Advertising 468 x 60

Dinosaurus Sang Kadal Mengerikan Di Periode Lampau

1. Pengertian Dinosaurus

Ekosistem Darat pada zaman Dinosaurus hidup
Istilah "dinosaurus" dikemukakan tahun 1842 oleh Sir Richard Owen dan bersal dari bahasa Yunani "deinos", artinya mengerikan, kuat, hebat" + "sauros" artinya "kadal". Istilah dinosaurus kadang kala dipakai secara tidak resmi untuk menggambarkan reptil prasejarah lain ibarat pelycosaurus Dimetrodon, pterosaurus yang bersayap, serta ichthyosaurus, plesiosaurus dan mosasaurus, meskipun tak satupun dari hewan-hewan ini yang merupakan dinosaurus.
Takson Dinosauria dinamai secara formal tahun 1842 oleh seorang paleontolog Inggris Richard Owen. Meskipun nama taksonomik tersebut sering diinterpretasikan sebagai referensi pada gigi, cakar, dan ciri mengerikan lain dari dinosaurus, Owen hanya bermaksud mengingatkan perihal ukuran dan keangungan mereka.

2. Kehidupan Dinosaurus
Brachiosaurus dinosaurus terbesar sepanjang masa
Dinosaurus ialah hewan bertulang belakang lebih banyak didominasi di ekosistem darat selama lebih dari 160 juta tahun, dari periode Trias Tua (sekitar 230 juta tahun yang lalu) hingga dengan final periode Kapur (sekitar 65 juta tahun yang lalu), saat banyak dari mereka punah pada insiden kepunahan Kapur-Tersier. Sepuluh ribuan jenis burung yang hidup kini telah diklasifikasikan sebagai keturunan dinosaurus.

3. Keturunan Dinosaurus
Penemuan burung primitif tahun 1861 Archaeopteryx pertama-kalinya memberi petunjuk korelasi erat antara dinosaurus dan burung. Selain adanya kesan bulu yang memfosil, Archaeopteryx sangat ibarat dinosaurus pemangsa berukuran kecil Compsognathus. Sejak itu penelitian telah mengidentifikasi dinosaurus theropoda paling mungkin sebagai moyang eksklusif dari burung; kebanyakan paleontolog kini menganggap burung sebagai satu-satunya dinosaurus yang masih bertahan, dan beberapa menyarankan bahwa dinosaurus dan burung mesti dikelompokkan dalam satu kelas biologi. Selain burung, buaya ialah kerabat erat lain dari dinosaurus yang bertahan hingga kini. Seperti dinosaurus dan burung, buaya juga anggota Archosauria, kelompok reptil yang muncul pertama kali pada periode Perm sangat bau tanah dan mendominasi pada periode Trias tengah.

4. Penyebaran Informasi Dinosaurus
Sejak fosil dinosaurus pertama dikenali pada awal masa sembilan belas, rangka dinosaurus yang dirangkai menjadi pertunjukan yang poluler di museum-museum di seluruh dunia. Dinosaurus menjadi budaya dunia dan terus populer. Mereka menjadi topik di buku-buku terlaris dan film-film,  yang  paling dikenal Jurassic Park, dan penemuan-penemuan gres secara teratur diungkapkan di media

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Dinosaurus
Gambar dari Google Images 

Artikel Kehidupan Masa Lampau
No
KEHIDUPAN PADA MASA LAMPAU
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
Semiyanto
09
Semiyanto
10
Semiyanto

0 Response to "Dinosaurus Sang Kadal Mengerikan Di Periode Lampau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel