Advertising 468 x 60

Gorila


1. Deskripsi

SilverBack-Gorilla
Dibandingkan bentuk badan manusia, gorilla memiliki tangan dan kaki yang panjang, dimana tangannya lebih panjang dari kaki. Dada gorila besar dan sebagian besar tubuhnya berbulu, kecuali jari-jemari, wajah, ketiak, telapak kaki dan telapak tangan. Kepala gorila besar, matanya kecil dan berwarna kecoklatan. Gorila tidak memiliki ekor. Setiap ekor gorila memiliki hidung yang unik, menyerupai insan yang memiliki sidik jari yang unik. Gigi gorila cukup umur berjumlah 32. Panca indra gorila hampir serupa dengan manusia. Tubuh gorila jantan hampir dua kali besarnya dibandingkan gorila betina. Gorila kebanyakan makan tumbuh-tumbuhan. Setiap hari gorila butuh sekitar 25 kilogram masakan yang teriri dari daun-daunan, bunga-bungan, biji-bijian, batang dan tangkai pohon, dan kuncup bunga. Kadang-kadang, gorila juga makan semut dan sejenis rayap. Gorila sanggup digolongkan sebagai hewan omnivora. Karena menerima cairan cukup dari makanannya, gorila sangat jarang minum.

Gorila yaitu hewan yang memiliki intelijen tinggi. Beberapa penyelidikan menunjukkan bahwa gorila sanggup berkomunikasi dengan memakai bahasa sandi. Contohnya yaitu gorila Koko dan Michael. Gorila yaitu hewan yang pemalu dan sosial. Gorila biasanya hidup di dalam keluarga yang terdiri dar 6 hingga 7 gorila. Suatu keluarga gorila terdiri dari lebih banyak didominasi gorila, sering juga disebut ‘silverback’ gorila, alasannya yaitu punggungnya yang berwarna keperakan, dua atau lebih gorila betina dan sisanya bawah umur gorila. Bila anak gorila dewasa, mereka biasanya pergi untuk mencari keluarga gorila yang lain. Setiap malam sebelum tidur, gorila menciptakan sarang daerah tidur yang terdiri dari daun-daunan, tangkai, ataupun rumput. Ilmuwan yang mempelajari gorila dengan simpel sanggup mengira jumlah anggota keluarga gorila dengan menghitung jumlah sarang daerah tidurnya. Gorila sanggup hidup hingga 50 tahun di kebun binatang. Di alam liar, gorila biasanya mencapai usai 35 tahun. Gorila sanggup melaksanakan reproduksi ketika berusia 10-12 tahun. Gorila betina mengandung sekitar 8 hingga 9.5 bulan dan sanggup melahirkan tiga gorila selama hidupnya. Bayi gorila sanggup merangkak di usai sekitar 2 bulan dan sanggup jalan di usai 9 bulan, jauh lebih awal dari bayi manusia.

2. Klasifikasi Gorila

Gorila yaitu jenis primata yang terbesar. Gorila berasal dari hutan tropis di Afrika. 97 – 98 % DNA gorila identik dengan DNA manusia. Gorila yaitu spesies kedua sehabis simpanse yang terdekat dengan manusia. Gorila termasuk ke dalam ordo Primata, yang meliputi banyak sekali lemur, monyet, dan simpanse besar. Selanjutnya, gorila  tergabung dalam suku Pongidae yang teridri dari gorila, simpanse, bonobo, dan urang utan, dan marga Gorilla. Marga atau genus gorila terdiri dari dua spesies, yaitu: Gorilla gorilla atau Gorila barat dan Gorilla beringei atau Gorila Timur.

3. Ancaman Kepunahan

Ilmuwan memperkirakan ada tinggal sekitar 50.000 gorila di alam liar Afrika. Sebagian besar dari dari jumlah ini yaitu gorila dataran barat. Gorila dataran timur hanya tinggal sekitar 2500. Gorila gunung berjumlah 600 ekor dan berada dalam bahaya kepunahan.

Sumber:
Gambar dari Google Images


Artikel Hewan Langka
No
HEWAN LANGKA
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Tubagus
08
Rizki Ramadhan

0 Response to "Gorila"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel