Advertising 468 x 60

- Belajar SEO: Apa itu SEO?

Apa itu SEO?
Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO adalah cara mengoptimasi website atau blog agar menerima peringkat terbaik di pencarian. Terbaik dalam artian website tersebut masuk dalam urutan 10 besar mesin pencari seperti google, bing atau yandex.

Mesin pencari (google, bing atau yandex) mempunyai parameter atau algoritma tertentu untuk mengurutkan sebuah website atau blog berdasarkan rangking. Dengan ilmu SEO yang sobat pelajari berarti teman sedang menyesuaikan atau mengoptimasi website semoga bersahabat dengan algoritma mesin pencari.

Seberapa pentingkah berguru SEO ?


Penting baget sob.. menurut data dari google, website atau blog yang masuk urutan atau peringkat pertama hingga ketiga (3 teratas) memiliki pelung untuk diklik atau dibaca oleh visitor sebanyak 50%. Hal ini membuktikan ilmu SEO sangatlah penting. Dalam kurun digital ini Ilmu SEO merupkan teknik marketing yang sangat ampuh untuk mendongkrak jumlah visitor.

Secara umum berguru ilmu SEO itu dibagi menjadi 2 yaitu :
1. SEO Onpage ( Optimasi di dalam halaman website)
2. SEO Offpage (Optimasi di luar halaman website)

Ada banyak yang harus dipelajari dalam SEO. Tapi setidaknya ada 4 hal pokok yang harus dipahami mengenai SEO ini.

Baca juga : 10 Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula 

1.  Mengoptimasi  atau memaksimalkan halaman website

Hal pertama yang harus dipelajari ialah optimasi halaman website yaitu :
  • Memilih Keyword yang memiliki pencarian dengan volume tertentu
  • Judul Konten atau artikel yang menarik
  • Pemberian URL pada image atau gambar (alt image)
  • Kecepatan template website
  • Meta description pada website
  • Pemberian Internal link dan Outbound link
  • Menu Sosial sharing pada artikel

2. Melakukan riset kata kunci dan menganalisa kompetisi (keyword)

Riset kata kunci ialah  mencari kata kunci pupuler dengan tingkat persaingan yang rendah. Kenapa harus rendah mas ? persaingan yang rendah itu memudahkan sahabat untuk masuk ke halaman pertama pencarian. Kalau mau cari yang tinggi ya gak papa.. Cuma butuh perjuangan yang extra. Untuk yang dah andal sih gak perkara.. kalau pemula mending yang kompetisinya rendah.

3. Membuat posting atau konten yang berkualitas

Setelah riset dan menemukan kata kunci yang tepat, buatlah konten yang lengkap dan berkualitas. Memang sulit bagi yang belum terbiasa tapi disinilah letak persaingan dengan blogger yang lain. Lengkapi artikel dengan gambar, video atau info grafik untuk memperkuat gosip yang disajikan.

4. Membangun internal link

Langkah selanjutnya sehabis artikel dibuat ialah membangun internal link (tautan). Fungsi link ini ialah menghubungan antara satu artikel dengan artikel lainnya yang masih relevan atau satu topik bahasan.

5. Membangun backlink

Backlink yaitu link (tautan) yang mengarah ke website atau blog teman. Simplenya backlink itu alamat (URL) blog sahabat yang dicantumkan di website orang lain. Seperti numpang promosi gitu lo sob..

Seo Off Page
Contoh SEO offpage yaitu Backlink (tautan yang mengarah ke website).
Yang pasti bukan sembarang backlink ya sob.. lantaran hanya backlink yang berkualitaslah yang mampu menaikan posisi website ke halaman pertama mesin pencari. Berikut beberapa faktor penentu kualitas backlink :
  1. Topik yang relevan atau se niche
  2. Reputasi website anggun
  3. Cara menempatkan backlink (contextual link/link dalam teks)
  4. Link Dofollow dan nofollow
  5. Usia backlink
  6. Bahasa yang dipakai sama
  7. Websitenya aktif (gak vakum)

Baca juga :  Alat Bantu Ngeblog yang dipakai untuk Pemula sampai Master

Belajar SEO bekerjsama mudah jikalau pribadi praktek. jadi gak kebanyakan membaca sob.. setiap paham satu topik pribadi diterapkan di blog sahabat.
Memang tidak ada kurikulum secara khusus mencar ilmu SEO yang tahapannya sama. Setiap pakar SEO mempunyai tahapan yang beda-beda tapi intinya sama.

0 Response to "- Belajar SEO: Apa itu SEO?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel