Advertising 468 x 60

Rekrutmen Guru Non Pns Kemendikbud Tahun 2018 (Rekrutmen Guru Non Pns Untuk Sekolah Indonesia Di Malaysia Tahun 2018).

Rekrutmen Guru Non PNS Kemendikbud Tahun 2018
Rekrutmen Guru Non PNS Kemendikbud Tahun 2018 (Rekrutmen Guru Non PNS Untuk Sekolah Indonesia di Malaysia Tahun 2018). Sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional, negara berkewajiban melaksanakan penyelenggaraan pendidikan wajib mencar ilmu 9 tahun untuk setiap warga negara, baik yang tinggal di dalam maupun di luar wilayah NKRI. Kenyataan di lapangan bawah umur dari Buruh Migran Indonesia (BMI) yang bekerja di Malaysia, khususnya yang bekerja di sektor perkebunan sawit, mengalami kesulitan dalam memperoleh pendidikan.

Untuk itu Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan rekrutmen calon guru untuk pendidikan bawah umur Indonesia di  Malaysia. Rekrutmen tersebut akan dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk.

Rekrutmen Guru Non PNS Kemendikbud Tahun 2018 (Rekrutmen Guru Non PNS Untuk Sekolah Indonesia di Malaysia Tahun 2018). (Pendaftaran Melalui UPI, UNIMED, UM dan UNM). Berdasarkan surat Dirjen GTK Nomor 6299/B.B3/GT/2018 tertanggal 12 Maret 2018. Disampaikan  bahwa  salah  satu  program  Direktorat  Pembinaan  Guru  Pendidikan  Dasar, Direktorat  Jenderal  Guru  dan  Tenaga  Kependidikan,  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan merupakan melaksanakan rekrutmen calon guru untuk pendidikan bawah umur Indonesia di  Malaysia.  Rekrutmen tersebut akan dilaksanakan di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk, yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Makassar (UNM). Pendaftaran mulai 13 – 22 Maret 2018. 

Persyaratan Umum Peserta  Rekrutmen Guru Non PNS Kemendikbud (Rekrutmen Guru Non PNS Untuk Sekolah Indonesia di Malaysia Tahun 2018). (Pendaftaran Melalui UPI, UNIMED, UM dan UNM
1.   Guru bukan PNS
2.   Usia maksimal 35 tahun ketika mendaftar dibuktikan dengan KTP
3.   Kualifikasi akademik minimal S1/D4 dibuktikan dengan Ijazah
4.   Memiliki Sertifikat Pendidik dibuktikan dengan akta pendidik
5.   Memiliki NUPTK 
6.   Sarjana pendidikan dari kegiatan studi minimal terakreditasi B yang relevan dengan gugusan yang diperlukan
7.   IPK minimal 2.75  dibuktikan dengan transkrip
8.   Surat izin dari kepala sekolah/yayasan
9.   Surat rujukan dari kepala sekolah/yayasan/pimpinan sebelumnya
10.  Menguasai komputer, mempunyai kemampuan menciptakan media pembelajaran dan aneka macam metode mengajar dan TIK
11.  Memiliki kecakapan hidup (menjahit, menyulam, memasak, elektronik, percetakan, menganyam, dll)
12.  Pengalaman mengajar minimal 2 tahun (termasuk pengalaman mengikuti kegiatan Indonesia Mengajar, Jatim Mengajar, SM-3T, Talent Scouting dan sejenisnya,  serta PPG).
13.  Surat bebas narkotika, psikotropika dan zat aditif  (NAPZA)
14.  Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)
15.  Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah
16.  Pasphoto terbaru berlatar belakang putih ukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing 2 lembar (bagi pria memakai pakaian jas dan dasi, bagi perempuan memakai pakaian bebas rapi, bagi yang tidak memakai kerudung, telinganya terlihat).
17.  Mengisi formulir pendaftaran, surat izin orangtua/wali/suami/istri dan surat pernyataan tidak menuntut menjadi PNS/ASN. Formulir sanggup diunduh di laman pendaftaran


Adapun Sistem Rekrutmen Guru Non PNS Kemendikbud Tahun 2018 (Rekrutmen Guru Non PNS Untuk Sekolah Indonesia di Malaysia Tahun 2018) dilakukan oleh Direktorat Jenderal GTK Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar berafiliasi dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yaitu: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

1. Pengumuman Rekrutmen Calon Guru di Malaysia Tahap 9 Tahun 2018 untuk Pendidikan anak – anak Indonesia di Malaysia melalui website http://gtk.kemdikbud.go.id dan di LPTK

2. Tahap 1: Pendaftaran online melalui laman LPTK
1) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di http://upi.edu
2) Universitas Negeri Medan (Unimed) di http://unimed.ac.id
3) Universitas Negeri Malang (UM) di http://lp3.um.ac.id
4) Universitas Negeri Makassar (UNM) di http://p3g.unm.ac.id
Berkas persyaratan diunggah di laman masing-masing LPTK.

3. Tahap 2:
Peserta yang dinyatakan lulus tahap 1 berhak mengikuti tes tulis dan nontulis di LPTK yang ditunjuk. Tes mencakup psikotest, wawancara, peer teaching, dan Leaderless Group Discussion (LGD). Seluruh berkas persyaratan umum, baik orisinil dan fotokopi wajib dibawa ketika tes di LPTK (dimasukan map dengan warna : merah (UPI), hijau (Unimed), biru (UM), dan kuning (UNM). * )Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan kemudahan penerima seleksi. *) Formulir sanggup diunduh dan diisi dengan goresan pena tangan

Link Download

Demikian isu tentang Rekrutmen Guru Non PNS Kemendikbud Tahun 2018 (Rekrutmen Guru Non PNS Untuk Sekolah Indonesia di Malaysia Tahun 2018). (PENDAFTARAN MELALUI UPI, UNIMED, UM DAN UNM), biar bermanfaat. Silahkan dicoba biar berhasil.(http://ainamulyana.blogspot.com/2018/03/rekrutmen-calon-guru-sekolah-indonesia.html)



0 Response to "Rekrutmen Guru Non Pns Kemendikbud Tahun 2018 (Rekrutmen Guru Non Pns Untuk Sekolah Indonesia Di Malaysia Tahun 2018)."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel