Advertising 468 x 60

Rilis Dapodik Paud Versi 3.3.0 Tahun Ajaran 2018/2019

Aplikasi Dapodik PAUD yaitu aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini – Pendidikan Masyarakat (PAUD-DIKMAS) yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas satuan pendidikan pemerintahan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
dapodik Paud 3.3.0 tahun fatwa 2018/2019

Dapodik Offline (PAUD) dirilis pada hari ini tanggal 24 Agustus 2018 untuk pengisian data Semester 1 (Ganjil) 2018/19. Sebelum memakai aplikasi ini, mohon baca pedoman penggunaan terlebih dahulu membaca panduan aplikasi dapodik PAUD pada alamat berikut ini  : https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

Daftar Perubahan Dapodik PAUD 3.3.0

Sebelum kita melihat aplikasi yang terbaru terlebih dahulu kita cek terlebih dahulu apa saja perubahan yang terdapat dalam versi 3.3.0. Berikut daftar perubahan yang terdapat dalam aplikasi Dapodik PAUD versi 3.3.0 tahun ajaran 2018/2019 semester Ganjil:

Penjelasan Perubahan Dapodik Paud 3.3.0
  • Kode Registrasi PAUD diubah menjadi kode registrasi sepanjang 36 karakter.
  • Satuan Pendidikan PAUD diberikan pilihan menggunakan aplikasi Dapodik Offline dan Online, sesuai dengan kemampuan jaringan di kawasan masing-masing.
  • Manajemen PTK (Penambahan, Penugasan PTK, Mutasi PTK) tidak lagi dilakukan oleh Satuan Pendidikan tetapi dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  • Aplikasi Dapodik Offline (PAUD) mampu memakai username dan password Dapodik yang sama dengan tahun anutan kemudian, tetapi memakai arahan registrasi 36 aksara.
Selain menghubungi Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan/Lembaga dapat mengetahui instruksi registrasi baru dengan login ke administrasi memakai akun Dapodik tahun fatwa kemudian.

Penjelasan untuk daftar perubahan pada versi 3.3.0, yaitu: 

  1. [Pembaharuan] Mengaktifkan Registrasi Offline Registrasi offline diperuntukan bagi satuan pendidikan yang berada pada tempat yang tidak ada jalan masuk internet, untuk bisa melaksanakan cara pendaftaran secara offline ini satuan pendidikan harus meminta donasi ke operator dinas kab/kota setempat untuk mendaftarkan pada administrasi dan juga mengunduh file prefill yang nantinya dipakai untuk melaksanakan registrasi di aplikasi Dapodik Paud semi Online.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun fatwa 2018/2019
  2. [Pembaharuan] Mengaktifkan Sinkronisasi Offline Sinkronisasi Offline mampu dilakukan apabila satuan pendidikan diawal melaksanakan pendaftaran secara Offline juga. File prefill yang nantinya hasil keluaran pada saat melaksanakan sinkronisasi di Dapodik Paud semi Online yang selanjutnya bisa dikirim melalui administrasi untuk diupload ke server.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun fatwa 2018/2019
  3. [Pembaharuan] Menghilangkan tombol tambah PTK Untuk menambah data PTK pada versi 3.3.0 dilakukan melalui aplikasi manajemen yang dilakukan oleh operator dinas kab/kota, sesudah itu agar bisa masuk ke aplikasi Dapodik Paud satuan pendidikan harus melaksanakan sinkronisasi baik secara Online atau Offline yang melalui data prefill.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun anutan 2018/2019
  4. [Pembaharuan] Menon-aktifkan fitur penugasam untuk diinput di administrasi dapodik Fitur penugasan pada versi 3.3.0 berpindah ke aplikasi administrasi yang dilakukan oleh operator dinas kab/kota setempat. 
  5. [Pembaharuan] Menon-aktifkan beberapa inputan di PTK untuk diinput di manajemen dapodik.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun fatwa 2018/2019
  6. [Pembaharuan] Isian layanan di rombongan mencar ilmu default  terisi Pada versi 3.3.0 untuk layanan pada rombongan mencar ilmu dibentuk default.
    Dapodik Paud 3.3.0 tahun pedoman 2018/2019
Perlu di perhatikan bahwasannya kalau sebelumnya belum pernah installasi Aplikasi Dapodik Paud maka gunakan cara installasi aplikasi, Jika sebelumnya sudah pernah installasi aplikasi dan sudah ada di PC atau Laptop, maka dianjurkan supaya melaksanakan abolisi Aplikasi Dapodik PAUD versi sebelumnya dikarenakan untuk versi 3.3.0 ini berupa installer dan untuk bisa terupdate ke versi 3.3.0 maka disarankan versi lamanya dihapus terlebih dahulu.

0 Response to "Rilis Dapodik Paud Versi 3.3.0 Tahun Ajaran 2018/2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel