Advertising 468 x 60

Cara Menghitung Perkalian Belahan Campuran

Artikel Kali ini tentang cara menghitung perkalian pecahan campuran, Seperti aturan operasi bilangan lainnya kalo ditempat aku biasanya disebut dengan pipolanda. ada yang tau maksud dari wejangan tersebut? pipolando merupakan konsep rumus matematika sederhana yang artinya ping poro lan sudo ( dalam bahasa jawa) kalo dalam bahasa indonesia biasanya operasi bilangan gabungan sanggup dejelaskan pada belum dewasa dengan kata "KABATAKU" ialah KAli, Bagi, TAmbah KUrang.

Maksud dari KABATAKU merupakan jikalau ada operasi gabungan maka perkalian dikerjakan lebih dahulu lalu dilanjutkan dengan pembagian seterusnya penambahan dan pengurangan. konsep yang perlu diajarkan pada anak sehingga belum dewasa tau mana yang harus lebih dulu dikerjakan.

Karena judul artikel cara menghitung perkalian pecahan gabungan maka kali ini hanya aku berikan untuk yang operasi perkalian saja, sebelum menuju ke operasi perkalian pecahan gabungan ada baiknya kita kilas balik dulu untuk :

operasi perkalian pecahan biasa

Perkalian merupakan pejumlahan yang berulang, untuk jelasnya silahkan lihat pola berikut :
2 x 4 dibaca dua kali empat, untuk mudahnya kalian baca empat sebanyak dua kali ialah 4 + 4 = 8
4 x 2 dua sebanyak empat kali 2 +  2 + 2 + 2 = 8 
dalam perkalian berlsaya sifat komutatif dimana yang dimaksud dengan sifat komutatif merupakan sanggup dibalik-balik, jadi nilai 2 x 4 sama dengan nilai 4 x 2.

operasi perkalian pecahan decimal/desimal


perhatikan gambar berikut :
cara menghitung perkalian pecahan gabungan cara menghitung perkalian pecahan campuran







kau sanggup mengalikan pecahan desimal tersebut secara pribadi tanpa mengubahnya kedalam bentuk pecahan biasa, tapi untuk lebih mudahnya lebih baik kalian ubah dulu ya kedalam bentuk pecahan biasa. apa bila dibelakang koma ada 1 angka berarti bilangan tersebut dibagi oleh sepuluh apabila ada 2 angka dibelakang koma berati dibagi dengan seratus begitu seterusnya. untuk mengalikannya tinggal kalian kalikan bab atas ( pembilang ) dengan bab atas juga (pembilang dan kalikan bab bawa ( penyebut ) dengan penyebut juga dan terakhir tinggal kalian ubah lagi dalam bentuk desimal

Operasi Perkalian Pecahan Campuran

cara menghitung perkalian pecahan gabungan cara menghitung perkalian pecahan campuran
Silahkan kalian perhatikan operasi pecahan gabungan disamping silahkan kalian pahami sendiri apabila ada pertanyaan silahkan isikan pada kolom komentar dibawah.


sekian dulu dari aku dengan artikel cara menghitung perkalian pecahan gabungan agar sanggup bermanfaat buat kalian semua.

0 Response to "Cara Menghitung Perkalian Belahan Campuran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel