Advertising 468 x 60

Berlatih Membuat Gambar Cerita

Gambar dongeng yaitu gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi dari gambar dongeng ialah memperjelas alur atau isi dongeng, memperjelas isi pesan. Bentuk suatu obyek gambar cerita mampu berupa gambar manusia, tumbuhan dan hewan. Gambar-gambar tersebut mampu bangun sendiri atau bisa campuran dari aneka macam obyek yang berbeda. Obyek sebuah gambar dongeng disesuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat.

Gambar kisah memudahkan pembaca untuk memahami suatu kisah, tulisan, maupun gosip lainnya. Seperti pola komik dan karikatur. Fungsi dari gambar kisah ini bisa dimanfaatkan untuk menghidupkan kisah. Gambar kisah yang baik merupakan ilustrasi yang mampu merangsang serta membantu pembaca untuk berimajinasi wacana kisah, Apa saja yang prlu dipersiapkan sebelum mmbuat gambar crita?

1. Persiapan Bahan dan Alat
Sebelum menyiapkan bahan dan alat, sebaiknya kamu tentukan dahulu jenis teknik yang akan kamu gunakan, teknik lembap atau teknik kering? Setelah itu, persiapkan alat dan bahannya sesuai teknik yang dipakai.

Ada dua macam teknik pewarnaan, yaitu pewarnaan lembap dan pewarnaan kering. Teknik pewarnaan lembap ialah pewarnaan memakai media yang memerlukan pengencer, misalnya tinta, cat air, atau cat minyak. Sebaliknya, teknik pewarnaan kering ialah pewarnaan menggunakan media yang tidak memerlukan materi pengencer, misalnya pensil warna, krayon, atau oil pastel.

2. Pembuatan Sketsa
Setelah menentukan tema langkah, selanjutnya adalah menciptakan bagan. Sketsa sebaiknya dibentuk lebih dari satu biar kita dapat menentukan yang terbaik.

3. Penyempurnaan Gambar
Dari beberapa skema yang dibentuk dapat dipilih satu bagan yang menurutmu paling baik. Kemudian, sempurnakan dengan menghapus garis-garis yang tidak perlu dan menambah garis atau coretan yang
dirasa perlu semoga gambar tampak lebih hidup. Jika sudah mantap warnai gambarmu dengan baik.

Rangkaian gambar berikut merupakan gambar dari sebuah kisah tentang seorang anak yang tidak mau bekerja sama dengan sahabatnya dalam merampungkan peran mewarnai. Saat melihat sahabat-teman lain telah merampungkan peran, si anak mau bekerja sama untuk segera menyelesaikan tugas. Perhatikan gambar sebelum diwarnai dan sehabis diwarnai.

Membuat Gambar Cerita




Perhatikan gambar-gambar di atas. Gambar-gambar sebelah kiri merupakan gambar sketsa yang telah disempurnakan. Gambar-gambar sebelah kanan merupakan gambar-gambar yang telah diwarnai. Pada halaman berikut, kau akan melihat gambar yang diwarnai telah disusun menjadi kisah dengan ditambahkan teks dongeng.
Akibat Tidak Bekerja Sama
Dalam cerita bergambar di atas terdapat contoh perilaku bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Sikap bertanggung jawab memang harus dilatih semenjak kecil supaya menjadi kebiasaan hingga kita cukup umur nanti.

0 Response to "Berlatih Membuat Gambar Cerita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel