Advertising 468 x 60

Ide Pokok Teks Penyandang Cacat yang Sukses

Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Nama lain pandangan baru pokok antara lain pokok pikiran, pikiran pokok, gagasan utama, gagasan pokok, dan pikiran utama. Cara sederhana untuk menentukan inspirasi pokok mampu dengan mengajukan pertanyaan “paragraf tersebut membahas wacana apa?”.

Untuk mampu menentukan ilham pokok suatu paragraf tentunya harus membaca setiap paragraf dalam bacaan dengan cermat. Cermati kalimat pertama hingga terakhir. Apakah kalimat pertama mengandung ide pokok atau wangsit penjelas? Apakah kalimat kedua yang mengandung ide pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga kita menemukan inspirasi pokok paragraf. Ide pokok sebagai inti paragraf terletak dalam kalimat utama.

Kalimat utama mampu terletak di awal, akhir, awal dan balasan, atau seluruh paragraf.  Teks Penyandang Cacat yang Sukses mampu dibaca pada Subtema 2: Manusia dan Lingkungan halaman 69 dan 70. Berikut ide pokok dari tks tersebut.

Penyandang Cacat yang Sukses
Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan. Dia tak mempunyai kedua kaki mulai dari pangkal paha. Boleh dibilang, tubuhnya hanya separuh. Sebelum menggunakan bangku roda, ia mengayunkan dua tangan guna menyeret badannya untuk berjalan.
sIDIK
Meski tubuhnya tak sempurna, semenjak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain. Ia selalu berusaha melakukan semua acaranya sendiri. Dia juga tidak mau dipapah atau digendong.

dan seterusnya.......
No.ParagrafIde Pokok
1.PertamaSidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan, ia tak mempunyai kedua kaki mulai dari pangkal paha.
2.KeduaMeski tubuhnya tak sempurna, semenjak kecil Sidik tidak mau merepotkan orang lain
3.KetigaSetelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tapi tak menghasilkan bahan berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain.
4.KeempatModalnya ketika itu bantuan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.
5.KelimaIa juga sudah punya merek lengkap dengan cap di pembungkus produknya.
6.KeenamBeruntung ada seorang pengusaha lokal yang melihat kegigihan Sidik dan balasannya menyumbangkan sebuah sepeda motor untuk operasional usaha.
7.KetujuhSaat ini Sidik terus berbagi pemasaran produknya
8.KedelapanKini, dari hasil perjuangannya Sidik mengantungi laba berkisar 1 hingga 2 juta rupiah perbulan.

Ayo Renungkan
1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan wangsit pokok berikut ini.
Paragraf 1 : Makan sayur menciptakan sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam yaitu sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat yaitu yang bebas dari pestisida

Makan sayur membuat sehat. Sayur-sayuran memang kaya akan vitamin dan mineral yang semuanya penting untuk tubuh. Semakin banyak makan sayuran, maka semakin besar kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit. Makan sayuran adalah sebuah keharusan bagi yang sadar akan pentingnya kesehatan.

Aku gemar makan sayur. Dulu, sebelum tahu manfaat sayuran memang aku kurang menyukai sayuran. Namun sesudah mengetahui jikalau sayuran tersebut menciptakan tubuh menjadi sehat kekurangsukaanku terhadap sayuran berubah. Sekarang malah sebaliknya aku jadi sangat senang makan sayuran.

Sayur bayam adalah sayur kesukaanku. Dari sekian banyak jenis sayuran yang ada bayam merupakan sayuran yang paling kusukai. Tidak salah kalau tokoh kartun Popeye juga menjadi kuat sehabis makan bayam, alasannya memang kandungan gizi pada bayam demikian banyak.

Sayur yang sehat yaitu yang bebas dari pestisida.  Petani sayur biasanya memakai pestisida untuk membudidayakan tanaman sayur mereka. Pestisida tidak baik untuk kesehatan, untuk itulah pintar-pandai memilih sayuran yang bebas pestisida.

Demikian tulisan ihwal Ide Pokok Teks Penyandang Cacat yang Sukses. Berbagai aktivitas dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya itu tidak terlepas dari karunia Tuhan yang menyampaikan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi penggalan-bagian tubuh kita.

2 Responses to "Ide Pokok Teks Penyandang Cacat yang Sukses"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel