahasa dan alat alasannya yaitu matematika bukanlah sebuah pengetahuan yang bangun sendiri akan tetapi dengan adanya matematika sanggup membantu masyarakat dalam memahami/mengusai permasalahan ekonomi, sosial dan alam. Matematika terbentukk oleh pemikiran insan yang bekerjasama dekat dengan ide, proses dan penalaran.

Pemikiran (penalaran) ini sanggup diartikan bahwasannya matematika terbentuk dari hasi hasil kebijaksanaan budi kebijaksanaan manusia, kebijaksanaan budi disini dimaksudkan sebagai langkah awal sebuah proses terbentuknya konsep-konsep matematika atau sanggup juga sanggup dimaksudkan sebagai langkah akhir. "ilmu pengetahuan yang diperoleh dari bernalar" (Elia Tinggih, 1972:5)

Tampaknya sudah lebih dari cukup pengertian di atas untuk sanggup dinilai bahwasannya matematika itu sebuah ilmu pelajaran yang sangat komplek sehingga ilmu pengetahuan lain tidak sanggup lepas dari problem matematika juga, kini coba anda cari sebuah ilmu pengetahuan yang tidak memiliki kekerabatan dengan matematika. Matematika sebagai ratunya pengetahuan? alasannya yaitu perkembangan dunia matematika tak bergantung pada pengetahuan lain tapi sebaliknya banyak ilmu pengetahan lain berkembang dari dasar konsep keilmuan matematika, ambil pola sederhana teori-teori dari kimia dan fisika banyak diambil/dikembangkan dari konsep kalkus. dari kedudukannya matematika sebagai ratunya ilmu pengetahuan maka selain matematika tumbuh dan berkembang untuk dirinya sendiri juga melanyani pengetahuan-pengetahuan lain dalam perkembangan dan operasinya.

Contoh lain matematika sebagai ratunya ilmu pengetahuan :

  • Dari konsep probabilitas teori mendel dalam dunia biologi ditemukan
  • Masalah wacana kelistrikan sanggup dipecahkan dengan perhitungan bilangan imajiner
  • Matematika sanggup dipakai untuk memprediksi jumlah penduduk dalam ilmu kependudukan
  • Menaksir atau memperhitungkan jumlah energi yang sanggup ditimbulkan oleh atom yang ditemukan oleh Einstein itu juga memakai matematika.
  • Dalam ilmu pendidikan n psikologi, khususnya teori belajar, selain dipakai statistik jg dipakai persamaan matematis untk menyajikan teori / model penelitian.
  • Dalam seni grafis, konsep transformasi geometric dipakai untk melukis mosaik.
  • Dalam seni musik, barisan bilangan dipakai untuk merancang alat musik.
  • Melalui konsep Fungsi Kalkulus wacana Diferensial dan Integral, sanggup dikembangkan menjadi teori Ekonomi Permintaan dan Penawaran.

Dalam kehidupan sehari-hari matematika juga dipakai untuk memecahkan permasalahan yang ada contohnya :

  • Menghitung luas suatu daerah
  • Menghitung kecepatan kendaraan
  • Dalam pertanian, perikanan, perdagangan, dan perindustrian juga dipakai perhitungan memakai matematika.
  • Menghitung jarak tempuh dari suatu tempat ke tempat lain.

0 Response to "Filosofi Matematika Sebagai Ratu Pengetahuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel