Advertising 468 x 60

Ciri Manfaat dan Akibat Adanya Kerukunan Hidup.

Kerukunan hidup ialah suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian supaya tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan dalam kehidupan. Agar kerukunan dapat terjadi maka sebaiknya menjaga perilaku yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Kerukunan mrupakan suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian biar tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan.

Istilah rukun mempunyai arti tenang dan bersatu hati. Kerukunan yaitu sikap saling mengakui, menghargai, toleransi yang tinggi dalam masyarakat sehngga mampu hidup rukun, tenang dan berdampingan.

Di lingkungan rumah,hidup rukun dilakukan antara anggota keluarga. Dalam anggota keluarga ada orang bau tanah dan bawah umur. Orang bau tanah menyayangi belum dewasa. Anak-anak menghormati orang bau tanah. Penerapan hidup rukun di rumah dilakukan dalam banyak acara misalnya: hormat dan patuh kepada orang bau tanah, makan bersama keluarga, mencar ilmu bersama keluarga , bermain bersama keluarga dan mengerjakan pekerjaan rumah dengan bergotong royong.

Di lingkungan sekolah hidup rukun dilakukan antara warga sekolah. Guru-guru mengasihi siswa,dan siswa menghormati guru-guru. Mereka saling menghormati dan menyayangi. Penerapan Hidup Rukun di Sekolah seakan-akan hormat dan patuh kepada guru, bermain bersama teman sekolah, suka menolong teman sekolah, mencar ilmu bersama teman sekolah.

Di lingkungan masyarakat hidup rukun dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Anggota masyarakat dapat berasal dari agama dan suku yang berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun,dan harus saling membantu dan menolong.  Penerapan hidup rukun di dalam masyarakat  seperti Saling membantu dan menolong. Saling bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dan Saling bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan

A. Ciri Hidup Rukun
Dalam khidupan bermasyarakat diharuskan mempunyai sikap toleransi yang tinggi terhadap sesama. Hidup dengan rukun yaitu kunci mempertahankan hubungan baik antar insan. Hidup dengan rukun harus diterapkan baik dalam lingkung keluarga, rumah, sekolah, dan lingkungan kerja. Berikut ciri-ciri keluarga yang hidup rukun.
  1. Membina kekerabatan baik antaranggota keluarga.
  2. Saling menghormati.
  3. Saling menghargai.
  4. Saling menyayangi.
  5. Jika ada masalah, dikomunikasikan dengan baik dan jelas terlebih dahulu
  6. Menjauhi pertengkaran dan tubruk mulut tiada akibat
  7. Hormat dan menghargai sesama anggota keluarga.
Kerukunan
B. Manfaat Hidup Rukun
Hidup rukun di dalam suatu keluarga atau pun masyarakat memberikan manfaat yang luas. Hidup rukun di dalam suatu keluarga dan juga masyarakat memang sangat penting karena di dalam menjalani hidup, manusia sendiri sebagai makhluk sosial yang membutuhkan donasi dari keluarga serta masyarakat itu sendiri. Kehidupan bermasyarakat yang rukun akan menyampaikan manfaat pada insan sebagai makhluk sosial, berikut ini beberapa diantaranya :
  1. Tidak adanya pertengkaran.
  2. Hidup dalam keluarga menjadi harmonis.
  3. Hidup menjadi kondusif.
  4. Hidup menjadi tenteram dan damai.
  5. Memperkokoh persatuan dan kesatuan

C. Akibat Jika Tidak Ada Kerukunan
Kerukunan di lingkungan keluarga dan Masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Diharapkan krukunan di lingkungan keluarga atau masyarakat akan mencegah semua anggota keluarga dari pengaruh negatifnya.  Berikut akibat yang terjadi bila tidak terjadi kerukunan hidup bermasyarakat.
  1. Mudah terjadi pertengkaran atau perselisihan.
  2. Kehidupan menjadi tidak tenteram.
  3. Mudah terkena hasutan orang lain.
  4. Terjadi perpecahan karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Pada intinya kerukunan harus tetap dijaga meski terdapat banyak perbedaan, baik itu perbedaan suku, agama, ras, dan budaya

0 Response to "Ciri Manfaat dan Akibat Adanya Kerukunan Hidup."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel