Advertising 468 x 60

- Teknik Link Building - 8 Kategori Cara mendapatkan Backlink yang masih diperdebatkan di kalangan blogger

Cara mendapatkan Backlink
Ada banyak cara untuk menerima backlink, dari yang paling praktis sampai yang paling sulit. Dari yang gratisan sampai yang berbayar. Untuk blogger pemula bangunlah backlink dari yang paling simple.. yang rumit-rumit abaikan dulu..

Teknik Link Building


Kenapa setiap master (pakar SEO) beda-beda tekniknya mas ?

Itulah uniknya SEO… ada seni nya sob.. kita dituntut untuk uji coba trial dan erorr menemukan formula yang tepat membangun blog. Perbedaan dan perdebatan  jangan dijadikan alasan untuk tidak mempelajarinya. Pelajari semuanya..

Baca juga : Belajar SEO: Apa itu SEO? 

Berikut yaitu 8 kategori cara mendapatkan backlink yang masih banyak digunakan dan diperdebatkan di kalangan blogger.

1. Spam komentar di blog

Berkomentar itu boleh-boleh saja sob.. Cuma harus relevan dengan isi blog yang sobat kunjungi. Kalau blog yang dikunjungi berisi artikel kecantikan yaa berkomentarlah tentang kecantikan jangan yang lain.
Yang termasuk spam komentar :
  • Meninggalkan link aktif yang tidak relevan dengan blog yang dikunjungi
  • Sedikit komentar tapi meninggalkan banyak link aktif
  • Promosi barang atau jasa
  • Minta kunjungan balik

2. Spam di semua lembaga

Ini juga gak jauh beda dengan spam di blog. Di forum aturannya lebih ketat karena ada admin yang selalu mengawasi. Kalau teman baru gabung dan melaksanakan tindakan spam (terutama promosi) umumnya eksklusif dikeluarkan lantaran hukum forum sudah terang diawal. Kecuali kalau ada admin forum yang bijaksana biasanya akan diingatkan dulu. Kalau masih nakal spam gres tuh.. kick permanen..

3. Membangun Private Blog Network (PBN)

PBN yaitu kumpulan beberapa blog atau website yang sengaja dibentuk untuk menunjang (mempromosikan) blog utama. Manfaat dengan menciptakan PBN ini untuk meningkatkan peringkat website di halaman pertama mesin pencari (google).
Membangun PBN ini memang tidak simpel sehinga muncul jasa-jasa SEO yang memperlihatkan pembuatan PBN dengan harga yang lumayan mahal. Kalaupun ada jasa SEO yang murah meriah hati-hati sob… biasanya PBN dengan kualitas rendah.

4. Linkwheel, Link Tier atau Pyramid Link

Linkwheel yaitu salah satu teknik SEO yang menghubungkan halaman  website menuju sebuah website utama malalui link yang membentuk pola seperti roda. Jadi ada website utama yang ditunjang oleh banyak link seperti jari-jari pada sebuah roda kendaraan.
Sedangkan Link tier atau lebih dikenal pyramid link dibangun dengan contoh bertingkat mirip sebuah piramida (mengerucut).

5. Guest blog secara massal

Guest blog atau menjadi tamu di blog  itu ada etikanya sob.. kebanyakan blogger pemula menimbulkan blog orang lain sebagai media untuk promosi link tanpa melihat kualitas website itu sendiri. Blog dengan kualitas rendah jangan dikomentari. Apalagi memberikan link secara massal.  Inilah yang tidak boleh.. jadilah tamu blog yang sewajarnya.. kalau mau promosi produk carilah forum atau komunitas jual beli.

6. Submit artikel ke direktori

Direktori artikel ialah situs yang menyediakan kumpulan artikel-artikel kiriman penulis yang dikelompokan berdasarkan kategori tertentu lalu dishare di situs tersebut.
Pengiriman artikel ke direktori ini umumnya gratis dan akan dishare bila tulisan kita tidak menyalahi hukum yang telah ditetapkan .

Yang jadi kasus ialah kalau situs direktori nya tidak menyeleksi kiriman artikel. Semua artikel kiriman penulis di share di websitenya. Bagus tidak manis dishar, artikel sara juga dishare.

7. Submit ke sosial bookmarking secara massal

Sosial Bookmarking adalah  website yang menyimpan artikel atau alamat link anggotanya. Contohnya lintas.me dan digg.com.

Baca juga : 10 Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula 

8. Membeli backlink (jasa backlink)

Nah.. ini yang paling banyak dilakukan oleh blogger.. membeli atau memakai jasa backlink. Simple gak bikin pusing ngurusin masalah SEO. Tinggal order, bayar dan tunggu laporanya.

Kalau menurut saya pribadi tergantung jasa backlinknya sob.. ada jasa backlink yang benar-benar professional yang mengutamakan kualitas backlink yang dibangunnya.
Jasa seperti ini biasanya ada paket-paket tertentu. Harganya relative mahal untuk ukuran pemula.

Keterangan :
Spam : Penggunaan perangakat (elektronik) untuk mengirimkan pesan secara terus menerus tanpa dikehendaki oleh si akseptor. Orang yang melakukan ini disebut spamer sedangkan tindakanya disebut spamming.
Submit : Menyerahkan, mengajukan atau mengatakan. Dalam dunia blogging submit yang dimaksud yaitu submit artikel atau posting ke mesin pencari biar cepat terindeks (dikenai).

0 Response to "- Teknik Link Building - 8 Kategori Cara mendapatkan Backlink yang masih diperdebatkan di kalangan blogger"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel