Advertising 468 x 60

- Apa itu Affiliate Marketing ? Pengertian dan Cara Kerjanya

Apa itu Affiliate Marketing Pengertian dan Cara Kerjanya
Apakah sobat memiliki bisnis online? Jika belum teman harus mencoba bisnis  yang satu ini. Bisnis Affiliate Marketing namanya. Bisnis ini paling banyak diikuti sehabis bisnis adsense.
Banyak fasilitas kalau dibandingkan dengan adsense. Tentu dengan segala kelebihan dan kekurangan masing - masing pada bisnis ini. Tapi yang paling penting.. keduanya GRATIS.

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah bisnis dengan model penjualan berbasis komisi langsung. Kaprikornus, jikalau terjadi transaksi penjualan antara penjual dan pembeli maka teman akan mendapatkan komisi dengan nilai tertentu. Besarnya komisi yang diberikan ini berbeda – beda untuk setiap perusahaan, banyak faktor yang mempengaruhi nilai setiap komisi yang diterima. Biasanya komisi yang diberikan dalam bentuk presentase yaitu berkisar antara 20% - 50% untuk setiap produk yang terjual.

Affiliate Marketing ini menyerupai seolah-olah sales penjualan yang sering keliling mempromosikan produk tertentu seakan-akan : HP, alat – alat kecantikan, kendaraan bermotor, property dll… konsepnya sama jika terjadi penjualan maka si sales akan mendapatkan komisi atau bayaran (fee).

Baca juga : Rahasia Sukses Ngeblog Kampung Blogger ala Sumbodo Malik

Karena ini bisnis online, maka bedanya hanya di cara promosinya. Di  Affiliate Marketing sobat tidak perlu keliling kemana – mana. Cukup duduk manis di depan laptop dan sebarkan link produknya.

Kelebihan Affiliate Marketing

Ada banyak kelebihan bisnis Affiliate Marketing yang membuat sebagian orang mau menekuni bisnis ini, berikut penjelasanya :
  1. Biaya awal yang kecil – Modal awal berdiri website untuk beli domain dan sewa hosting (wordpress), kalau memakai blogspot gratis.
  2. Tidak ada biaya produksi – Karena kita hanya mempromosikan, produk sudah ada yang buat.
  3. Tidak ada biaya atau lisensi – Pendaftaran gratis  dan tidak ada lisensi seolah-olah aplikasi atau tools yang berbayar. 
  4. Dapat menjual apa saja – Menjual seluruh produk yang sudah ada program Affiliate nya.
  5. Tidak perlu ada karyawan – promosi dapat dilakukan sendirian maupun team
  6. Tidak menanggung biaya pemrosesan order – Biaya sudah ditanggung pihak penjual atau pembeli
  7. Tidak perlu ada stok barang – stok barang ada di produsen dan tidak perlu memproses order lantaran proses order sudah diambil alih pihak penjual
  8. Tidak perlu repot melakukan pengiriman – pengiriman barang diproses oleh penjual
  9. Menghasilkan uang ketika anda tidur – system acara Affiliate akan tetap berjalan meskipun sobat sedang tidak Online.
  10. Pasar seluruh dunia – targetan penjualan dapat dibentuk untuk setiap negera dan promosi dapat dilakukan dimanasaja asalkan ada koneksi internet. Dengan begitu maka resiko bisnis ini sangatlah kecil tetapi berpotensi penghasilan besar.

Contoh Perusahaan Affiliate
  • Affiliate network Indonesia : Lazada, Ratakan, Blibli, IDAFF, dll
  • Affiliate network luar negeri : Amazon, Clickbank, Ebay, dll

Syarat Menjadi Affiliate

Setiap perusahaan Affiliate mempunyai peraturan dan kebijakan masing – masing untuk program Affiliate nya, baik Affiliate dalam negeri maupun luar negeri. Peraturan dan kebijakan ini meliputi beberapa hal seakan-akan : Syarat pendaftaran, besarnya komisi, pembayaran komisi, cara promosi, larangan dll. Tapi secara umum cara dan metode program setiap affiliate sama.

Berikut ini ada 4 hal pokok yang harus sobat pahami jika ingin menjadi Affiliate Marketing
  1. Pilih Niche Kategori Produk - Tentukan kategori produk yang ingin sobat promosikan. Sobat bisa melakukan riset kata kunci untuk mencari produk yang paling banyak dicari dan memiliki nilai komisi yang besar.
  2. Buat Website – Buat website sesuai kebutuhan dan modal sahabat. Jika mempunyai dana lebih gunakan wordpress (sewa hosting dan beli domain). Jika dana minim, gunakanlah blogspot (hanya beli domain).
  3. Daftar Affiliasi – Jika blog (website) sudah jadi dan terisi artikel segera daftarkan ke Perusahaan Affiliasi yang menurut sobat cantik dan sesuai riset.
  4. Promosikan Produk – Setelah website diterima di perusahaan Affiliate, rajinlah melakukan promosi. Sobat bisa promosi di media sosial seolah-olah facebook, Twitter, Instagram atau media yang lainnya.
Sobat akan dibayar (dapat komisi) jika terjadi penjualan. Semakin banyak transaksi penjualan yang terjadi melalui website atau link dari website teman, maka semakin banyak komisi yang akan didapatkan. Makara kunci utamanya ialah terjadi transaksi penjualan.

Baca juga : Rahasia Sukses Ngeblog Dani Alfin Pratama – Pendiri Padepokan Adsense

Cara Kerja Program Affiliate

Untuk memudahkan memahami cara kerja acara affiliate ini aku ilustrasikan sebagai berikut :
  • Fajar seorang mahasiswa mempunyai blog dengan alamat fajarbisnis.com. Karena ingin menambah penghasilan dari blog nya itu, fajar mendaftarakan fajarbisnis.com dan mengikuti program affiliate.
  • Dari banyaknya produk yang ada di perusahaan affiliate fajar menetapkan mempromosikan prouduk Laptop di blognya.
  • Disisi lain ada seorang mahasiswi sebut saja namanya Mawar, ingin membeli Laptop untuk keperluan kuliah. Mawar mencari informasi perihal Laptop murah di internet dan menemukan blog fajarbisnis.com yang membahas ihwal Laptop murah.
  • Karena tertarik, Mawar menetapkan membeli Laptop tersebut dengna cara meng-Klik iklan (banner) di blog fajarbisnis.com
  • Dalam hal ini, Fajar sebagai affiliate akan mendapatkan komisi atas pembelian yang dilakukan Mawar.

0 Response to "- Apa itu Affiliate Marketing ? Pengertian dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel