Advertising 468 x 60

- Cara Fokus Belajar Agar Mudah dalam Berkonsentrasi

Belajar yaitu kewajiban setiap individu, bahkan ketika gres lahir anda sudah dituntut untuk berguru. Namun saat ini, berguru diidentikkan dengan pelajar ataupun mahasiswa. Sehingga rutinitas mencar ilmu seolah hanya bagi mereka yang berstatus pelajar.

Pernahkah anda merasa kesulitan untuk fokus dalam belajar ? Tentunya pernah bukan, baik karena faktor pikiran, lingkungan sekitar yang bising, atau lantaran menahan lapar. Lalu bagaimanakah cara fokus berguru yang benar, supaya materi yang sedang anda pelajari dapat anda serap dengan baik. Ada beberapa langkah sederhana yang mampu membantu anda agar kembali fokus dalam mencar ilmu.
Cara Fokus Belajar

Cara Fokus Belajar


1. Rapikan meja berguru

Tempat belajar yang acak-acakan tentu akan mengganggu konsentrasi anda dalam mencar ilmu. Langkah pertamanya adalah menciptakan ruangan belajar menjadi nyaman, seolah-olah menyingkirkan barang-barang yang tidak terlalu penting, maupun kertas-kertas yang tidak terpakai dari atas meja mencar ilmu. Keadaan ruang belajar yang awut-awutan, niscayanya akan menciptakan fokus anda terpecah belah. Karena itulah, usahakan ruang berguru selalu higienis dan nyaman, semoga suasana pikiran menjadi hening.

2. Jangan biarkan perut kosong dan menahan lapar

Bisa dipastikan anda tidak akan fokus mencar ilmu ketika perut kosong. Anda akan sulit berkonsentrasi dengan baik lantaran bunyi perut yang menahan lapar.  Karena itu, pastikan sebelum belajar, perut sudah terisi. Akan tetapi jangan terlalu kenyang, lantaran ketika perut terlalu kenyang, anda cenderung akan mengantuk.

Baca juga : Universitas Terbaik di Indonesia

3. Istirahat sejenak

Otak memerlukan waktu untuk beristirahat sehabis banyak menyerap info. Beristirahatlah sekitar 10 menit, sesudah 45 menit mencar ilmu. Usahakan segera kembali berguru, dan jangan istirahat lebih dari 20 menit.

4. Jauhkan gadget

Sebaiknya simpan dan jauhkan gadget dari jangkauan mata dan tangan, ubahlah pengaturan nada dering menjadi silent agar anda tidak terpengaruhi untuk membuka dan memainkannya. Karena konsentrasi akan membuyar ketika sering-sering membuka gadget. Terlebih jikalau berlanjutmembalas pesan teks yang masuk, niscaya akan berlarut-larut dan konsentrasi akan memudar.

5. Aturlah batas waktu mencar ilmu

Hindarilah sistem mencar ilmu kebut semalam, lantaran memaksakan mencar ilmu dalam waktu lama tidaklah baik. Waktu ideal berguru yaitu sekitar 1-2 jam saja, dengan syarat benar-benar fokus pada materi yang dipelajari. Tubuh dan energi akan terkuras, apabila anda memforsir waktu berguru.

6. Menjaga kesehatan dengan berolahraga

Olahraga teratur mampu membantu melancarkan peredaran darah, dan menjaga asupan oksigen ke otak. Sehingga mampu mengaktifkan fungsi otak yang dapat mensugesti konsentrasi yang baik.

7. Konsumsi air putih yang cukup

Ketika tubuh anda kekurangan cairan, maka konsentrasi andapun akan terganggu. Tubuh memerlukan 2 liter air putih dalam sehari. Karena itu, sudah tentu cara fokus belajar adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kaprikornus, usahakan setiap belajar selalu sediakan air putih di meja belajar anda.

Baca juga : Cara Belajar yang Efektif dan terbukti Efisien

8. Siapkan semua keperluan belajar

Sebelum memulai belajar, persiapkan apa saja yang kira-kira diharapkan, seakan-akan alat tulis, buku-buku, dan keperluan lain. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau gara tidak memudarkan konsentrasi, karena harus mencarinya terlebih dahulu. Dengan begitu, anda tidak perlu beranjak dari bangku dan tetap mampu fokus.

9. Dengarkan musik klasik

Sebagian orang membutuhkan musik untuk membantu konsentrasinya dalam belajar. Namun jangan hingga anda lebih fokus ke musik yang anda dengar daripada materi yang harus anda pelajari. Meskipun dapat membantu menenangkan, akan tetapi tetap saja itu menjadi beban otak anda terbagi, antara mendengar dan bahan pelajaran yang sudah ada.

10. Jangan menyimpang

Biasakan untuk belajar secara teratur dan tidak menyimpang dari tujuan, maksudnya selesaikan dahulu 1 materi pelajaran, setelah itu gres pindah kemateri yang lain. Karena mempelajari beberapa materi dalam 1 waktu hanya akan membuat otak lelah, lantaran tidak mampu konsentrasi sempurna.

11. Berilah reward pada diri sendiri dikala berhasil mencapai target belajar

Jangan lupa ketika sasaran berguru tercapai, berikan reward untuk diri sendiri, misalnya menonton film favorit, atau sekedar berjalan-jalan untuk merefresh otak.

Nah, itulah beberapa cara fokus berguru supaya praktis dalam berkonsentrasi. Semoga bermanfaat. [https://siswasiswi.serhamo.net/]

0 Response to "- Cara Fokus Belajar Agar Mudah dalam Berkonsentrasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel