Advertising 468 x 60

- 5 Halaman Utama Yang Harus Ada di Blog

Halaman Utama Yang Harus Ada di Blog
Membangun sebuah blog hampir ibarat seperti membangun sebuah gedung perusahaan. Harus jelas dan terawat. Siapa pemilik gedungnya ? Bagaimana cara menghubungi pemilik gedung ? Adakah hukum di dalam perusahaan tersebut ?

5 halaman utama blog


Pertanyaan di atas mampu dilontarkan kalau sahabat akan membuat blog dengan serius dan kedepannya akan ditujukan untuk berbisnis. Salah satu indikasi blog sehat yaitu blog yang memiliki halaman khusus seolah-olah halaman about, contact, sitemap, privacy policy dan disclaimer.


1. Halaman About (tentang)

About yaitu halaman yang berisi wacana blog atau si pemilik blog. Biasanya berisi penjelasan latar belakang pendirian blog atau biodata si pemilik blog. Blog yang tidak ada halaman about dianggap sebagai blog tanpa majikan. Gentayangan di browser tanpa ada pemiliknya. Blog yang sehat selalu ada klarifikasi di bagian about ini. Tidak harus detail dan lengkap tapi setidaknya ada deskripsi singkatnya.

2. Halaman Contact (kontak)

Halaman ini tidak kalah penting apalagi kalau blog teman adalah toko online. Mungkin halaman kontak inilah yang paling dicari pengunjung. Pada umumnya di blog hanya mencantumkan alamat email untuk mampu menghubungi si pemilik blog. Tapi khusus untuk blog jual beli (toko online) halaman kontak ini harus diisi sedetail mungkin. Beri alternative selain email seolah-olah nomor hp, BBM, whatsapp, telegram, Facebook, twitter atau line.

Baca juga : Cara membuat halaman kontak di blogspot

3. Halaman Sitemap (Daftar isi blog)

Adalah halaman yang berisi daftar seluruh isi blog yang dikelompokan menurut label. Dengan adanya halaman sitemap ini pengjunjung tidak perlu membuka satu persatu halaman untuk melihat seluruh isi blog. Cukup buka halaman sitemap. Disana akan terlihat judul-judul setiap artikel blog.

Baca juga : Cara mudah menciptakan daftar isi blogspot


4. Halaman Privacy Policy (Kebijakan eksklusif)

Adalah halaman yang berisi hukum atau kebijakan eksklusif si pemilik blog. Di halaman ini dijelaskan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Pemilik blog bebas memilih atau menciptakan hukum diblog eksklusifnya.
Contoh :
  • Dilarang copy paste isi blog tanpa seizin admin
  • Dilarang berkomentar spam atau sara
  • Diperbolehkan copas isi blog dengan catatan harus mecantumkan sumber blog

5. Halaman Disclaimer (Penolakan)

Adalah halaman yang berisi pernyataan bahwa website atau blog tersebut tidak mampu digangu gugat. Pada intinya isi halaman ini “menolak” opini atau tuduhan yang disampaikan oleh pengujung.
Contoh :
  1. Sobat berkomentar di halaman postingan blog saya ini. Maka tanggung jawab komentar yang teman tulis bukan tanggung jawab blog ini. Melainkan tanggung jawab teman sendiri.
  2. Atau ada kerugian-kerugian yang timbul dari hasil pembaca blog ini. Maka pemilik blog tidak bertanggung jawab. Dan sepenuhnya kerugian adalah tanggung jawab pembaca.

Jika sobat serius ngeblog dan berencana akan mendaftarkan blog ke google adsense maka 5 halaman di atas wajib ada sob. Jadi belajarlah menciptakannya dari sekarang.

Apakah harus ada 5 halaman di atas mas untuk setiap blog ?

Tidak.. tapi sebaikanya dibentuk sob.. lantaran 5 halaman di atas menerangkan keseriusan si pemilik blog dalam mengelola dan memanjeman blognya. Kecuali kalau blog sahabat hanya digunakan sebagai catatan pribadi dan tidak ditujukan untuk bisnis. Boleh –boleh saja karena tidak ada larangan atau hukum khusus dari google yang menyatakan harus ada.

Catatan :
Jika akan mendaftar google adsense cukup blog utama yang dipasang halaman about, contact, sitemap, privacy policy dan disclaimer.

0 Response to "- 5 Halaman Utama Yang Harus Ada di Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel