Advertising 468 x 60

Laporan Pengamatan Upaya Manusia dalam Pembangunan Sosial

Semua aktivitas yang menggabungkan aspek sosial dan ekonomi yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial disebut pembangunan sosial. Kesejahteraan sosial tidak hanya berkenaan dengan terpenuhinya kebutuhan material, tetapi juga spiritual. Dengan demikian memungkinkan semua warga negara untuk membuatkan dirinya.

Dengan keberagaman, manusia mampu saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya. Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup.

Bahasa Indonesia yang dipergunakan juga merupakan satu acuan hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat Indonesia. Amatilah gambar-gambar di bawah ini!
Pembangunan Sosial
Kedua gambar di atas bercerita ihwal upaya insan dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Bahasa Indonesia merupakan pola upaya insan dalam sebuah pembangunan sosial budaya. Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara juga merupakan sebuah upaya pembangunan sosial budaya.

Contoh lain dari pembangunan sosial budaya ialah dengan semakin terbukanya kesempatan bagi kaum perempuan untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Masih banyak lagi pola-contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita.

Amatilah daerah sekitarmu. Temukan pola-contoh upaya manusia dalam pembangunan sosial. Buatlah dalam bentuk laporan pengamatan sederhana.
Laporan Hasil Pengamatan
Judul Laporan :Laporan Pengamatan Pembangunan Sosial Budaya
Tujuan Laporan :Mengetahui bentuk-bentuk pembangunan sosial budaya
Tempat Pengamatan :Purwokerto
Tanggal Pengamatan :29 Agustus 2018
Hasil Pengamatan :Pembangunan Sosial Bidang Kesehatan
Pembangunan di bidang kesehatan antara lain dengan Program Lingkungan Sehat, Perilaku Sehat, dan Pemberdayaan Masyarakat. Perbaikan Gizi Masyarakat, Obat, Makanan, dan Bahan Berbahaya

Pembangunan Sosial Bidang Kesejahteraan Sosial
Di bidang kesejahteraan sosial meliputi pengembangan ketahanan sosial, peningkatan apresiasi terhadap penduduk lanjut usia dan veteran, peningkatan kepedulian terhadap penyandang kasus sosial.

Pembangunan Sosial Bidang Kependudukan dan KB
Di bidang kependudukan dan keluarga berencana yaitu: peningkatan kualitas penduduk melalui pengendalian kelahiran, penurunan angka akhir hayat, peningkatan kualitas acara keluarga berencana.

Pembangunan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata
Di bidang kebudayaan dan pariwisata ialah pengembangan dan pembinaan kebudayaan nasional, pelestarian apresiasi nilai kesenian dan kebudayaan tradisional, perwujudan kesenian dan kebudayaan tradisional Indonesia sebagai wahana pengembangan pariwisata, dan pengembangan pariwisata.

Pembangunan Bidang Kedudukan dan Peranan Perempuan
Di bidang kedudukan dan peranan perempuan mencakup: peningkatan kedudukan dan peran perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Misalnya semakin terbukanya kesempatan bagi kaum wanita untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.

Pembangunan Sosial Bidang Pemuda dan Olah Raga
Di bidang perjaka dan olahraga meliputi: penumbuhan budaya olahraga, peningkatan perjuangan pembibitan dan pembinaan, pengembangan minat dan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda, dan pelindungan bagi generasi muda dari nark*ba.
Kesimpulan:Pembangunan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dimana kebutuhan setiap anggota masyarakat secara sosial, ekonomi, dan spiritual mampu terpenuhi..

0 Response to "Laporan Pengamatan Upaya Manusia dalam Pembangunan Sosial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel