Advertising 468 x 60

- Cara Mudah Cek Link Error di Blog dengan Broken Link Checker

Cara Mudah Cek Link Error di Blog
Link error atau broken link adalah link yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Link ini sudah rusak dan mati. Ketika link ini diklik akan menampilkan pesan Error page not found 404 yang artinya halaman website yang dimaksud tidak ditemukan.

Jika sahabat menjadi blogger aktif pastikan selalu mengecek secara berkala link yang ada di website sahabat minimal sebulan sekali. Blog dengan broken link yang cukup banyak dan tidak pernah dibenahi akan menciptakan visitor bosan dan malas untuk berkunjung.

Penyebab link bisa Error

Apa sih penyebab link bisa error ?
Penyebab yang paling umum ialah halaman blog yang dihapus atau berganti URL tetapi link yang sudah tertanam di halaman lain tidak diganti. Hal Ini sering dialami oleh blogger pemula ketika terlalu banyak memasang link tetapi menghapus halaman utama atau mengganti alamat URL dari sumber link tersebut.

Baca juga : 5 Forum Tempat Diskusi dan Belajar Ngeblog untuk Pemula

Bisa juga penyebab link error dikarenakan sobat memasang link eksternal ke blog atau website lain padahal blog tersebut sudah mati atau berganti alamat URL.

Kelebihan Broken Link Checker
  1. Gratis dan simple  – Sebenarnya masih banyak tools lain yang gratis untuk mengecek link yang error. Tetapi berdasarkan saya yang paling simpel dan direkomenasikan banyak blogger ya di brokenlinkcheck.com
  2. Tidak perlu pendaftaran -  ini yang biasanya membuat banyak blogger tertarik. Rata-rata tools untuk pengecekan website selalu mewajibkan user untuk mendaftar terlebih dahulu.
  3. Jika ada link yang rusak, langsung bisa ditemukan sumber linknya.

Cara Menggunakan Broken Link Checker
  • Masuk ke halaman utama http://www.brokenlinkcheck.com
  • Lihat pojok kanan atas
  • Masukan alamat blog atau website sobat
  • Masukan security code
  • Pilih Report all occurrences of each dead link (may be slower)
  • Klik Find broken links now !
  • Tunggu hingga proses akhir “STATUS COMPLATED”
  • Jika “found 0 broken links” berarti blog sobat sehat, tidak ada link yang rusak atau error
Cek Link Error di Blog
Bagaimana bila ditemukan link rusak atau Error ?

Jika pada gambar di atas ditemukan banyak link error contoh : “found 15 broken links”. Langkah selanjutnya yaitu menghapus link – link error di blog sobat satu persatu. Caranya sebagai berikut :
  • Jika ditemukan 15 broken links, lihat tabel kolom “page where found”
  • Ada 2 link : Url dan Scr. Jika sobat klik Url maka akan menuju halaman yang terdapat link error di blog teman. Jika klik Scr, sobat akan dibawa menuju SUMBER link yang error dalam mode Html.
  • Klik Scr untuk mengetahui sumber link yang error
  • Sobat lihat kode Html yang berwarna merah jambu. Itulah link yang error atau rusak. Hapus link tersebut atau benahi.
  • Jika semua link yang error sudah dihapus atau dibenahi, coba cek kembali seperti cara di atas.
Selain menggunakan Broken Link Checker, teman mampu juga mengunakan Google Search Console (dulu berjulukan google webmaster) untuk mengecek link – link yang error. Cuma tidak mampu langsung ngecek seperti Broken Link Checker. Sobat harus mendaftarkan dulu dan menunggu sampai google melakukan perayapan.

Butuh waktu antara 1-7 hari menunggu perayapan dari Google Search Console di blog sobat. Jika sudah dirayapi barulah sobat mampu mengecek apakah ada link yang error atau tidak.

Baca juga : Cara Mengamankan Akun Google dengan Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Ciri Blog sehat

Ada banyak ciri-ciri blog sehat baik secara SEO Onpage ataupun Offpage. Salah satu cirinya dilihat dari SEO Onpage yaitu tidak ada link yang error.

Kesimpulan :

Saran saya gunakan Broken Link Checker untuk mengecek kesehatan link setiap sebulan sekali. Dan gunakan Google Search Console untuk memantau keseluruhan kesehatan blog sobat.

0 Response to "- Cara Mudah Cek Link Error di Blog dengan Broken Link Checker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel