Advertising 468 x 60

- 20 Daftar Istilah dalam Google Adsense yang Harus Anda Pahami

Daftar Istilah dalam Google Adsense
Ada banyak istilah yang harus diketahui dan dipahami oleh blogger pemula. Apalagi yang akan terjun menjadi seorang publisher adsense. Istilah-istilah inilah yang sering muncul dalam aktifitas kita sebagai seorang blogger.

Daftar istilah umum adsense yang harus dipahami oleh publisher pemula


Pemahaman awal perihal istilah ini bisa menyampaikan ilustrasi seolah-olah apa bisnis di adsense itu. Adsense menyampaikan banyak peluang pendapatan bagi publisher yang bekerja keras, cerdas, dan konsisten. Karena faktanya memang seolah-olah itu. Hanya mereka yang konsistenlah yang mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya.

1. Visitor dan Unique Visitor (pengunjung organik)

Visitor adalah sebutan umum untuk pengunjung blog. Sedangkan unique visitor yaitu pengunjung blog yang murni tiba berasal dari mesin pencari seolah-olah google.com, yandex, bing maupun browser yang lain. Pengunjung ini mencari sebuah website atau blog berdasarakan kata kunci yang ditulis dimesin pencari.

2. Average Time On Site

Adalah jumlah rata-rata waktu  yang dihabiskan pengunjung berada di blog sahabat. Semakin usang pengunjung berada di blog teman berarti semakin tinggi nilai durasi waktu singgahnya.
Lama disini dalam artian lantaran pengunjung membaca dan membuka-buka halaman blog.

3. Publisher Adsense

Adalah pihak yang membantu google mempromosikan iklan-iklan yang sudah terdaftar di google.  Publisher ini akan menampilkan iklan melalui blog atau website. Oleh lantaran itu syarat utama publisher haruslah mempunyai website, baik yang gratis maupun yang berbayar. Sedangka untuk pemain video, seorang calon publisher harus mempunyai chanel video di youtube.

Baca juga : 10 Alasan Mengapa Blogger Pemula Harus Belajar Blogspot 

4. Review Kedua

Adalah tahap penilaian kedua oleh pihak google adsense atas usul calon publisher yang ingin menjadi kawan (publisher) google adsense. Lamanya review kedua ini berkisar antara 3-7 hari. Ada juga yang sampai berbulan bulan gres mendapatkan kejelasan diterima atau tidaknya.

5. Page View (PV)

Adalah jumlah halaman website atau blog yang dibuka oleh pengunjung. Satu pengujung berarti satu page view. Tetapi jikalau pengujung itu membuka 10 halaman di blog berarti page viewnya ada 10. Kaprikornus semakin banyak pengunjung yang membuka halaman blog maka page view juga akan banyak.

6. CTR (Click through rate)

CTR adalah perbandingan antara jumlah klik dengan total tayangan laman suatu website. CTR ini juga dikenal dengan istilah RKT (Rasio klik per tayang) Biasanya CTR dipakai untuk mengukur banyaknya klik jenis iklan PPC. Rumus CTR = (click / pageview) x 100

7. CPC (Cost per click)

CPC Adalah perhitungan pendapatan dari setiap klik yang dilakukan oleh pengujung suatu situs. CPC juga dikenal dengna istilah BPK (Biaya per klik). CPC ini berbeda beda untuk setiap iklan yang tampil di blog. Semakin tinggi nilai CPC semakain banyak pendapatan yang akan masuk ke akun adsesne.

8. RPM (Revenue Per Thoushand Impression)

RPM atau sering disebut PPS  yaitu pendapatan per seribu tayang (RPM) yang menunjukan pemasukan atau penghasilan tertaksir. PPS ini menunjukan pendapatan yang diterima setiap 1000 kali tayang. Rumus menghitungnya :
RPM = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) x 1.000
Contoh :
  • Penghasilan adsense tertaksir $1 dari 50 laman
  • Maka RPM = ($1 : 50) x 1.000 = $20

9. Bounce Rate

Adalah rata-rata presentase  antara tingkat kunjungan blog dengan page view dalam jangka waktu tertentu.
Contoh :
  • Ada pengunjung perhari sebanyak 100 pengujung dengan pageview 150
  • Maka rumus hitungnya : 100 / 150 = 66,66%

10. Akun Adsense Dibanned

Artinya akun adsense dinonaktifkan. Atau bahasa simplenya dipecat dari status publisher adsense. Penyebabnya bermacam-macam yang pada dasarnya publisher melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh google adsense. Jika sudah dinonaktifkan maka semua iklan yang ada di website atau blog teman tidak akan tampil. Dan penghasilan yang sudah masuk di akun adsense tidak akan cair.

11. Akun Suspended

Artinya akun adsense teman ditangguhkan (ditutup) dalam jangka waktu tertentu. Biasaya selama 30 hari. Penyebab akun disuspend beragam dan yang paling sering adalah kasus invalid click. Ketika akun ditangguhkan maka iklan tidak akan tampil. Tetapi sehabis 30 hari akun dan iklan akan diaktikan kembali oleh google.

12. Akun Hosted dan Nonhosted

Adalah 2 jenis akun adsense yang dibedakan berdasarkan registrasi awal calon publisher.
Meskipun kepemilikan jenis akun ini dimulai semenjak awal, Publisher yang mempunyai akun Hosted dapat mengUPGRADE ke jenis nonhsoted dengan cara mengganti domain blog dengan domain TLD (top level domain)

 Berikut ini adalah perbedaan antara akun hosted dan nonhosted

Akun adsense hosted
  1. Pendaftaranya melalui blogspot atau youtube
  2. Hanya melewati 1 kali masa review
  3. Iklan dari akun hosted hanya mampu ditampilkan di blogspot dan youtube
  4. Iklan dari akun hosted tidak mampu ditampilkan di blog yang memakai TLD (Top Level Domain)
 
Akun adsense nonhosted
  1. Pendaftarannya melalui blog yang menggunakan top level domain (TLD)
  2. Pendaftaran melewati 2 kali abad review sehingga terbilang lebih sulit
  3. Iklan dari akun nonhosted bisa tampil dimana saja seperti youtube, blogspot, blog dengan domain TLD dst..

13. Verifikasi PIN

Adalah metode yang dilakukan oleh google untuk memverifikasi akun adsense dengan cara mengirimkan surat yang berisi aba-aba beberapa digit (biasayan 6 digit). Surat dari google tersebut dikirimkan melalui kantor pos. dari kantor pos akan dikirmkan ke alamat publisher. Jika teman sudah menerima surat dari pak pos yang berisi kode verifikasi, segera buka akun adsense dan masukan 6 digit kode verifikasi tersebut.

14. Bank Lokal

Istilah bank lokal adalah bank yang ada di wilayah publisher. Dengan bank lokal inilah publisher dapat mencairkan uang dari akun google adsense. bank lokal yang sering dipakai oleh publisher Indonesia adalah BCA (bank central asia), BNI (Bank Negara Indonesia), Mandiri dan BRI.

15. NTCN (Money Transfer Control Number)

Adalah nomor khusus yang dikirimkan oleh google adsense  bagi publisher yang mensetting metode pembayarannya (gajian) melalui Western Union (WU). Nomor ini akan dikirimkan jika saldo (balance) akun adsense sudah melewati batas minimum pembayaran yaitu sebanyak $100.

16. Estimated Earning

Adalah asumsi jumlah penghasilan atau pendapatan yang akan diterima oleh publisher adsense dari iklan yang dipasang di blog atau iklan yang tampil di youtube dalam jangka waktu tertentu. Makara pendapatan estimated earning ini belum real atau niscaya tetapi hanya perkiraan yang akan kita dapatkan.

17. PIP (Payment in Progress)

Menunjukan status pembayaran dari google adsense masih dalam proses. Hal ini pertanda bahwa bulan ini sahabat bisa mencairkan uang yang ada di akun adsense. PIP ini dilakukan secara otomatis oleh google biasanya antara tanggal 21-25 setiap bulannya.

18. PI (Payment Issue)

Setelah PIP greslah PI. PI adalah proses dimana publisher akan menerima isyarat pembayaran dari adsense. Kode ini dikirimkan melalui email dan digunkan untuk mencairkan uang di kantor pos (WU).

19. PO (Pay Out)

Artinya gajian, aktual cair dari google adsense. Batas minimal PO adalah $100. kalau kurs nilai rupiah sekarang Rp. 13.000,- maka minimal PO dari adsense sebesar Rp. 1.300.000,-.
Ada 2 metode pembayaran yang mampu diterima publishser Indonesia yaitu melalui WU (western union) di kantor pos dan Bank lokal seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

Baca juga : Tingkatkan Penghasilan Blogmu dengan 7 Jenis Iklan ini

20. Boom Klik

Adalah aktifitas klik yang tidak bernilai (tidak valid ) atau tidak syah berdasarkan ketentuan google adsense pada sebuah iklan yang tampil di suatu website atau blog. Boom klik biasa dilakukan oleh orang yang tidak suka terhadap blog kita. Aktifitas ini termasuk illegal karena merugikan publisher.

Demikian 20 daftar  istilah di adsense. agar bermanfaat dan menambah pengetahuan yaa

0 Response to "- 20 Daftar Istilah dalam Google Adsense yang Harus Anda Pahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel