Advertising 468 x 60

- Cara Mengatasi HP Panas Agar Tidak Cepat Rusak

Memiliki handphone yang terlalu praktis panas tentu tidak menyenangkan. Sebenarnya hampir seluruh jenis hp dengan sistem operasi android, ios maupun symbian akan mengeluarkan panas berlebih ketika digunakan secara terus-menerus. Hal tersebut dikarenakan hp menggunakan terlalu banyak daya baterai untuk mendukung acaranya. Salah satu cara mengatasi hp panas ialah dengan berhenti sejenak memakai hp dan membiarkan suhu kembali normal.
cara mengatasi hp panas


Penyebab hp cepat panas


Handphone yang terlalu cepat panas merupakan salah satu hal yang mengakibatkan pendeknya usia hp. Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab cepat panasnya baterai hp seperti di bawah ini.


1. Terlalu usang menggunakan aplikasi streaming

Menonton video maupun mendengarkan musik streaming memang menyenangkan dan terkadang bisa menciptakan kita lupa waktu. Akses streaming tentunya memerlukan koneksi internet yang membutuhkan cukup banyak daya. Terlalu lama memakai aplikasi streaming mampu membuat hp menjadi panas karena baterai harus mengeluarkan daya ekstra untuk mendukung kegiatan tersebut.

Anda yang gemar bermain game tentu juga sering melakukan hal yang sama. Idealnya smartphone hanya mampu dipakai untuk bermain game selama 1-2 jam. Namun seringkali kita lupa waktu lantaran game yang dimainkan terlalu seru. Hal ini tentunya mampu memicu hp menjadi cepat panas lantaran RAM dan prosesor handphone harus bekerja terlalu keras.

2. Pengaturan perangkat tidak optimal

Pengaturan perangkat yang tidak optimal seakan-akan terlalu banyak widget, penggunaan live wallpaper atau brightnes layar yang terlalu tinggi mampu menjadi salah satu penyebab hp menjadi cepat panas.

Banyak aplikasi yang beroperasi secara bersamaan

Semakin banyak aplikasi yang beroperasi atau aktif dalam waktu bersamaan menciptakan semakin besar kemungkinan hp menjadi cepat panas. Handphone akan bekerja sangat keras untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi tersebut secara bersamaan dan otomatis daya yang diharapkan semakin besar. Anda harus lebih bijak dengan eksklusif menutup aplikasi yang tidak dipakai.

3. Bug aplikasi

Smartphone mempunyai kapasitas yang cukup besar untuk menampung banyak aplikasi. Anda perlu memperhatikan aplikasi-aplikasi yang terinstal. Setiap aplikasi tentunya akan memiliki bug terutama ketika tidak diupdate secara berkala. Bug tersebut mampu membuat prosesor bekerja dengan tidak optimal dan menyebabkan hp menjadi cepat panas. Tidak hanya pada aplikasi, bug yang muncul karena tidak diupdatenya sistem operasi perangkat dapat mengakibatkan hal yang sama.

4. Menurunnya kualitas baterai

Semakin renta usia baterai akan kuat pada semakin menurunnya kualitas baterai. Hal ini biasa terjadi pada handphone keluaran usang. Bisa jadi penyebab hp yang dipakai cepat panas ialah lantaran kualitas baterai yang sudah menurun sehingga tidak dapat bekerja secara optimal.

5. Berada di area sulit sinyal

Ketika berada di area yang sulit sinyal, handphone akan bekerja lebih keras untuk mencari santunan sinyal. Hal ini tentu akan membuat konsumsi daya baterai semakin besar dan mengakibatkan hp menjadi cepat panas. Jika ingin menghemat baterai di area yang sulit sinyal, matikan data dan hanya gunakan sinyal seluler.

Cara Mengatasi hp cepat panas

Hp yang berada pada suhu udara panas juga mampu menjadi salah satu penyebab cepat panasnya hp. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi hp yang cepat panas.
Cara Mengatasi hp cepat panas

1. Menggunakan charger original

Salah satu cara mengatasi hp panas adalah menggunakan charger original. Karena sudah digunakan cukup usang mungkin charger asli bawaan pabrik rusak. Meskipun harganya terbilang mahal, Anda harus tetap mengganti charger yang rusak dengan charger original. Menggunakan sembarang charger mampu membahayakan kondisi baterai. Hal inilah yang kebanyakan menjadi pemicu baterai hp menjadi cepat panas meskipun tidak digunakan untuk kegiatan yang terlalu berat. Anda mampu mengecek kualitas charger dengan menggunakan aplikasi ampere.

2. Mematikan GPS dan bluetooth

Dua fitur ini biasanya akan aktif secara otomatis pada smartphone. Sebaiknya matikan dua fitur ini ketika tidak dipakai terutama untuk bluetooth, pastikan Anda hanya mengaktifkannya ketika akan digunakan. Ketika handphone sudah terlampau panas, Anda juga bisa mematikan penggunaan wifi. Jaringan wifi memang tidak secara pribadi mempengaruhi panas atau tidaknya baterai handphone. Akan tetapi background aplikasi yang hanya aktif dikala tersambung jaringan wifi dapat menimbulkan prosesor perangkat bekerja terlalu keras dan menimbulkan hp menjadi panas.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Lemot Agar Ngebut Lagi 

4. Kurangi multitasking

Spesifikasi smartphone yang semakin canggih dan mumpuni mampu menciptakan Anda mengaktifkan beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Perlu diketahui, selain aplikasi aktif tersebut terdapat aplikasi background yang sudah terlebih dahulu aktif. Smartphone mampu menjadi cepat panas saat melakukan tugas secara bersamaan yang melebihi kapasitas. Kurangi penggunaan performa tocker dan hanya gunakan aplikasi yang benar-benar diharapkan saat hp mulai panas.

5. Cek kondisi baterai

Mungkin Anda mengalami hambatan meskipun tidak menggunakan hp secara berlebihan, hp tetap panas. Jika demikian, Anda perlu cek kondisi baterai. Untuk handphone tipe usang yang belum menggunakan baterai tanam akan lebih mudah dicek kondisi baterainya lantaran Anda hanya perlu melepas casing handphone bagian belakang. Akan tetapi untuk hp yang sudah memakai baterai tanam mungkin akan kesulitan melakukan hal ini. Jika kondisi panas hp sudah berlebihan, tidak ada salahnya untuk datang ke servis center dan cek kondisi baterai. Segera ganti baterai jikalau kualitas baterai sudah tidak memungkinan untuk dipakai.

6. Ventilasi penyimpanan

Kebanyakan orang akan selalu membawa smartphonenya kemanapun ia pergi. Baik di dalam saku celana, jaket maupun di dalam tas, sangat perlu untuk memperhatikan ‘ventilasi’ penyimpanan. Jangan biarkan handphone terus berada di dalam ruang tertutup atau bahkan terus disimpan di dalam celana yang ketat. Hal tersebut mampu membuat hp menjadi cepat panas. Memperhatikan tempat penyimpanan handphone merupakan salah cara mengatasi hp panas.

Baca juga : Cara Menggunakan Google Drive untuk menyimpan File 

7. Hindari percikan air

Hal ini tidak berlaku bagi smartphone water resist. Banyak dari kita biasanya membawa handphone ke kamar mandi, bak renang atau ke kawasan lainnya yang rawan terkena percikan air. Air dalam jumlah yang cukup dapat menciptakan hp menjadi cepat panas.

8. Menghapus file sampah dan gunakan aplikasi pendingin 

Sampah, cache dan cookies yang ada dalam jumlah banyak atau bahkan menumpuk mampu membuat hp menjadi cepat panas. Hal tersebut dapat mensugesti kerja CPU dan RAM sehingga mampu memancing baterai handphone menjadi cepat panas. Rutinlah untuk menghapus file-file sampah yang tidak dipakai. Untuk meningkatkan performa, Anda bisa memakai aplikasi pendingin untuk membantu mendinginkan handphone. Aplikasi pendingin akan membantu menjaga handphone untuk tetap mempunyai suhu yang stabil.

Jika terus menerus dibiarkan, hp yang cepat panas dapat menciptakan baterai dan hp itu sendiri menjadi rusak. Untuk menanggulangi hal tersebut, biasakan untuk memakai perangkat secara sehat dan tidak berlebihan. cara mengatasi hp panas mampu digunakan ketika panas perangkat berada dalam kondisi tidak semestinya.

0 Response to "- Cara Mengatasi HP Panas Agar Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel