Advertising 468 x 60

Cara Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain mampu dilihat dari aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada aktivitas produksi, orang yang terlibat yaitu tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar acara produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen.

Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari acara penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh laba. Contoh distributor ialah biro, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen ialah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara pribadi atau melalui kiprahtara (distributor). Ketiga pelaku acara ekonomi tersebut akan saling bekerjasama membentuk arus iagram ekonomi.

Coba temukan kiprah produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia. Selanjutnya, bahaslah bersama sahabat dan gurumu di kelas!
No.Pelaku EkonomiPeran
1.Produsen
  1. Penghasil barang dan jasa.
  2. Sebagai pengguna jasa-jasa produksi seakan-akan tenaga kerja, usaha, tanah untuk modal dan tenaga mahir sebagai pemimpin perusahaan
  3. Membayar pajak kepada negara sebagai kompensasi kepada negara.
2.Konsumen
  1. Menyediakan faktor-faktor produksi seperti uang, tanah, tenaga kerja dan modal.
  2. Konsumen berperan sebagai pemakai barang-barang produksi.
  3. Sebagai penyalur barang dan jasa.
  4. Membayar pajak kepada pemerintah atau negara misalnya saja pajak pertambahan nilai.
3.Distibutor
  1. Membeli barang dan jasa dari produsen atau pedagang yang lebih besar.
  2. Memperkenalkan barang atau jasa yang diperdagangkan kepada konsumen, misalnya dengan reklame atau iklan.
  3. Sebagai penyalur barang dan jasa.

Setiap pelaku aktivitas ekonomi memiliki kiprah masing-masing yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, insan berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, insan akan bekerjasama atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk
ekonomi, manusia akan melaksanakan acara ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, insan hendaknya mempunyai akhlak moral. Dengan akhlak moral, manusia mampu menghargai setiap acara ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.

Proses menghasilkan pakaian membutuhkan waktu yang lama. Untuk membuat pakaian produsen pakaian membutuhkan bahan baku berupa kain dan benang. Kain mampu diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Kemudian benang ditenun di pabrik tenun sampai menjadi kain. Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh penjahit.

Begitulah proses panjang produksi pakaian. Banyak pihak yang terlibat dalam proses produksi ini. Ada petani tumbuhan kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Begitu panjangnya proses produksi ini hendaknya kita perlu menghargai acara perjuangan ekonomi orang lain.

Meskipun terlihat sederhana, bayangkan jasa penjual tanaman tersebut. Dia menyediakan bibit-bibit aneka tanaman yang akan tumbuh menghijaukan dan memperindah lingkungan. Daun-daun hijau tumbuhan-tanaman itu akan menyediakan banyak oksigen buat kita. Dengan oksigen yang selalu tersedia maka kesehatan kita akan terjaga. Sekarang kau tahu kan, betapa besar jasa penjual bibit tumbuhan tersebut?
Kegiatan Usaha Ekonomi
Menjadi seorang penjual bibit tanaman merupakan salah satu kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kamu telah memahami acara ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melaksanakan aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda, setiap aktivitas usaha ekonomi harus kita hargai.

Bagaimana cara kita menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi antara lain sebagai berikut.
  1. Menumbuhkan persaingan perjuangan yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
  2. Menghormati perjuangan ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
  3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
  4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan menjiplak perilaku kasatmata orang tersebut.

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui cara menghargai aktivitas perjuangan ekonomi orang lain. Amati kegiatan perjuangan ekonomi di sekitar daerah tinggalmu! Bagaimana perilaku pelaku perjuangan ekonomi dalam menjalin korelasi dengan pesaingnya? Apakah terjalin perilaku saling menghargai satu sama lain?
Dalam menjalankan kegiatan usaha ekonomi, setiap orang harus melaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dengan penerapan tanggung jawab dapat terjalin kerukunan dan persaudaraan antarwarga masyarakat. Penerapan tanggung jawab juga mampu menciptakan ketertiban, keamanan, dan ketenangan dalam masyarakat.

0 Response to "Cara Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel