Advertising 468 x 60

Udara Bersih bagi Kesehatan

Manusia tidak bisa hidup tanpa menghirup udara atau oksigen kedalam tubuh mereka. Manusia sangat membutuhkan udara. Akan tetapi udara yang seolah-olah apakah yang diharapkan untuk manusia.? Pastilah udara yang higienis dan sehat dengan konsentrasi O2 yang begitu besar. Udara yang higienis mampu kita peroleh jika kita tinggal di kawasan yang higienis pula.

Udara di perlukan oleh setiap makhluk hidup untuk bernafas. Udara yang di hirup berupa oksigen dan di keluarkan dalam bentuk karbon dioksida. Udara bisa saja tercemar akibat beberapa hal salah satunya adalah yang dikenal dengan polusi udara.

Polusi udara disebabkan lantaran pencemaran yang disebabkan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Contohnya pembakaran hutan yang tidak di kontrol dapat mengakibatkan asap yang mencemari udara. Akibatnya pasokan oksigen untuk bernafas berkurang karena lingkungan sekitar lebih banyak karbon dioksida hasil pembakaran hutan. Biasanya pelaku pembakaran hutan akan diberikan hukuman tegas oleh pemerintah setempat biar tidak mengulangi lagi aktivitas yang merugikan tersebut.
Udara Bersih dan Kesehatan

Perhatikan gambar di atas.
  1. Makhluk hidup apa sajakah yang kau lihat pada gambar tersebut? apakah ada burung? (Manusia, kambing, ayam, itik)
  2. Apa perbedaan semua makhluk hidup
  3. pada gambar itu?(Perbedaan dari anggota badan, cara berjalan, jenis makanan, tempat hidup, dan sebagainya)
  4. Apa pula persamaannya?(Membutuhkan kuliner, bernapas, tempat tinggal, dan sebagainya)
  5. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?(Ya, semua makhluk hidup membutuhkan oksigen)
  6. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup? (Proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup berbeda-beda)
  7. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga? (Ketersediaan oksigen mampu terjaga bila kita melestarikan lingkungan dengan menanam tumbuhan hijau)
  8. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat?(Ada banyak bentuk tanggung jawab kita terhadap masyarakat. Salah satunya ialah menjaga lingkungan demi tetap tersedianya oksigen)

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, kemudian mengganti airnya dengan air higienis. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.

Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan dikala verbal ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.
  1. Siapa yang memiara ikan hias? (Dayu)
  2. Apa nama jenis ikan hias yang dipiara? (Ikan Mas Koki)
  3. Di mana ikan hias itu dipiara? (Akuarium)
  4. Kapan akuarium dibersihkan? Seminggu sekali)
  5. Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ika hiasnya?
  6. Kapan ikan hias itu diberi makan? (Setiap pagi)

0 Response to "Udara Bersih bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel