Advertising 468 x 60

Ide Pokok Teks Gerak Kupu-Kupu

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ilham pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di balasan paragraf.

Fungsi wangsit pokok yaitu sebagai gagasan utama yang akan dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Dengan menemukan ide pokok, pembaca sudah memahami hampir seluruh isi bacaan. Selain itu juga emudahkan dan mempercepat membaca sebuah bacaan. Perhaikan gambar di bawah ini.
Kandang Kelinci
Ayo Berkreasi
Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah kisah tertulis dari gambar tersebut. Buatlah kisah minimal tiga paragraf. Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kau kembangkan dalam cerita.
ParagrafIde Pokok
1.Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi
2.Edo segera membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci
3.Kandang kelinci diberihkan biar kelinci terhindar dari penyakit.
4.Saat membersihkan sangkar kelinci dikeluarkan dari sangkarnya. 
5.Kandang yang bersih dan sehat akan membuat kelinci nyaman.

Edo berkunjung ke rumah Pak Rudi. Pak Rudi ialah peternak kelinci yang sukses di kampungnya. Kandang kelincinya sangat luas, terletak di pekarangan belakang rumah. Ketika Edo datang ke rumah Pak Rudi kebetulan sekali ia sedang membersihkan sangkar kelinci miliknya.

Edo segera membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Sisa-sisa makanan kelinci yang berupa daun-daunanan dimasukan ke dalam keranjang sampah kemudian dibuang ke dalam bak sampah yang ada.

Kandang kelinci diberihkan supaya kelinci terhindar dari penyakit. Bagi kelinci kandang merupakan rumah bagi mereka. Layaknya insan pun akan hidup sehat, bahagia dan sejatera apabila rumah yang ditinggali nyaman dan sehat.

Saat membersihkan sangkar kelinci dikeluarkan dari sangkarnya. Kelinci ditempatkan di sangkar kecil  yang bisa dipindah-pindah atau tempat lain yang kondusif. Membersihkan sangkar praktis dilakukan jikalau kelinci dikeluarkan terlebih dahulu.

Kandang yang bersih dan sehat akan membuat kelinci nyaman. Kandang yang sehat ialah kandang yang senantiasa bersih dan cukup ventilasi. Kandang yang terawat akan membuat kelinci tetap nyaman tinggal di dalam kandang dan berkembangbiak dengan baik pula.

Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui acuan binatang yang termasuk avertebrata, ialah siput. Berikut teladan lain hewan yang juga termasuk avertebrata, ialah kupu-kupu.

Gerak Kupu-Kupu
Kupu-kupu adalah hewan yang lucu. Warnanya indah dan menarik. Banyak orang menyukainya. Dia terbang dan hinggap pada bunga-bunga. Badannya kecil, namun memiliki sayap yang lebar. Sukakah kamu pada kupu-kupu?

Kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu memiliki organ gerak yang sama seakan-akan serangga-serangga lainnya. Salah satu organ gerak yang istimewa dari kupu-kupu dan serangga lainnya ialah sayap. Dengan sayap ini, maka menjadikan serangga sebagai satu-satunya hewan avertebrata yang mampu terbang.

Tahukah kamu, sayap kupu kupu yang indah bahu-membahu transparan? Lalu kenapa terlihat berwarna-warni? Sayap kupu-kupu terlihat warna-warni lantaran perbedaan kecerahan pada setiap lapisan tipisnya.

Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa. Kupu-kupu bisa terbang sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat ketika ekspresi dominan acuh taacuh tiba. Kupu-kupu akan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba. Meskipun demikian, kupu-kupu tidak mampu terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.
ParagrafIde Pokok
1.Kupu-kupu yaitu hewan yang lucu.
2.Kupu-kupu termasuk hewan serangga.
3.Tahukah kau, sayap kupu kupu yang indah sebetulnya transparan?
4.Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa

0 Response to "Ide Pokok Teks Gerak Kupu-Kupu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel