Advertising 468 x 60

Iklan Elektronik Upaya Menjaga Kesehatan

Untuk hidup sehat, bukan hanya kuliner sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun dibutuhkan. Bayangkan jikalau lingkungan kawasan kita tinggal kotor dan menjadi sarang nyamuk. Pastilah kita pun akan merugi. Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga dan semuanya mampu diperoleh dengan cara yang cukup sederhana, yaitu menjaga kesehatan lingkungan.

Pemerintah kemudian menggunakan media elektronika untuk menyadarkan masyarakat ihwal pentingnya menjaga lingkungan, terutama dari bahaya demam berdarah. Berikut adalah sebuah naskah iklan ihwal pencegahan demam berdarah. Mintalah beberapa temanmu untuk memeragakannya di depan kelas.

Ayo Bermain Peran
Peragakan naskah iklan elektronika di bawah ini!

Iklan Elektronik Demam Berdarah
Pak RT :“Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, perkenankan aku menyampaikan maksud pertemuan kita kali ini. Tepat pada hari Sabtu nanti, saya mengharapkan bantuan bapak dan ibu untuk secara serentak melaksanakan langkah 3M Plus di lingkungan rumah kita masing-masing.”
Ibu :“Apa, Pak, 3M Plus itu? Mengapa kita harus melakukannya?”
(Para ibu kemudian berbisik-bisik dan suasananya menjadi agak riuh)
Pak RT :“Akhir-akhir ini di lingkungan sekitar kita sedang banyak warga yang terkena demam berdarah, Bu. Bulan lalu saja saya mencatat ada tiga orang yang terkena. Penyebabnya yaitu nyamuk dan nyamuk itu menyukai tempat yang kotor. Oleh lantarannya diperlukan langkah 3M Plus untuk mengatasinya. Langkah 3M tentunya ialah menguras, menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk. Ditambahkan Plus lantaran diperlukan upaya dari kita secara langsung untuk mengatasinya seperti memakai lotion anti nyamuk, kelambu di kawasan tidur, menggunakan obat penyemprot nyamuk baik yang alami atau buatan, dan lain-lain.”
Ibu :“Oh, begitu, Pak RT. Kami siap, Pak!
Bapak :“Baik, pak, akan segera kami laksanakan. Para ibu membantu dengan cara menyediakan camilan saja, ya? Hahahaha.”
(Semua orang tertawa)

Tentukan kata-kata kunci yang terdapat dalam iklan di atas.
Kata Kunci
  1. Demam Berdarah
  2. 3M Plus
  3. Nyamuk

Buatlah sebuah iklan elektronika seolah-olah contoh di atas dengan tema upaya menjaga kesehatan. Lakukan secara berkelompok. Tentukan kata-kata kunci dari iklan tersebut. Tampilkan di depan kelas dan mintalah sahabat-teman untuk secara interaktif menentukan kata kunci dari iklan yang kamu buat.
Iklan Elektronik
Iklan Elektronik Upaya Menjaga Kesehatan
Tiga orang siswa kelas V tampak sedang asyik mngobrol di luar kelas dikala waktu istirahat. Ketiga anak tersebut yaitu Anto, Budi, dan Wawan.
Anto :“Hidup sehat bukan berarti tidak pernah sakit. Tapi berusaha sebaik mungkin untuk tetap menjadi sehat.”
Budi :“Apa, To, arti kalimat tersebut?”
Anto :“Artinya kita harus selalu berusaha untuk tetap sehat, misalnya saja organ pencernaan kita. Pencernaan kita menyerupai dapur di rumah kita yang menyiapkan seluruh kebutuhan badan. Kendati makanan yang kita konsumsi serba lengkap, namun zat gizi yang terkandung dalam sajian harian menjadi tidak lengkap terserap oleh tubuh bila kerja pencernaan terganggu.”
Wawan :“Oh, begitu, kemudian bagaimana cara menjaga kesehatan organ pencernaan?"
Anto :“Baik, mudah kok. Pertama, kunyah kuliner dengan baik, Kedua onsumsi kuliner berserat, Ketiga minum 8 gelas air sehari, Kempat, hindari makanan dan minuman yang hambar, Kelima, makan secara teratur, dan terakhir olahraga teratur."
Budi :“Banyak banget seolah-olah itu, kok mudah To?”
Anto :“Maksud aku mudah mengucapkannya, aku sendiri belum pernah mencobanya. Hahahaahhahah....?”
(Anto tertawa sambil meninggalkan dua orang sahabatnya yang masih termangu)
Budi dan Wawan :(bersamaan)
“Sialan.....”

Kata Kunci
  1. Menjaga kesehatan
  2. Organ pencernaan
  3. Sehat

0 Response to "Iklan Elektronik Upaya Menjaga Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel