Advertising 468 x 60

- Penyebab Utama Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasinya

Penyebab Utama Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasinya
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar SEO (Search Engine Optimization) blog dengan loading lambat akan ditinggalkan oleh pengujung meskipun tampilan blog tersebut telihat menarik. Sebanyak 50% orang yang memakai mobile mengabaikan halaman blog jikalau dalam waktu 10 detik halaman yang dituju tidak tampil.

Itulah sebabnya mengapa google menekankan supaya blog selalu tampil dengan cepat (ringan dan fast loading). Blog yang ringan dan cepat dari segi mobile maupun desktop akan menciptakan pengunjung nyaman dan tidak praktis pergi meninggalkan halaman blog.

1. Template atau thema blog berat

Faktor utama paling banyak dialami oleh blogger pemula yang mengakibatkan blog lambat ialah masalah pada template. Pasang template lantaran mementingkan tampilan luarnya saja tanpa memberhatikan kualitas template tersebut.

Untuk pemula memang tidak praktis mengedit atau membuat template SEO. Cari jalan tercepatnya saja sob… cari di google dengan kata kunci “Template SEO Gratis”. Atau bisa juga beli template-template premium yang ada di internet. Pilih sesuai kriteria, ringan dan fast loading

Cara mengatasi :
Ganti template blog secepatnya dan niscayakan template yang sobat gunakan benar-benar SEO : ringan, fast loading, responsive, mobile friendly, valid html, valid CSS dan tidak ada struktur template yang error.

2. Terlalu banyak widget

Memasang widget di blog memang penting, tetapi jangan sampai kebanyakan ya sob.. sampai penuh itu sidebar. Memasang widget hanya karena mementingkan tampilan yaitu sebuah kekeliruan. Widget bukan untuk itu penggunaannya. Tetapi digunakan untuk membantu mempermudah (navigasi) pengunjung dalam menjelajahi konten blog.

Saran dan solusi :
Pasang widget yang penting saja seolah-olah : label, populer post, recent post, dan pencarian.

Baca juga : Tahapan yang Harus Dilakukan Agar Blog Cepat Terindeks

3. Blog terlalu banyak gambar


Gambar ialah salah satu konten tambahan dalam blog. Biasanya untuk template 2 kolom biasa memakai ukuran gambar 600 x 400 pixel atau 600 x 320 pixel. Sedangkan untuk kapasitasnya berkisar antara 65 – 115 kb.

Jika postingan terlalu banyak gambar (lebih dari 1) dengan ukuran lebih dari 1 MB (1.000 kb), bisa dipastikan loading halaman blog tersebut akan lambat.

Saran dan solusi :
  • Gunakanlah maksimal 2- 3 gambar dalam 1 postingan dengan ukuran < 600 x 400  pixel
  • Perkecil ukuran gambar dengan memakai aplikasi photoshop
  • Kompres gambar : http://compressjpeg.com, http://optimizilla.com atau http://jpeg-optimizer.com

Baca juga : Cara Blogger Mendapatkan Gambar Untuk Bahan Postingan Blog

4. Terlalu banyak iklan di blog

Memasang iklan yaitu salah satu sumber pendapatan blogger. Bahkan kini banyak yang ngeblog dengan tujuan pasang iklan google adsense. Memang tidak dilarang mau berapa banyak pasang iklan dalam 1 blog. Hanya saja dampak sampingnya loading blog akan lambat. Apalagi bila pasang iklan dengan banyak animasi.

Saran dan solusi :
Pasang iklan maksimal 3 buah, untuk tempatnya disesuaikan dengan template blog sobat, mampu di header, sidebar atau di dalam artikel (di bawah judul, tengah atau balasan).

5. Hosting bermasalah atau sedang ganguan – Wordpress.org

Untuk blog dengan platform wordpress.org perkara loading blog yang paling sering terjadi ada pada hostingnya. Kalau sudah seperti ini ya tidak banyak yang mampu dilakukan kecuali hanya tabah dan menunggu sampai perkara tertangani oleh pihak penyedia hostingnya.

Sedangakan blog dengan platform blogspot sudah pasti tidak akan mengalami kasus ini, karena di blogspot tidak memerlukan hosting, kecuali jikalau server google benar-benar bermasalah tetapi hal ini jarang atau bahakan tidak pernah terjadi.

Saran dan solusi :
Jika tetap sering terjadi kasus atau ganguan pada hosting saran aku pindah atau ganti dengan penyedia hosting yang lain seolah-olah : Hostgator, Hawk Host, Niagahoster, Niagahoster, Rumahweb dan Dewaweb

0 Response to "- Penyebab Utama Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel