Advertising 468 x 60

- Kriteria Blog Sehat yang Harus Diketahui oleh Blogger Pemula

Kriteria Blog Sehat
Salah satu indikator blogger sukses adalah memiliki blog yang sehat, sehat secara onpage maupuan offpage. Untuk blogger pemula minimal memahami sehatnya blog secara onpage. Kalau sudah paham barulah belajar yang offpage.

Satu blog sehat lebih baik dari pada memiliki 10 blog sakit. Blog yang sakit itu kayak gimana mas ?
Blog sakit itu blog yang tidak terawat, lodingnya lama (berat), jarang update, link error dimana-mana, kontennya copas, konten banyak yang tidak terindeks, backlinknya dari situs terlarang dst.

Berikut ini ada 5 Kriteria Blog Sehat yang bisa dijadikan tumpuan dalam membangun sebuah blog.

1. Templete harus SEO 

Point pertama kesehatan blog dilihat dari segi templatenya dan harus memenuhi kriteria Mobile friendly, Responsive, and Fast loading. Mobile friendly maksudnya blog mampu dilihat dari perangkat mobile (smartphone), responsive artinya layout (template) blog mampu menyesuaikan dengan layar kaca perangakat mobile (smartphone/tablet). Sedangkan fast loading artinya blog ringan bila dibuka dari perangkat apapun, baik komputer maupun smartphone.

Untuk presentase skor fast loading minimal 70% ke atas. Kurang dari itu saran aku jangan dipakai. Banyak template fast loading yang bisa sobat download di internet.

Berikut ini yaitu tools yang mampu teman gunakan untuk mengecek template blog :

2. Memiliki konten yang berkualitas

Blog sehat wajib mempunyai konten yang berkualitas. Bukan blog copas, blog abal-abal, atau blog spam. Berkualitas berarti mempunyai kekayaan informasi seolah-olah : artikel yang panjang dan unic, gambar yang relevan, data info grafik, animasi atau video. Tidak harus ada semua seolah-olah yang saya sebutkan. Minimal 2 komponen, artikel dan gambar, artikel dan video dst.

Sumber untuk membuat konten blog :

Artikel : sumber untuk menerima artikel bermacam-macam sob..
  • Menulis sendiri (hasil pedoman dan pengalaman)
  • Menulis ulang artikel dari situs resminya
  • Beli artikel
 
Gambar : cari yang gratisan aja di situs ini
  • Pixabay.com,
  • Pexels.com,
  • Freedigitalphotos.net,
  • Freephotosbank.com,
  • Morguefile.com
Video : untuk video saran aku lewat Youtube.com saja

Baca juga : Cara Blogger Mendapatkan Gambar Untuk Bahan Postingan Blog

3. Konten terindeks mesin pencari

Percuma kalau blog mempunyai ratusan konten tetapi tidak terindeks mesin pencari. Yang benar adalah berapapun jumlah konten di blog harus terindeks semua. Mesin pencari yang aku maksud disini adalah google.com, bing.com, dan yandex.com.

Minimal seluruh konten blog sobat terindeks di google. Jika tidak terindeks yaa.. percuma saja, tidak akan ada pengunjung yang tiba ke blog sobat.

Segara daftarkan blog sobat di google webmaster. Pasang sitemap. Dan setiap simpulan posting langsung di submit biar cepat terindeks.
 
4. Konten up to date

Rajin posting menjadi ciri khas blog sehat. Tidak ada patokan niscaya harus berapa artikel dalam sehari. Sobat bebas menentukanya, kuncinya hanya konsisten. Google lebih menyukai blog yang update secara terpola dari pada jarang update tetapi sekali update eksklusif banyak artikel.

Setiap blogger mempunyai resep posting yang beda-beda sob. Kaprikornus jangan jadikan patokan utama. Sesuaikan dengan kemampuan sendiri. Untuk blogger pemula mungkin bisa menggunkan resep berikut ini :

Anggap saja sahabat lagi buat blog baru yaa.. tentunya dengan domain baru juga.
  • Blog usia 1 bulan : Posting minimal 1 artikel sehari, atau 1 artikel setiap 2 hari, atau 1 artikel setiap 3 hari. Rutin lakukan selama 1 bulan penuh. Kalau mempunyai kemampuan menulis lebih banyak, tambahkan saja, 2 artikel setiap hari, atau 2 artikel setiap 2 hari sekali dst.
  • Blog usia 2 bulan : Posting minimal  1 artikel per minggu, atau 2 artikel per ahad dst.
  • Blog usia 3 bulan : posting minimal 1 artikel perbulan, atau 2 artikel perbulan dst.
Intinya harus konsisten  ya sob… lebih baik posting sedikit artikel tapi konsisten dari pada jarang posting tapi sekaling posting eksklusif banyak artikel.

Setelah pas genap usia blog 3 bulan barulah tentukan interval jarak posing. Mau harian, mingguan atau bulanan. Yang penting jangan setahun sekali ya sob..

5. Tidak ada link yang error

Setelah blog memiliki banyak postingan, lakukanlah pengecekan link secara bersiklus di google webmaster. Ini sangat penting sob.. karena blog yang ada link error nya tidak akan diketahui oleh pemilik blog kalau tidak dilakukan pengecekan.

Lakukanlah pengecekan minimal seminggu sekali. Jangan sampai menunggu laporan dari pengunjung blog kalau ada link yang error.

Tools yang mampu teman gunakan untuk mengecek link yang error : www.brokenlinkcheck.com

Baca juga : Cara Praktis Cek Link Error di Blog dengan Broken Link Checker

Pengecekan link yang error mampu juga dilakukan melalui google webmasters, tetapi blog harus didaftarkan terlebih dahulu dan tidak mampu langsung dicek. Harus menunggu beberapa hari setelah pendaftaran greslah blog bisa dicek.

Kriteria Blog Sehat ini menurut pengalaman pribadi ya sob.. mungkin tidak akan sama dengan blogger lain. Setiap blogger yang sudah malang melintang di dunia maya apalagi sudah full time di depan laptop pasti punya pandangan yang berbeda perihal hal ini.

0 Response to "- Kriteria Blog Sehat yang Harus Diketahui oleh Blogger Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel