Advertising 468 x 60

Urutan Proses Pencernaan Pada Hewan Sapi

Hewan ruminansia yaitu kelompok binatang mamalia yang biasa memamah (memakan) dua kali dan dikenal dengan hewan memamah biak. Contoh hewan ruminansia ialah sapi, kerbau, rusa, domba, kambing, dan kijang.

Sistem pencernaan binatang ruminansia lebih kompleks dibandingkan pencernaan binatang lainnya. Pada hewan ruminansia terdapat empat pecahan lambung dengan fungsi yang spesifik. Selain itu, pencernaan kuliner pada binatang ruminansia dibantu oleh beberapa mikrob (bakteri dan protozoa). Mikrob tersebut mampu membantu mencerna rumput

Sistem pencernaan hewan ruminansia dikategorikan sebagai salah satu sistem pencernaan binatang yang cukup unik. Makanannya yang berupa rumput atau tumbuhan sehingga tersusun atas banyak materi selulosa yang sulit dicerna membuat sistem pencernaan pada hewan ruminansia mempunyai struktur khusus.

Berbeda dengan sistem pencernaan pada binatang karnivora dan omnivora, binatang-hewan yang tergolong ruminansia murni seakan-akan sapi, kambing, kelinci, dan domba dapat mengunyah kulinernya hingga dua fase.

Diagram di bawah ini menjelaskan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia (sapi). Berdasarkan keterangan yang telah kau pelajari, lengkapilah diagram berikut.
Pencernaan Sapi
No.Nama OrganKeterangan
1.MulutDalam rongga mulut hewan ruminansia, terdapat 2 organ sistem pencernaan yang memiliki fungsi penting, yaitu gigi dan pengecap. Gigi ruminansia berbeda dengan susunan gigi mamalia lain.
2.EsofagusEsofagus atau kerongkongan adalah terusan organ penghubung antara rongga lisan dan lambung. Di kanal ini, kuliner tidak mengalami proses pencernaan.
3.RumenTempat terjadinya pencernaan dengan donasi mikroba (bakteri). Di sini makanan dicerna sampai menjadi bubur dengan gerakan mengaduk yang dilakukan oleh dinding rumen.
4.MulutPada ketika sapi beristirahat, makanan kembali ke mulut dan dikunyah
kembali. Setelah dikunyah untuk yang kedua kalinya, kuliner masuk ke retikulum (perut jala).
5.RetikulumDi dalam retikulum, makanan kembali mengalami proses fermentasi dengan donasi bakteri anaerob dan protozoa. Di dalam potongan perut ini, terjadi proses perembesan dan penyaringan benda-benda gila yang masuk bersama kuliner sehingga tidak masuk ke omasum (perut kitab).
6.OmasumDi dalam omasum, makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan. Selanjutnya, kuliner masuk ke abomasum.
7.AbomasumPerut penggalan inilah yang bekerjsama disebut dengan lambung. Di sini makanan dicerna dengan donasi enzim pencernaan pepsin yang dihasilkan oleh abomasum.
8.Usus Halus dan AnusSetelah makanan telah halus, dari ruang abomasum makanan tersebut lalu didorong masuk ke usus halus. Di organ inilah sari-sari kuliner diserap dan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Selanjutnya ampas atau sisa makanan keluar melalui anus. 

Setelah melewati seluruh proses pencernaan makanan di dalam abomasum, kuliner bergerak menuju usus halus. Panjang usus halus seekor sapi akil balig cukup akal mampu mencapai 40 meter. Di dalam usus halus, terjadi proses absorpsi dan fermentasi. Selanjutnya, sisa-sisa kuliner akan dikeluarkan melalui anus

Ayo Berkreasi
Setelah melengkapi diagram di depan, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat orang. Gambarlah hewan sapi seolah-olah di bawah ini pada kertas gambar ukuran A3. Buatlah gambar sebaik mungkin lalu lengkapi gambar tersebut dengan hal-hal berikut.
  1. Memberi nama setiap serpihan organ pencernaan pada hewan sapi.
  2. Memberi tanda panah (gunakan warna merah) untuk menggambarkan perjalanan kuliner pada sistem pencernaan sapi.
  3. Warnai gambarmu sebaik dan semenarik mungkin.
Hewan Sapi
Hargailah hasil karyamu dan berbanggalah bahwa kau telah berhasil bekerja sama dan menghasilkan karya yang indah dan bermanfaat

0 Response to "Urutan Proses Pencernaan Pada Hewan Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel