Advertising 468 x 60

Ciri Campuran Homogen dan Campuran Heterogen

Campuran ialah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi gabungan homogen dan adonan heterogen. Campuran homogen merupakan adonan yang zat penyusunnya tercampur tepat. Pada adonan homogen, zat penyusunnya
tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada adonan heterogen, zat penyusunnya masih mampu dibedakan. Contoh: gabungan air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Termasuk campuran heterogen atau gabungan homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.

1. Sirop
Air sirop merupakan adonan atas tiga bahan atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan gabungan ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak mampu dipisahpisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Kaprikornus, air sirop termasuk bahan gabungan homogen.
Sirop dan Kopi
2. Air Kopi
Air kopi debu merupakan adonan atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Makara, air kopi termasuk materi adonan heterogen.

Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen mampu dibentuk kesimpulan sebagai berikut.
  1. Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
  2. Campuran mampu dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
  3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
  4. Sifat adonan sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.

Ayo Berdiskusi
Setelah memahami komponen penyusun gabungan. Pada dasarnya, komponen penyusun adonan mampu berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa.

Ketika menciptakan minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu abu yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan adonan. Jadi, gabungan dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kau tuliskan beberapa jenis adonan (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun gabungannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri gabungan tersebut. Diskusikan bersama sahabat satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel seolah-olah teladan berikut.
No.Jenis CampuranKomponen Penyusun CampuranSifat Campuran
1.KuninganTembaga dan SengCampuran terdiri dari dua unsur
2.PerungguTembaga dan TimahCampuran terdiri dari dua unsur
3.Air siropAir mineral, gula, dan sari buahCampuran terdiri dari 2 senyawa (Air dan gula) dan 1 adonan (sari buah)
4.Air KopiAir, abu kopi, dan gula pasirCampuran terdiri dari 2 senyawa senyawa (air dan gula), dan 1 adonan (bubuk kopi)
5.Teh ManisAir, Teh dan GulaCampuran terdiri dari 2 senyawa (air dan gula), dan 1 Campuran (Teh)
6.Minuman RinganAir, tambahan, pewarna dan gas KarbondioksidaCampuran terdiri dari 2 senyawa (air dan karbondioksida), 1 campuran (pemanis).
7.Es KrimAir, Susu, GulaCampuran terdiri dari 2 senyawa (air dan Gula), dan 1 Campuran (susu)

0 Response to "Ciri Campuran Homogen dan Campuran Heterogen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel