Advertising 468 x 60

Laporan Pengamatan Bacaan Teks Mengenal Wortel

Sayuran termasuk daftar kuliner yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh badan untuk memperlancar proses pencernaan. Banyak sekali jenis sayuran yang dapat kita pilih untuk dikonsumsi, baik untuk dimasak, dimakan sebagai lalap, maupun dibentuk menjadi jus. Dibuat seakan-akan apa pun, kita masih tetap mampu mencicipi manfaat sayuran bagi kesehatan kita.

Salah satu teladan sayuran yang bermanfaat yaitu wortel. Wortel baik untuk kesehatan mata lantaran memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi. Lalu, seakan-akan apakah acara petani wortel yang berada di balik tumbuhan yang memiliki kegunaan ini? Gede Suardana adalah salah satu petani wortel di Desa Batunya, Kabupaten Tabanan, Bali yang membudidayakan wortel jenis lokal. Suardana memaparkan, selama era tanam, para petani rutin memberikan pupuk pada awal periode tanam. Menurutnya sumbangan pupuk di awal kurun tanam sangat kuat terhadap perkembangan tanaman. Pupuk yang mereka gunakan adalah pupuk organik.

Hasil pertanian wortel lokal juga lumayan. Gede Suardana menjelaskan bahwa ia sanggup memperoleh omzet sebesar 2 juta rupiah per bulan dengan harga jual perkilogram sebesar Rp7.000,00. Untuk pemasaran, Suardana menjelaskan bahwa dia membawa wortel-wortelnya tersebut ke Pasar Baturiti Tabanan. Di sana, dia bertemu dengan pengepul sayur yang kemudian mendistribusikan wortel-wortelnya ke beberapa kawasan di Pulau Bali.
Teks Mengenal Wortel
Dalam dunia usaha pertanian, ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, ialah pemasok, petani yang bersangkutan, dan agen yang membeli sayur-mayur atau buah-buahan dari petani. Ada pula penjual sayur yang secara langsung membeli sayuran dari petani dan menjualnya secara berkeliling.

Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, identifikasikan:
  1. Interaksi insan dengan lingkungan alam sekitarnya.
  2. Interaksi manusia dengan lingkungan sosial.
  3. Keberagaman yang dapat kamu temukan di dalam kisah yang disajikan
KegiatanInteraksi
Lingkungan Hidup
Interaksi Sosial
Budidaya Tanaman WortelSelama abad tanam, para petani rutin menyampaikan pupuk pada awal kala tanam.Suardana bertemu dengan pengepul sayur yang kemudian mendistribusikan wortel-wortelnya ke beberapa kawasan di Pulau Bali.
Gede Suardana ialah salah satu petani wortel di Desa Batunya, Kabupaten Tabanan, BaliAda tiga pihak yang selalu bekerja sama, yakni pemasok, petani yang bersangkutan, dan distributor
Untuk pemasaran, Suardana menjelaskan bahwa beliau membawa wortel-wortelnya tersebut ke Pasar Baturiti TabananPenjual sayur yang secara eksklusif membeli sayuran dari petani dan menjualnya secara berkeliling.

Keberagaman yang ada dalam teks di atas yaitu keberagaman jenis pekerjaan.

Buatlah dalam sebuah bentuk laporan sederhana.
Format laporan sederhana yang bisa kamu pergunakan ialah:
  1. Judul laporan
  2. Tujuan laporan
  3. Hasil identifikasi (gunakan identifikasi bacaan yang diminta sebelumnya)
  4. Kesimpulan dari bacaan tersebut.
Laporan Hasil Pengamatan Bacaan
Judul Laporan :Laporan Pengamatan Bacaan "Mngenal Wortel"
Tujuan Laporan :Mengetahui manfaat tanaman wortel
Hasil Pengamatan :Sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Salah satu teladan sayuran yang bermanfaat ialah wortel. Wortel baik untuk kesehatan mata lantaran memiliki vitamin A dan betakaroten yang tinggi.

Gede Suardana petani wortel di Desa Batunya, Kabupaten Tabanan memaparkan bahwa menyampaikan pupuk organik pada awal kala tanam sangat berpengaruh terhadap perkembangan tumbuhan.

Gede sanggup memperoleh omzet sebesar 2 juta rupiah per bulan. beliau membawa wortel-wortelnya tersebut ke Pasar Baturiti Tabanan dan bertemu dengan pengepul sayur.

Dalam dunia perjuangan pertanian, ada tiga pihak yang selalu bekerja sama, ialah pemasok, petani yang bersangkutan, dan agen.
Kesimpulan:Wortel merupakan sayuran yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar pencernaan. Budidaya tanaman wortel yang baik akan menghasilkan wortel  yang elok dan menambah penghasilan para petani.

0 Response to "Laporan Pengamatan Bacaan Teks Mengenal Wortel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel