Advertising 468 x 60

(English) Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris – Anda tentu sudah sangat sering mendengar atau membaca kata-kata do, does, did, ataupun done. Sudah sewajarnya anda sering menjumpai kata-kata tersebut karena memang kata-kata tersebut sangat banyak fungsinya dalam komunikasi bahasa inggris. Karena banyaknya fungsi penggunaan kata tersebut, tidak jarang malah membuat para pelajar kebingungan. Kata do/does, did, dan done merupakan salah satu primary auxiliary verb (kata kerja bantu yang tidak memiliki arti sendiri namun membantu dalam membentuk karakter kalimat), kata kerja tersebut berasal dari kata kerja do (verb1-bare infinitive), sedangkan does, did, dan done merupakan turunannya. Does (verb1 – additional infinitive), did (verb2), done (verb3).

Walaupun do/does, did, dan done merupakan salah satu primary auxiliary verb, namun dapat juga difungsikan sebagai ordinary verb (kata kerja utama) sehingga fungsi sebagai primary auxiliary verb akan secara otomatis menghilang, hal ini berlsaya juga pada primary auxiliary verb lainnya. Hal ini cukup rumit jika anda belum memahaminya secara mendalam, sehingga dapat menimbulkan kebingungan. Namun jangan khawatir, untuk alasan tersebut postingan ini dibuat agar anda dapat memahami penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris secara mendalam.

 Anda tentu sudah sangat sering mendengar atau membaca kata (English) Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Do/Does
Kata kerja do dan does merupakan sama-sama verb1, yang membedakannya merupakan jika do merupakan bare infinitive, sedangkan does merupakan additional infinitive (do + es). Artinya penggunaan do atau does tergantung dengan subjeknya, perhatikan tabel dibawah ini:
Subjek Do/Does
IDo
YouDo
HeDoes
SheDoes
ItDoes
WeDo
TheyDo
BoyDoes
BoysDo
GirlDoes
GirlsDo
Beautiful girlDoes
Beautiful girlsDo
My friendDoes
My friendsDo
All of my friendsDo
My fatherDoes
My brotherDoes
Shinta (nama orang)Does
Budi (nama orang)Does
Etc…

Di dalam tenses, kata kerja do dapat digunakan pada simple present tense, simple future tense, dan juga simple past future tense. Sedangkan kata kerja does hanya digunakan pada simple present tense saja. Jadi jika subjek yang seharusnya menggunakan does pada simple present tense, namun ketika subjek tersebut menggunakan simple future tense dan simple past future tense, maka subjek tersebut bisa menggunakan do. Artinya semua subjek akan menggunakan do jika tenses yang digunakan merupakan simple future tense dan juga simple past future tense, jadi perbedaan penggunaan do atau does ini hanya terjadi ketika menggunakan simple present tense saja.

Contoh:
Simple present tense
Kalimat positif
I do a great job.
He does a great job.
Kalimat negative.
I do not study.
He does not study.
Kalimat interogatif
Do they write a letter?
Does Mella often play piano?
Kalimat negative interogatif
Do they not write a letter?
Does Mella not often play piano?

Advertisement




Lalu bagaimana dengan contoh penggunaan do/does pada simple future tense dan simple past future tense? Untuk yang satu ini silahkan anda mencoba untuk membuatnya, bukannya saya tidak mau memberi, namun saya ingin anda untuk berlatih. Ini rumus untuk simple future tense Subjek + will/shall + verb1, dan ini rumus untuk simple past future tense Subjek + would/should + verb1. Silahkan share contoh penggunaan do/does versi anda melalui kotak komentar dibawah, saya tunggu lho.

Dalam membentuk sebuah kalimat di dalam bahasa inggris, pastilah ada kata kerjanya, entah itu kata kerja utama (ordinary verb), atau kombinasi kata kerja utama dan kata kerja bantu.

Jika anda masih bingung dengan macam-macam kata kerja, baca: Materi kata kerja.

Sebagai contoh:
Berfungsi sebagai kata kerja utama (secara otomatis fungsi sebagai kata kerja bantu akan hilang)
  • I do the test.
  • We do the test.
  • He does the test.
  • She does the test.
Berfungsi sebagai kata kerja bantu
  • I do not study.
  • He does not study.
  • Do you study?
  • Does he study?
Study merupakan kata kerja utama, maka disini kata “do” dan “does” berperan sebagai kata kerja bantu untuk memperkuat karakter kalimat dalam tenses.

Penggunaan Did
Did merupakan verb2 dari kata kerja do, did hanya digunakan pada simple past tense saja, tidak seperti do dan does yang penggunaannya tergantung dengan subjek, lain jika penggunaan did karena semua subjek menggunakan did, artinya penggunaan did merupakan mutlak untuk semua subjek. Ada satu persamaan antara did dan do/does, adalah dapat difungsikan sebagai kata kerja bantu maupun kata kerja utama, penyusunannya juga sama seperti do/does diatas, hanya saja ingat bahwa did hanya digunakan untuk simple past tense saja.

Contoh:
Kalimat positif:
I did the test yesterday.
She did the test yesterday.
Kalimat negative:
I did not study last night.
She did not study last night.
Kalimat interogatif:
Did you study last night?
Did he love me?
Kalimat negative interogatif:
Did you not study last night?
Did he not play football yesterday?

Penggunaan Done
Done merupakan turunan ketiga (verb3) dari kata kerja do, apapun subjeknya tetap menggunakan bentuk done, dan kata done ini dapat digunakan pada present perfect tense, past perfect tense, future perfect tense, dan juga past future perfect tense.

Contoh:
Kalimat positif
  • I have done a great job.
  • He has done a great job.
  • I had done my homework.
  • He had done his homework.
  • I will have done the report.
  • She will have done the report.

Bingung dengan penggunaan have/has dan had, baca: Materi have/has dan had.

Nah, untuk contoh kalimat bentuk negative, interogatif, dan negative interogatif silahkan anda mencoba untuk membuatnya sendiri, ini akan membuat anda lebih memahami materi ini, dan jangan lupa share lewat kotak komentar dibawah.
---
Oke, mungkin hanya itu saja ulasan tentang penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris yang dapat saya berikan. Semoga ulasan tentang penggunaan do/does, did, dan done dalam bahasa inggris diatas dapat menambah wawasan, pengetahuan, serta pemahaman anda semuanya.

0 Response to "(English) Penggunaan DO/DOES, DID, dan DONE Dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel