Advertising 468 x 60

Triceratops, Sang Wajah Bertanduk Tiga

1. Nama dan Arti

Triceratops
Triceratops secara harfiah berarti "wajah bertanduk tiga ", berasal dari Yunanitri” yang berarti "tiga",  ”kéras”  berarti "tanduk", dan ”ops”  berarti "wajah". Triceratops merupakan jenis dinosaurus bertanduk tiga yang berbadan besar. Panggilan pendeknya Tritop.

2. Deskripsi
Dinosaurus ini jarang lari ketakutan alasannya yakni Tyrannosaurus, alasannya yakni biasanya mereka melindungi diri mereka dengan tanduknya yang tajam. Pernah disebut sebagai dinosaurus ksatria, alasannya yakni bentuk kombinasi kepala dan tanduknya menciptakan dirinya menyerupai seorang ksatria dengan pedang dan tameng. Sebutan ini ada benarnya, alasannya yakni kulit yang berada pada posisi 'tameng' amatlah keras. Selain itu tanduknya yang tajam bisa menciptakan lawan ketakutan.
Ketika sebuah pasangan tanduk ajaib digali di dataran tinggi timur Pegunungan Rocky di tahun 1880-an, andal paleontologi mengira mereka telah menemukan sisa-sisa banteng prasejarah. Ternyata mereka menemukan dua dari tiga tanduk Triceratops, dinosaurus yang memegang tiga rekor di antara semua dinosaurus bertanduk. Itu yakni yang terbesar, terberat dan, pada waktunya, ceratopsid paling umum. Triceratops berkaki empat, dinosaurus pemakan tumbuhan, bertanduk tulang tiga, dan berkembang biak dengan baik.
berat triceratops bisa hingga enam ton, tidak menyerupai kepala beberapa dinosaurus yang jauh lebih kecil dari tubuh mereka, kepala dinosaurus ini yakni sangat besar. Kepalanya sendiri yakni sepanjang insan dewasa. Peneliti  menggunakan tengkorak yang ada untuk memperkirakan ukuran otak dan bentuk. Berdasarkan studi tersebut, otak Triceratops seukuran kepalan tangan manusia, mengatakan dinosaurus tidak mempunyai indra yang sangat manis dan tidak termasuk pada binatang cerdas. Namun demikian, ia mahir menangkis serangan lawan untuk dirinya sendiri, memakai gigi untuk memotong dedaunan.
Triceratops
Fosil tanduk Triceratops terlihat cukup mengesankan. Dalam kehidupan nyata, tanduknya senjata kuat.  Dinosaurus  bisa menanduk atau menusuk lawan karnivora dengan tanduk hidung pendek atau dua tanduk alis panjang, yang menonjol di atas setiap mata. Jika karnivora tidak takut saat ia menakut-nakuti dengan ancaman. Triceratops mungkin mematuk si penyerang dengan paruh ompong, namun runcing.
Triceratops agak menyerupai gajah dan rino hari ini. Lingkar tubuhnya sebanding dengan gajah dan juga mempunyai kaki berat, menyerupai badak, kaki pendek, kaki lebar dengan jari-jari kaki berlapis untuk membantu bantal berat alasannya yakni hidup di tempat berlumpur. Mungkin  Triceratops mempunyai gaya hidup rino juga, dengan sebagian besar waktu untuk mengunyah tumbuhan dan kemudian memakai tanduknya untuk melawan saat predator mendekat.

3. Klasifikasi
Nama Dinosaurus: Triceratops
Ordo, subordo, Keluarga: Ornithischia, Marginocephalia, Ceratopsidae
Nama dan Artinya: "wajah bertanduk tiga," alasannya yakni mempunyai satu tanduk di hidung dan dua tanduk panjang di kening.
Hidup pada Zaman: Kapur Akhir, 68-65.000.000 tahun yang kemudian
Lokasi: Barat Amerika Serikat, Kanada Barat Daya

Sumber:

0 Response to "Triceratops, Sang Wajah Bertanduk Tiga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel