Advertising 468 x 60

- Alat Bantu Ngeblog yang digunakan untuk Pemula sampai Master

Alat Bantu Ngeblog yang digunakan untuk Pemula
Layaknya membangun sebuah gedung perusahaan yang anggun dan kokoh diperlukan berbagai alat-alat (tools) yang digunakan seorang tukang. Begitu juga membangun sebuah blog. Ada aneka macam tools yang diharapkan untuk menunjang kebutuhan sebuah blog. Dari yang gratisan hingga yang berbayar.

Tools –tools ini bisa digunakan langsung meskipun ada beberapa yang harus mendaftar terlebih dahulu. Meskipun gratis tidak semua tools menampilkan data secara lengkap.

Berikut ini adalah alat bantu ngeblog yang banyak digunakan oleh seorang blogger baik pemula maupun master blog.

Tools untuk Cek Template

Langkah awal yang tidak kalah penting dalam membangun blog ialah mencari dan menemukan template sesuai niche blog sahabat. Kalau tampilan (template/design) niscaya berbeda setiap blog. Apapun template sahabat cek lah dengan tools template berikut :

1. Google Pagespeed Insights

Web dari google ini digunakan untuk mengecek template dari segi pagespeed atau kecepatan. Template terbaik adalah yang mempunyai score 80% - 100% tampilan mobile maupun desktop.
Jika blog sobat difokuskan untuk pengguna mobile niscayakan score mobile nya lebih besar dari score destop. Bagusnya ya 100% semua sob. Untuk blog yang isinya wacana tutorial atau panduan berguru score terbesarnya usahakan yang versi desktop.

2. Responsinator

Mengecek template apakah responsive atau tidak. Responsive yaitu syarat template yang disukai oleh google. Di web ini mampu dicek berdasarkan macam-macam perangkat mobile. Jika template terdapat struktur instruksi yang error atau tidak support maka tampilan di perangkat mobile akan berantakan dan terlihat blank.

3. Gtmetrix

Web ini berisi berita untuk menilai sebuah template blog dari segi kecepatan akses per detiknya. Skor nilai terbaiknya ialah A. kalau skor nilainya C mending ganti template sob. Pasti berat itu loding blognya. Memang tidak praktis untuk mendapatkan template dengan scor A. Usahakn score template teman A atau B.

4. Chkme

Digunakan untuk mengecek ke SEO sebuah template. Skor template terbaik yaitu 100% sob. Kalau skornya masih 80% ke atas termasuk template baik. Tapi kalau dibawah 50% mending ganti template aja. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik lagi sahabat bisa edit sendiri templatenya sampai menghasilkan skor A.
Jangan habiskan waktu terlalu usang untuk mengotak atik template blog kecuali teman ingin mendalami dunia design. Makara tetaplah fokus ke tujuan awal ngeblog

Domain dan Hosting

Ada yang gratis pasti ada yang berbayar. Domain atau alamat blog kalau kita memakai Top Level Domain (TLD) harus mengeluarkan biaya sob. Biasanya untuk domain .com berkisar antara 100-200 ribu. Rata-rata skitar 150 ribu per tahunnya.
Berikut adalah salah satu penyedia layanannya :

1. Qwords Adalah jasa layanan domain dan hosting yang berdasarkan aku paling banyak diskon atau potongannya sob. Apalagi kalau pas ada moment atau bertepatan dengan tanggal tertentu.
Jika memiliki modal, saran terbaik ialah segera beli domain terlebih dahulu sebelum blog sobat memiliki banyak artikel. Usia blog akan dihitung berdasarkan domainnya sob. Sayang kalau punya blog dengan ratusan artikel dan ribuan pengunjung tapi masih memakai domian gratis.

Konten

Konten ialah raja. Intinya blog itu ada di konten. Yang termasuk konten adalah tulisan (artikel), gambar, video, grafik, link dan semua item yang mengandung info yang bermanfaat. Pembaca akan betah berlama-lama di blog teman jikalau kontennya lengkap.

Memang tidak praktis menciptakan konten selengkap itu. Butuh kerja keras, perjungan dan doa. Berikut beberapa tools yang membantu menghasilan konten terbaik berdasarkan kata kunci.

1.  Google Keyword Planner

Untuk mengecek keyword atau kata kunci. Dengan tools ini teman bisa mencari kata kunci apa sih yang banyak dicari oleh masyarakat dalam 1 bulan. Hasil pencarian dari keyword planner ini tidak full lantaran gratis. Meski gratis tapi cukup membantu untuk menemukan inspirasi-ide kata kunci yang relevan.

2. Google Trends

Untuk mengecek trends atau info terbaru yang lagi hangat-hangatnya berdasarkan topik atau wilayah tertentu. Dengan google trends ini sobat mampu membuat info yang praktis untuk diviralkan. Kelemahan menciptakan kata kunci dengan google trends ini yaitu tidak bertahan usang. Artiya bukan keyword baka. Lebih cenderung keyword musiman.

3. Keywordtool.io

Digunakan untuk mencari kata kunci turunan yang paling banyak dicari oleh pengguna internet berdasarkan negera tertentu. Keywordtolio ini alternatif selain google keyword planner yang mendukung bahasa Indonesia.

4. Copyscape

Digunakan untuk mengcek keunikan artikel. Apakah artikel sobat itu asli hasil saatn sendiri atau copy paste dari web lain. Usahakan jangan copas ya sob. Kalaupun terpaksa copas mintalah izin dari penulisnya atau cantumkan sumber referensi di blog teman.

5. Smallseotools

Fungsinya digunakan untuk mengecek keunikan artikel. Di web ini ada banyak tools lain yang berkaitan dengan SEO.

Tools SEO (search engine optimizing)

Adalah tools yang digunakan untuk memanajemen konten blog. Dengan tools di bawah ini teman dapat mesubmit artikel ke mesin pencari semoga cepat terindek.

Umum

1. Brokenlinkcheck

Web ini digunakan untuk mengecek link-link yang ada di blog teman. Jika ada link bermasalah akan tertangkap basah sob. Segera hapus atau perbaiki link yang error itu.

2. Blogcrowds

Jika blog teman terdaftar di google adsense, instruksi iklan sobat tidak akan mampu di masukan di dalam template lantaran kodenya berbeda. Disinilah fungsinya. Web ini digunakan untuk memprase kode menjadi html.

Tools-tools di atas hanyalah tools dasar yang digunkan oleh seorang blogger. Pelajari sedikit demi sedikit ya sob.. sebagian besar tools diatas ialah tools by web artinya bukan instalan di CPU atau laptop. Jadi pastikan ketika ngeblog dan membuka website di atas kouta sobat cukup banyak.

0 Response to "- Alat Bantu Ngeblog yang digunakan untuk Pemula sampai Master"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel