Advertising 468 x 60

- Tips Menentukan Nama Domain Blog yang Baik dan SEO Friendly

Tips Menentukan Nama Domain Blog
Menentukan nama domain sebuah blog itu praktis tapi sulit. Praktis lantaran dengan kosa kata apapun mampu menjadi sebuah domain. Kesulitannya terletak pada kesesuaian antara domain dan topik blog yang dibahas. Domain yang baik harus memenuhi beberapa kriteria dan tidak asal buat.

Untuk blogger pemula biasanya tidak terlalu memikirkan nama sebuah domain. Yang penting asal jadi. Setelah 1 tahun ngeblog barulah terfikirkan domain blog yang selama ini dipakai dirasa tidak cocok dan menetapkan untuk ganti domain. Disinilah letak kesalahan fatalnya. Meski usia blog sudah 1 tahun lebih jikalau ganti domain gres itu sama saja dengan menciptakan blog baru. Harus merintis dari awal lagi terutama untuk urusan SEO Offpagenya (backlink).

Tentukan dari kini dimana posisi ngeblog sobat ? tahap pemula atau menengah ?

Tahap Pemula : Jika ngeblog hanya untuk coba-coba, latihan atau belajaran maka tak perlu pusing memikirkan nama domain blog. Yang penting teman bisa membuat blog, paham SEO onpage offpage, paham backlink, bisa pasang domain, itu sudah lebih dari cukup untuk tahap pemula.

Tahap Menengah : Ngeblog dengan tujuan monetize (mendapat penghasilan dari blog) adsense, amazon, bisnis affiliate atau toko online, maka sahabat perlu memikirkan baik-baik nama domain blog.

Baca juga : Alat Pembayaran yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Blogger

Berikut ini tips menentukan nama domain blog yang baik dan SEO Friendly

1. Hindari menggunakan domain gratisan

Hindari domain gratis yang banyak ditawarkan oleh penyedia domain. Lebih baik membeli domain karena ada promo dari pada yang gratis 100%. Contoh domain gratis yang banyak ditawarkan biasanya berakhiran .tk, .ga, .ml, .cf, .gq.

Berikut ini alasan kenapa sobat harus menghindari domain gratisan :
  • Domain gratis banyak dipakai oleh blog-blog spam dan blog tukang tipu (meskipun tidak semunya seolah-olah itu)
  • Blog dianggap kurang profesional oleh pembaca dan pengiklan
  • Domain gratis hanya pada tahun pertama (1 tahun) artinya tidak sepenuhnya gratis. Biasanya ada persyaratan khusus biar mendapatkan domain gratis.
Jadi saran aku hindari yang gratisan, gunakanlah modal awal untuk membeli domain supaya blog sobat terlihat keren dan tidak terkesan gratisan. Rata-rata harga domain antara Rp. 100.000 -150.000 pertahun. Apalagi jikalau ada diskon, akan lebih murah sob..

2. Nama domain disesuaikan dengan niche blog

Nama domain sebuah blog sangat akrab kaitannya dengan niche atau topik blog. Jika keduanya sudah sesuai maka pengembangan blog kedepannya akan lebih simpel
.
Contoh : Puspa yaitu seorang ibu rumah tangga yang hobi memasak dan menulis. Beliau ingin menciptakan blog yang sesuai dengan rutinitas dan hoby nya. Maka dibuatlah blog nya itu.

niche blog : Resep makanan
nama domain:  www.dapurpuspa.com

Jangan asal menentukan domain. Blog tentang resep makanan tapi isinya tentang online shop atau blog jualan. Harus sesuai dan selaras ya sob..

3. Unik dan praktis diingat

Unik artinya tidak ada yang menyamai atau mirip-mirip dengan blog orang lain. Mungkin sahabat punya kata-kata motivasi atau kata-kata mutiara yang bisa dijadikan sebagai nama domain.
Atau kalau tidak mau dipusingkan dengan kata unik gunakanlah nama teman sendiri, mampu nama lengkap, kependekan, nama panggilan, nama kecil, atau nama keren. Yang terpenting nama domain tersebut tidak ada yang menyamai dan praktis diingat tentunya.

Contoh : Nama lengkap “Nur Hidayat”
Domain: www.nurhidayat.com,  www.mashidayat.com atau www.masnur.com dll

4. Nama domain pendek, singkat, padat dan terperinci

Jumlah kata nama domian lebih sedikit lebih anggun. Hindari terlalu panjang dan bertele-tele. Usahkan jangan lebih dari 3 suku kata. Rekomendasi yang paling banyak digunkan untuk mendaftar nama domain hanya 2 suku kata.

Contoh 2 suku kata : www.bisnisonline.com
Contoh 3 suku kata : www.bisnisonlineku.com

5. Hindari tanda hubung (-)

Tanda hubung atau tanda baca (-) dalam penentuan nama domain sangat dihindari oleh banyak blogger. Alasan utamanya karena mengakibatkan nama domain menjadi sulit diingat dan dirasa mampu mengurangi keunikan nama domain tersebut.

Contoh : www.panduan-blog.com dengan www.panduanblog.com teman pilih yang mana ?

Meskipun ada beberapa blog yang masih menggunakan tanda hubung (-) dan tidak memperdulikan nama domain . Tapi setidaknya untuk mempermudah meningkatkan secara optimal blog pilihlah domain yang tanpa tanda hubung.

6. Gunakan TLD yang tepat

Top Level domain atau TLD memang banyak sekali variasinya. Yang paling banyak dipakai ialah .com, .id, .net, .org dan .info. teman bebas menentukan mana ekstensi yang sempurna berdasarkan topik atau tujuan blog.

Secara umum blogger selalu memburu domain dengan ekstensi .com, jika tidak ada greslah memilih ke ekstensi .id atau sebaliknya.

Jangan gundah ya sob… gunakan saja .com untuk blog yang bersifat umum. Untuk blog yang bersifat khusus greslah memakai .id, .net, .org dan .info.

Baca juga : Jenis Jenis Domain untuk Ngeblog 

7. Beli domain dari tempat yang terpercaya

Ada banyak daerah untuk membeli domain baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebelum membeli domain pastikan teman cari review pelayanan masing-masing penyedia domain tersebut. Jika sudah yakin barulah beli domain.

Berikut ini ada beberap rekomendasi daerah untuk membeli domain yang sudah terbukti manis pelayanannya.

Dalam negeri
  • Niagahoster - https://www.niagahoster.co.id
  • Rumahweb - https://www.rumahweb.com
  • Dewaweb – https://www.dewaweb.com
  • Qwords - https://www.qwords.com
  • Dracoola - https://www.dracoola.com

      Luar negeri
      • Godaddy - https://id.godaddy.com
      • Namecheap - https://www.namecheap.com
      • Hostgator http://www.hostgator.com
      Untuk blog berbahasa Indonesia gunakanlah peyedia domain dari Indonesia dan sebaliknya blog bahasa ajaib (blog bule) gunakanlah peyedia domain dari luar negeri.

      0 Response to "- Tips Menentukan Nama Domain Blog yang Baik dan SEO Friendly"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel