Advertising 468 x 60

- 6 Cara Blogger Mendapatkan Gambar Untuk Bahan Postingan Blog

Cara Mendapatkan Gambar Untuk Bahan Postingan Blog
"Konten is king" Salah satu ciri konten yang berkualitas ialah melengkapi postingan dengan gambar, animasi, atau ilustrasi. Tidak asal gambar yang diposting tetapi harus gambar yang relevan atau sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

Ada banyak cara yang ditempuh blogger untuk mendapatkan gambar yang berkualitas, mulai dari yang gratisan hingga yang premium (beli). Untuk blogger pemula cari yang gratisan aja ya sob.. yang gratis tapi kualitas premium ada banyak kok..

1. Menggunakan foto hasil bidikan sendiri

Foto hasil bidikan sendiri artinya gambar di dapat dari memotret pribadi suatu objek. Jadi gak pake acara download. Itu artinya blogger wajib punya kamera digital atau handphone (HP) berkamera yang mempunyai kualitas gambar minimal 1280 x 720 pixel. Gak ada ukuran niscaya sih untuk perkara gambar ini. Tapi setidaknya dengan ukuran 1280 x 720 pixel atau lebih akan menghasilkan gambar dengan kualitas yang cukup baik.

Gambar hasil bidikan sendiri akan lebih natural dari pada download di situs penyedia gambar. Tetapi hanya blogger tertentu yang menggunakan cara ini untuk materi postingan di blog.

Contohnya : Blogger traveler : blogger yang kerjaannya jalan-jalan, dia memposting gambar di blog menurut gambar yang didapat selama perjalanannya.

Baca juga :  Pondasi Dasar Untuk Membangun Blog Monetize

2. Beli gambar dari pihak lain

Membeli gambar adalah cara yang resmi dan sangat beliaunjurkan untuk blogger tertentu yang konten blognya berhubungan dengan hak cipta. Memang banyak gambar bertebaran di internet tapi untuk urusan tertentu teman harus membelinya. Emg kenapa mas ? karena tidak semua gambar yang ada di internet itu free lisensi. Memang benar kita bebas download sepuasnya. Tapi kalau tujuannya untuk diposting ulang di blog atau promosi-promosi tertentu, maka teman perlu meminta izin (beli lisensi) kepada pemilik gambar yang resmi. Jika tidak, sobat bisa digugat oleh si pemilik gambar.

Penggunaan gambar tanpa izin akan beliaungap mencuri karya hak cipta milik orang lain. Dan kalau sudah terjadi panjang sob urusannya.. mending kalau hanya ditegur, kalau dilaporin ke polisi mampu runyam kita.

Contoh blog yang dianjurkan untuk membeli gambar : Blog jasa Design : hati-hati dikala mendownload gambar, animasi, vektor atau font. Harus benar-benar free lisensi. Biasanya blog yang menerima jasa design sering memasang gambar-gambar yang beliaumbil dari internet tanpa memperhatikan lisensinya.

3. Ambil gambar dari Google image dan hapus metadata

Nah… kalau yang ini cara paling simpel menerima gambar.. dimana lagi kalau bukan di google.com. Meskipun bebas mendownload sepuasnya di google tapi jangan pribadi di posting di blog ya sob..

Setiap gambar yang ada di internet itu memiliki metadata. Metadata ialah isu yang ada pada sebuah file yang mendeskripsikan tentang file tersebut. Jutaan atau mungkin milyaran gambar yang ada di internet itu mempunyai metadata yang berbeda-beda.

Kalau sahabat download gambar dan pribadi diposting di blog, maka blog teman akan terdeteksi sebagai blog penduplikat image (gambar). Dan ini tidak anggun di mata mesin pencari (google). Solusinya ialah hapus metadatanya.

Ada 2 cara menghapus metadata suatu file. Pertama secara manual (tanpa aplikasi), yang kedua menggunakan aplikasi remove metadata. Karena panjang mungkin akan aku jelaskan di lain waktu perihal abolisi metadata ini.

Contoh blog yang menggunakan cara ini yaitu :
  • Blog wallpaper
  • Blog adsense
  • Blog berita
  • Blog gado-gado

4. Teknik Printscreen

Printscreen adalah fasilitas tombol yang ada di keyboard laptop atau PC. Fungsi tombol ini untuk mengambil gambar di layar monitor. Intinya dengan menekan tombol printscreen sobat mampu mengambil gambar yang sedang tampil di layar laptop.
Tombol ini ada di pojok kanan atas keyboard. Biasanya disingkat “Prt sc sysrq”. Cukup sekali tekan saja, sobat mampu mengambil gambar apapun yang sedang tampil di layar.

Berikut ini cara menggunakannya :
  1. Buka gambar yang akan di ambil (bisa buka gambar di google atau di website umum)
  2. Tekan tombol Prt sc sysrq sekali saja
  3. Buka aplikasi Paint (windows – accessories - paint)
  4. Tekan Ctrl + V di keyboard (paste)
  5. Setelah itu gres disimpan
Memang tampilannya seolah-olah itu sob. Untuk merapihkan atau mengambil gambar yang dimaksud, teman mampu edit menggunakan aplikasi photosop. Sebenarnya cara di atas bisa langsung di Paste kan di Photosop, jadi tidak perlu di Paint. Hanya saja bagi yang masih awam photosop beliaunggap terlalu sulit dan tidak semua komputer terinstal photosop.

Baca juga :  Cara Terbaik Mempromosikan Konten Blog untuk Pemula

5. Download gambar dari situs penyedia image 

Ada beberapa situs penyedia gambar yang banyak direkomendasikan oleh tmen-tmen blogger. Tapi tidak selengkap di google image. Download gambar dengan free lisensi merupakan alternatif terbaik bagi yang suka gratisan.

Berikut ini adalah situs penyedia gambar gratis :
  • flickr.com
  • pexels.com
  • pixabay.com
  • stocksnap.io
  • freedigitalphotos.net
  • bigstockphoto.com
  • morguefile.com
  • freephotosbank.com
  • freeimages.com
Sobat bebas menentukan, cari saja gambar sesuai dengan materi postingan, karena ini situs luar negeri jadi kalau mengetikan kata kunci harus pakai bahasa inggris ya sob.. usahakan cari gambar yang tidak ada tanda atau watermarknya.

6. Edit sendiri dengan menggunakan gambar kombinasi

Saya pribadi memakai cara kombinasi untuk menapatkan image yang sesuai dengan materi postingan. Kombinasi yang saya maksud yaitu :
  • Download gambar dari situs penyedia image
  • Jika tidak lengkap cari gambar di google image dan hapus metadata nya
  • Gabungkan beberapa gambar dengan aplikasi photosop
  • Edit sesuai dengan kebutuhan seakan-akan : nama file, goresan pena, ukuran, dan layout.
  • Setelah final baru posting di blog

0 Response to "- 6 Cara Blogger Mendapatkan Gambar Untuk Bahan Postingan Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel